Tantang Kawasaki, Yamaha Siapkan Motor Turbo!

Tantang Kawasaki, Yamaha Siapkan Motor Turbo!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kawasaki memang menjadi salah satu pabrikan yang selalu mencetak trend alias sebagai trendsetter. Salah satu yang cukup mengejutkan adalah penggunaan teknologi induksi paksa berupa Supercharger pada motor produksi massal mereka. Nah, Yamaha nampaknya tak mau diam saja menanggapi rivalnya trending. Mereka juga menyiapkan motor dengan induksi paksa, namun bukan supercharger melainkan Turbocharger.

Mengutip informasi via MCN, Yamaha sedang bekerja untuk bisa merealisasikan penggunaan turbo di motor produksi massal mereka. Nah, sebenarnya, Yamaha bukannya baru pertama kali menciptakan motor dengan turbo. Di tahun 80’an, Yamaha sempat memiliki sosok XJ650 yang juga menggunakan turbo. Namun jelas sistem yang sama tidak akan diterapkan di 2020 kan? Yamaha sendiri sudah mendaftarkan paten motor turbo mereka sejak 3 tahun lalu. Sumber menjelaskan bahwa Yamaha sudah memutar otak dan menghasilkan 2 buah konsep penerapan turbo di motor lansiran mereka

Yamaha XJ650 Turbo

Opsi pertama adalah menempatkan turbo di dekat jalur exhaust headers. Konsep seperti ini bisa dibilang lumrah di dunia otomotif. Namun, Yamaha juga menelurkan ide ‘gila’ dengan memasang turbo di dalam knalpot motor. Nah, walaupun begitu, nampaknya Yamaha akan memilih ide pertama yang juga sebenarnya konsepnya digunakan oleh mobil – mobil berturbo yang dijual massal. Dengan penggunaan turbo, maka Yamaha bisa meningkatkan tenaga dari motor mereka tanpa perlu pusing – pusing menghadapi standar emisi yang kian hari kian ketat. Pemberian turbo, diklaim mampu meningkatkan 30 hingga 40% dari tenaga mesin yang dihasilkan jajaran moge milik Yamaha.

Yamaha FZ-10 Amerika Utara alias Yamaha MT-10

Sebagai gambaran, Yamaha MT-10 memiliki tenaga di angka 155 hp, dan dengan turbo maka bisa naik ke angka 200 hp. Tentunya angka yang cukup untuk menandingi mesin supercharger milik Kawasaki. Oiya, dalam paten yang didaftarkan, ada kemungkinan Yamaha tidak hanya menerapkan turbo di mesin motor flagship mereka saja. Ada kabar bahwa Yamaha MT-09 juga akan mendapatkan teknologi serupa. Kita tahu bahwa MT-09 memiliki komposisi mesin unik yaitu 3 silinder 847 cc. Kabarnya, dengan penambahan turbo, MT-09 akan ikut menjalani treatment downsizing menjadi 560cc namun dengan konfigurasi parallel twin tapi output tenaganya sama.

Nah, tentunya menarik untuk menantikan realisasi dari mesin turbo milik Yamaha. Jika Kawasaki menggunakan supercharger, dan Yamaha dengan turbocharger, apa kabar Honda? Mungkin motor hybrid ya. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: