All New Honda CR-V e:PHEV China : Bisa Tempuh 916 Kilometer Lho!

by  in  Berita & Honda & International
All New Honda CR-V e:PHEV China : Bisa Tempuh 916 Kilometer Lho!
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama Honda CR-V nampaknya tengah menjadi perbincangan yang hangat diantara pecinta otomotif di Asia, khususnya Asia Tenggara. kemunculan All New Honda CR-V di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2023 kemarin menjadi salah satu penyebabnya. Dan kini, nama Honda CR-V kembali melambung pasca Dongfeng Honda China memperkenalkan versi plug in hybrid-nya dengan nama All New Honda CR-V e:PHEV. Uniknya, klaim jarak tempuhnya mencapai 916 kilometer untuk sekali pengisian daya dan juga 1 tangki bahan bakarnya. Yuk kita bahas.

Mesin & Motor Mirip, Baterai Lebih Besar

Secara tampilan, sebenarnya tak ada perbedaan yang signifikan antara All New Honda CR-V e:PHEV dengan All New Honda CR-V e:HEV yang dipajang di BIMS 2023 kemarin. Kalau mau dicari-cari, tentunya perbedaan mencolok adalah adanya port pengisian daya di area fender kiri depannya. Sisanya, masih cukup identik dengan All New Honda CR-V e:HEV yang kita tahu. Pun begitu dengan interiornya, pembeda utama ada pada gear selector-nya. Jikalau All New Honda CR-V e:HEV menggunakan tuas transmisi, maka All New Honda CR-V e:PHEV menggunakan model tombol. Hmm, jadi makin mirip Hyundai. Pembeda utama dari Honda CR-V e:PHEV tentunya pada sistem teknologi hybrid-nya yang memungkinkan pengisian daya eksternal.

Untuk mesin, All New Honda CR-V e:PHEV masih mengandalkan mesin 2.000cc naturally aspirated yang dipadukan dengan sepasang motor listrik. Jadi, formatnya sama persis dengan All New Honda CR-V e:HEV. Tapi, karena mobil ini sebuah plug in hybrid, maka jelas baterai lithium ion yang digunakan memiliki kapasitas yang lebih besar. Baterai di All New Honda CR-V e:PHEV berkapasitas 17 kWh, bandingkan dengan versi e:HEV yang hanya 1,06 kWh.Keluaran tenaga yang dihasilkan kedua varian ini pun berbeda. Jikalau varian e:HEV bertenaga 186,5 PS, maka varian e:PHEV menghasilkan tenaga 215 PS. Sedangkan untuk torsi masih identik di angka 335 Nm yang sudah bisa dirasakan sejak kalian menginjak pedal gas.

Range Total Lebih Dari 900 kilometer

Berhubung All New Honda CR-V e:PHEV merupakan mobil plug in hybrid dengan kapasitas baterai yang lebih besar, maka jelas range berkendara di mode EV only pun lebih jauh. All New Honda CR-V e:PHEV bisa dikendarai dalam mode EV sejauh 73 kilometer. Selain itu, Dongfeng Honda mengklaim bahwa All New Honda CR-V e:PHEV bisa berjalan sejauh 916 kilometer hingga bensin ataupun daya listriknya habis total. Angak tersebut didapat dengan metode pengujian WLTC. Klaim konsumsi BBM-nya pun cukup membuat kami penasaran, karena mencapai 62,11 kilometer per liter. Angka yang bahkan mengalahkan motor 150cc yang dijual di Indonesia. Apakah All New Honda CR-V e:PHEV akan mampir ke Indonesia? Jangan terlalu berharap dulu ya.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: