Simak BMW G310 R, Proyek Generik Blasteran Jerman dan India dengan Kubikasi Hemat.

by  in  BMW & International & TVS
Simak BMW G310 R, Proyek Generik Blasteran Jerman dan India dengan Kubikasi Hemat.
0  komentar
BMW-G310R-pearl-white-cover

AutonetMagz.com – Bagi para penggagum BMW Motorrad tentu saja bercita-cita ingin memiliki motor asal bavaria ini suatu hari nanti, yup seperti saya juga. Namun mungkin rasanya pedih tiap kali melihat brosur motor premium ini, sebab bisa dibilang harga merk ini premium tidak karuan mahalnya. Seperti versi low levelnya saja matic BMW C600 Sport bisa dibanderol dengan harga 600 jutaan, Hem BMW R1200GS? Tak usah disebut lah, mending anda buat versi jadi-jadian saja atau beralih ke moge jepang haha…

Namun mungkin bagi anda yang masih mengidamkan merk baling-baling bambu ini anda tidak perlu khawatir takkan kesampaian. Sebab kali ini BMW bekerjasama dengan produsen asal india TVS membuat spesies dengan kategori light sport touring. Yup sambutlah motor dengan nama BMW G310 R, nah sesuai nama motor ini mempunyai kapasitas yang sangat fit untuk orang asia, 310 cc saja.

BMW-G310R-pearl-white-front

Untuk perancangan baik dari desain maupun mesin BMW G310 R dilakukan di Jerman. Pabrikan bavaria ini cukup banyak menggelontorkan dana untuk mempersiapkan persiapan produksi motor ini. Menariknya model ini direncanakan akan dijual secara global, BMW kini tengan mempersiapkan pabrik perakitan yang berada di Bangalore, India bekerjasama dengan TVS. Namun tidak tetutup kemungkinan bahwa model ini juga dirakit di Indonesia mengingat TVS pun mempunyai pabrik perakitan di Indonesia dan pihak BMW sempat mengunjungi pabrik perakitan TVS di Karawang.

Mari kita move on ke motornya, secara basis dia mempunyai mesin 313 cc dengan rancang bangun satu silinder DOHC 4-valve berpendingin air. Menghasilkan tenaga 34 hp @ 9.500 RPM dengan maksimum torsi yang diraih  27,92 Nm @ 7.500 RPM, dengan desain dan mesin yang kompak ini G310 R mempunyai berat badan yang ideal yaitu 158.5kg.

BMW-G310R-pearl-white-side

Meskipun ini adalah keluarga terkecil BMW namun berbicara soal styling G310 R masih mempunyai ikatan desain yang serupa dengan BMW S1000R dan BMW R1200R. Hal ini bisa dilihat dari panel samping yang kaku identik dengan S1000R dan headlamp serta shroudnya diadaptasi dari desain R1200R. Selain itu banyak oleh-oleh yang disumbangkan BMW di G310 R semisal frame menganut tubular, fork menggunakan Up Side Down, kaliper rem 4-piston dan sudah ABS.

Warna yang ditawarkan oleh BMW ada 3 varian, pertama black and white, kedua metallic blue and grey dan yang terakhir adalah pearl white livery BMW Motorrad dengan tambahan harga ekstra. Namun detail harga, BMW masih belum ingin membeberkannya sekarang, yah semoga saja harganya kompetitif. Menariknya varian ini takkan kesepian sebab menurut kabar BMW berencana menambahkan versi half-fairing dan versi adventure berbasis G310 R. Wow menarik nih, patut ditunggu sepak terjang BMW menyerang motor jepang di light sport. Bagaimana menurutmu? Sampaikan pendapatmu di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next: