Setelah Indonesia, Chery Akan Rakit Lokal Mobil di Malaysia

by  in  Berita & Cherry & International
Setelah Indonesia, Chery Akan Rakit Lokal Mobil di Malaysia
0  komentar

AutonetMagz.com – Keseriusan Chery untuk menggarap pasar Asia Tenggara nampaknya memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Sebelumnya, Chery telah menyatakan komitmen mereka untuk membangun fasilitas produksi mereka di Indonesia, dimana sementara ini perakitan lokal mereka masih bekerja sama dengan PT Handal Indonesia Motor. Dan kabar terbaru, Chery juga menyatakan komitmen mereka untuk merakit dan memasarkan produk-produk terbaru mereka di Negeri Jiran, Malaysia. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Mau Rakit Lokal di Malaysia

Mengutip informasi via PaulTan, Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim baru saja melakukan kunjungan ke China dan bertemu dengan perwakilan dari Chery untuk membicarakan rencana investasi Chery di Malaysia. Chery pun menunjukkan ketertarikan untuk melakukan investasi di Malaysia dalam diskusi yang dilakukan bersama dengan Menteri Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia, Tengku Datuk Seri Zafrul Tengku Abdul Aziz. Pertemuan ini sendiri dilakukan pada tanggal 1 April 2023 kemarin. Sebenarnya, kabar mengenai kembalinya brand Chery ke Malaysia sudah berhembus cukup lama.

Bahkan, pada bulan Oktober 2022 kemarin, Chery juga sempat melakukan preview sejumlah SUV-nya pada media lokal di Malaysia. Adapun SUV yang dimaksud adalah Chery Tiggo 4 Pro, Chery Tiggo 7 Pro, Chery Tiggo 8 Pro, dan Chery Omoda 5. Yap, 3 produk terakhir sudah diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. Sumber menyebutkan bahwa saat ini Chery sendiri sdang berada di langkah final untuk negosiasi kontrak perakitan bersama dengan Inokom. FYI, Inokom merupakan salah satu anak perusahaan dari Sime Darby yang merupakan perusahaan assembly mobil kenamaan di Malaysia.

Nebeng Produksi di Inokom

Inokom sendiri memproduksi sejumlah model populer seperti BMW 2 series, 3 series, 5 series, dan sejumlah BMW X Series, lalu MINI Countryman, Mazda CX-5 & CX-8, Hyundai Santa Fe, KIA Carnival, serta Porsche Cayenne. Yap, anggap saja seperti Gaya Motor di Indonesia. Nantinya, produk-produk Chery akan diproduksi di Kulim, Kedah, Malaysia. Sumber menyatakan bahwa 2 produk pertama yang akan diproduksi oleh Chery Malaysia adalah Chery Tiggo 8 pro dan Chery Omoda 5. Nampaknya, opsi ini jauh lebih masuk akal ketimbang memasarkan Chery Tiggo 7 Pro bersamaan dengan Chery Omoda 5. Chery Rakitan Malaysia sendiri ditargetkan mulai diproduksi di akhir bulan Juni 2023 ini.

Sedangkan peluncuran perdana mobil Chery di Malaysia dijadwalkan pada bulan Juli 2023 mendatang. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: