Simak BMW G310 R, Proyek Generik Blasteran Jerman dan India dengan Kubikasi Hemat.

by  in BMW&International&Motor Baru
Simak BMW G310 R, Proyek Generik Blasteran Jerman dan India dengan Kubikasi Hemat.
0  komentar
BMW-G310R-pearl-white-cover

AutonetMagz.com – Bagi para penggagum BMW Motorrad tentu saja bercita-cita ingin memiliki motor asal bavaria ini suatu hari nanti, yup seperti saya juga. Namun mungkin rasanya pedih tiap kali melihat brosur motor premium ini, sebab bisa dibilang harga merk ini premium tidak karuan mahalnya. Seperti versi low levelnya saja matic BMW C600 Sport bisa dibanderol dengan harga 600 jutaan, Hem BMW R1200GS? Tak usah disebut lah, mending anda buat versi jadi-jadian saja atau beralih ke moge jepang haha…

Namun mungkin bagi anda yang masih mengidamkan merk baling-baling bambu ini anda tidak perlu khawatir takkan kesampaian. Sebab kali ini BMW bekerjasama dengan produsen asal india TVS membuat spesies dengan kategori light sport touring. Yup sambutlah motor dengan nama BMW G310 R, nah sesuai nama motor ini mempunyai kapasitas yang sangat fit untuk orang asia, 310 cc saja.

BMW-G310R-pearl-white-front

Untuk perancangan baik dari desain maupun mesin BMW G310 R dilakukan di Jerman. Pabrikan bavaria ini cukup banyak menggelontorkan dana untuk mempersiapkan persiapan produksi motor ini. Menariknya model ini direncanakan akan dijual secara global, BMW kini tengan mempersiapkan pabrik perakitan yang berada di Bangalore, India bekerjasama dengan TVS. Namun tidak tetutup kemungkinan bahwa model ini juga dirakit di Indonesia mengingat TVS pun mempunyai pabrik perakitan di Indonesia dan pihak BMW sempat mengunjungi pabrik perakitan TVS di Karawang.

Mari kita move on ke motornya, secara basis dia mempunyai mesin 313 cc dengan rancang bangun satu silinder DOHC 4-valve berpendingin air. Menghasilkan tenaga 34 hp @ 9.500 RPM dengan maksimum torsi yang diraih  27,92 Nm @ 7.500 RPM, dengan desain dan mesin yang kompak ini G310 R mempunyai berat badan yang ideal yaitu 158.5kg.

BMW-G310R-pearl-white-side

Meskipun ini adalah keluarga terkecil BMW namun berbicara soal styling G310 R masih mempunyai ikatan desain yang serupa dengan BMW S1000R dan BMW R1200R. Hal ini bisa dilihat dari panel samping yang kaku identik dengan S1000R dan headlamp serta shroudnya diadaptasi dari desain R1200R. Selain itu banyak oleh-oleh yang disumbangkan BMW di G310 R semisal frame menganut tubular, fork menggunakan Up Side Down, kaliper rem 4-piston dan sudah ABS.

Warna yang ditawarkan oleh BMW ada 3 varian, pertama black and white, kedua metallic blue and grey dan yang terakhir adalah pearl white livery BMW Motorrad dengan tambahan harga ekstra. Namun detail harga, BMW masih belum ingin membeberkannya sekarang, yah semoga saja harganya kompetitif. Menariknya varian ini takkan kesepian sebab menurut kabar BMW berencana menambahkan versi half-fairing dan versi adventure berbasis G310 R. Wow menarik nih, patut ditunggu sepak terjang BMW menyerang motor jepang di light sport. Bagaimana menurutmu? Sampaikan pendapatmu di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next:
  • bastomi arifin

    tinggal ngeliat harga nya, kompetitif gak, soale disini benchmark nya NInja 250 Fi. 310cc 1 silinder klo mo sukses ya jangan sampe diatas harga Ninin 🙂

    • Ride n Drive

      merk BMW, cc di atas 250 meski 1 silinder, sangat tidak mungkin harga di bawah Ninja 250… pajaknya udah beda.. Ninja 300 aja nyentuh 80an 😀

      • hawthorn

        yesssss, this is BMW .. sama aja lu (bastomi arifin) ngarep harga VW Golf TSI seharga / dibawah harga Honda Jazz …

      • bastomi arifin

        Jangan lupa, ni BMW bukan made in German mas bro, nih buatan TVS indihe 😛 sama juga kayak Ducati Monster produksi thailand, yg harganya lebih murah dibanding buatan Ducati global. Apalagi klo nantinya bisa di rakit disini, bakal makin bersaing harganya.

        • Muhammad Utomo

          Tetep aja sulit klo msh diatas 250 buat harga dibawah ninja meskipun di produksi di india apa lg klo merk yang dipake bmw, contoh aj ktm, duke 250 aja udh hampir 70jt.

  • Farrel

    Asiik ada motor murah dari BMW desainnya oke pula.

  • dsainbar

    kalo harganya tidak lebih dari 60 jt bakalan laris

  • farid

    Kalau soal merek memang BMW lebih berkelas walau motor termurah sekalipun,karena yg dipikirkan banyak orang BMW itu merek mobil mewah jerman.dan pasti tampil beda kalau punya motor ini dan dibawa dijalanan,beda kalau bawa motor sport jepang

  • C 200

    Kok dari samping kayak yamaha byson?

  • Thomas Bondan Tyas

    Saingannya Jepang semua nih. Mulai dari Yamaha MT-25/MT-03, Kawasaki Z250/Z300, sampai Honda CB250/CB300. Itu kalo dijual di Eropa. Kalo masuk Indonesia, jangan harap bisa bersaing. Settingan harganya pasti berbeda gara2 pajak yg diskriminatif banget

  • hams

    Denger2 petinggi bmw sempet mampir pabrik tvs di sini (tangerang?). Harapannya sih bakal ada versi 250 cc dan diproduksi lokal, biar harga bisa masuk akal buat market Indonesia. Secara pajak motor di atas 250 cc tingginya naudzubillah.
    Setidaknya, kalaupun impor, ada versi seperempat silinder. Macam strategi Honda dan Yamaha lah.

    • Hillarius Satrio

      seperempat liter kali. ngeri amat motor seperempat silinder… hehe