Mobil Listriknya Laris, Porsche Bawa Mobil Hybrid Baru!

Mobil Listriknya Laris, Porsche Bawa Mobil Hybrid Baru!
0  komentar

AutonetMagz.com – Normalnya, merek mobil akan memperkenalkan mobil bertenaga hybrid sebelum lanjut ke mobil listrik murni. Pola pikirnya adalah, mobil hybrid yang menggabungkan mesin bensin dan mesin listrik bisa jadi pilihan yang paling masuk akal buat konsumen yang masih ragu untuk menggunakan mobil listrik murni. Baru setelah konsumen terbiasa dan paham soal penggunaan tenaga listrik, mereka siap untuk naik tingkat dan memakai mobil listrik murni.

Namun Porsche Indonesia tidak begitu, mereka malah meluncurkan mobil listrik murni duluan yakni Porsche Taycan. Karena penjualan Taycan bisa dibilang bagus untuk ukuran Porsche, nampaknya Porsche makin yakin untuk memperbanyak mobil-mobil berteknologi elektrifikasi di Indonesia. Maka dari itu, akhirnya Porsche memperkenalkan dua mobil plug-in hybrid baru dalam keluarga e-Performance, Porsche Cayenne e-hybrid dan Porsche Panamera e-hybrid.

Bisa Jalan 56 Kilometer Tanpa Bensin

Baik Porsche Cayenne e-hybrid dan Porsche Panamera e-hybrid, keduanya memakai basis mesin yang mirip. Dua mobil ini pakai mesin 3.000 cc V6 turbo yang dikawinkan dengan baterai dan motor listrik dengan total tenaga dan torsi gabungan sebesar 462 PS dam 700 Nm. Uniknya, dimensi baterainya tidak berubah dari versi lamanya, tapi kapasitas baterainya bisa naik berkat teknologi sel baterai yang memungkinkan kepadatan energi yang lebih baik. Baterai sebelumnya sekitar 14,1 kWh, kini naik jadi 17,9 kWh.

Saat baterai penuh, baik Porsche Cayenne e-hybrid dan Porsche Panamera e-hybrid bisa berjalan hingga 56 km lebih di mode Electric tanpa membakar setetes bensin pun. Itu adalah jarak yang lebih dari cukup kalau ingin keliling-keliling kota sambil santai. Kalau ingin charge baterai di rumah, bisa penuh hanya dalam 5 jam saja, dan Porsche mengklaim daya listrik maksimal untuk pengisian baterainya ada di angka 3,6 kW. Cukup besar untuk ukuran mobil plug-in hybrid.

Karena ini sebuah Porsche, tidak mungkin mereka tidak memikirkan performa. Pada mode terganas, Porsche Cayenne e-hybrid bisa berakselerasi dari 0-100 hanya dalam 5 detik saja, sementara Porsche Panamera e-hybrid bisa melakukan akselerasi yang sama dalam 4,4 detik. Jika dirasa masih kurang, ada varian Turbo S e-hybrid yang bisa memiliki tenaga hingga 700 PS dan torsi 870 Nm, akselerasinya pun menguat karena 0-100 bisa tuntas kurang dari 4 detik. Gila ya…

Harga Porsche Cayenne dan Porsche Panamera Hybrid

Secara penampilan, baik Porsche Panamera dan Porsche Cayenne bermesin hybrid ini tidak beda-beda amat dengan varian non hybrid. Pembeda kecil adalah detail warna acid green di beberapa bagian seperti emblem “e-hybrid” dan keempat kaliper remnya. Pembeda paling jelas adalah adanya dua flap di kanan dan kirinya. Nah, flap kanan adalah untuk isi bensin, sementara flap kiri untuk memasang kabel charger dan mengisi daya baterai.

Masuk ke dalam, lagi-lagi interior Porsche Panamera dan Porsche Cayenne bermesin hybrid ini identik dengan varian reguler. Penanda varian hybrid ada pada warna acid green di jarum takometer, indikator bahan bakar serta baterai berikut jarum jam Sport Chrono ala Porsche. Karena ini mobil plug-in hybrid, ada 5 mode berkendara yang bisa dipilih ; Electric, Hybrid, Sport, Sport Plus dan Individual.

Mode Electric berarti menjalankan mobil dengan tenaga listrik saja. Mode Hybrid akan menjalankan mesin bensin dan listrik seefisien mungkin. Mode Sport akan memprioritaskan mesin bensinnya, lalu mode Sport Plus akan memeras semua tenaga mesin bensin dan listrik semaksimal mungkin. Untuk mode Individual, pengemudi bebas memilih setelan setir, mesin, suspensi dan lain-lain sesuai selera. Khusus untuk Cayenne, ada mode off-road yang terdiri dari mode tanah, lumpur, pasir dan bebatuan.

Porsche Cayenne yang dijual di Indonesia tersedia dalam dua jenis bodi, yakni SUV normal dan SUV coupe. Sementara itu, Porsche Panamera ditawarkan dalam jenis bodi sedan, sedan long wheelbase di varian Executive dan bodi station wagon yang dinamai sebagai Sport Turismo. Untuk harga, Porsche Cayenne e-hybrid di foto dibaderol sekitar 3,97 M Rupiah sementara Porsche Panamera e-hybrid di foto sekitar 4,19 M Rupiah. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: