Tinggalkan Swiss, Geneva International Motor Show Resmi Menetap di Qatar!

Tinggalkan Swiss, Geneva International Motor Show Resmi Menetap di Qatar!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak pandemi COVID-19 yang menyebar di akhit tahun 2019, sejumlah motor show atau auto show nampak struggle dengan eksistensi mereka. Pembatasan perjalanan dan juga aktivitas fisik membuat pameran otomotif skala besar pun kehilangan panggung dan pamor mereka. Dan salah satu yang palik telak terpukul adalah Geneva International Motor Show (GIMS). Yang kala itu juga sebenarnya tengah mengalami penurunan minat dari pasar. Dan kini, ada informasi terbaru yang menyatakan bahwa Geneva International Motor Show telah resmi angkat kaki dari Swiss untuk selamanya.

Geneva International Motor Show Tak Lagi di Jenewa

Sesuai namanya, Geneva International Motor Show sebenarnya adalah pameran otomotif kelas dunia yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss. Pameran ini adalah salah satu yang paling ikonik sekaligus yang tertua juga di dunia. Pertama kali Geneva International Motor Show diselenggarakan adalah di tahun 1905 silam. Yap, hampir 120 tahun lalu pameran ini sudah eksis dan menyajikan banyak show menarik di bidang otomotif. Pada masa jayanya, Geneva International Motor Show selalu jadi pilihan utama pabrikan otomotif dari seluruh dunia untuk memamerkan teknologi dan produk terbaru mereka. GIMS bersaing dengan sejumlah auto show lain seperti Paris maupun Munich Motor Show.

Harus diakui bahwa minat dari produsen untuk ikut serta di Geneva dalam konteks industri sudah berkurang. Belum lagi persaingan dengan Paris dan Munich yang memperlihatkan bagaimana prioritas industri dalam negeri mereka” ujar Alexandre de Senarclens, Presiden Comité permanent du Salon International de l’Automobile Foundation selaku penyelenggara GIMS. Beliau juga menyatakan bahwa untuk mempertahankan eksistensi GIMS membutuhkan investasi yang tingkatnya cukup besar. Tentunya keputusan ini disayangkan oleh sejumlah pihak, karena semestinya Geneva International Motor Show digelar di Geneva, Swiss. Bukan di Qatar.

Hadir Lagi Akhir 2025 di Qatar

Namun, bagaimanapun juga, keadaan menuntut GIMS untuk berubah dan berbenah. Dan legacy dari Geneva International Motor Show akan diteruskan di GIMS Qatar untuk seri-seri berikutnya. “GIMS berikutnya akan dilaksanakan di Doha, Qatas pada tanggal 27 November hingga 6 Desember tahun 2025. GIMS Qatar akan memperlihatkan keahlian dan kemampuan tim untuk menyusun dan menyelenggarakan konsep pameran” ujar Sandro Mesquita, CEO GIMS. Oiya, uniknya, walaupun diselenggarakan di Qatar, pameran internasional ini masih akan menggunakan nama Geneva International Motor Show. Bukan Qatar International Motor Show.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: