Setelah 68 Tahun Lamanya, Land Rover Stop Produksi Defender

Setelah 68 Tahun Lamanya, Land Rover Stop Produksi Defender
0  komentar
land-rover-defender-2015-special

AutonetMagz.com – Long live land rover original, mungkin itu yang bisa saya katakan kepada  Land Rover Defender, berbeda dengan varian-varian Land Rover yang kita ketahui selama ini, Defender masih begitu orisinal dan pembenahannya pun hanya sebatas penyempurnaan. Namun bagi orang orang yang mengidolakan mobil jadul yang tangguh dan orisinal tentu Land Rover Defender selalu mendapat hati di kalangan 4×4.

Produksi pertama Land Rover dimulai dari tahun 1948, mobil ini ada sebagai kompetitor dari Jeep Willys dan tentu sebagai armada operasional tentara inggris. Produksi pertama Land Rover Series I masih menggunakan mesin bensin 1.6-liter 50 hp sampai mesin diesel 2.0-liter muncul pada tahun 1957. Setelah itu berlanjut ke Land Rover Series II pada tahun 1958 dengan penyempurnaan dari segi desain, mesin dan kembali disempurnakan di Land Rover Series IIA di tahun 1961.

land-rover-defender-Autobiography-2015

Pada tahun 1971 akhirnya Land Rover merombak sedikit lebih banyak dengan Land Rover Series III yang mempunyai bentuk tidak jauh berbeda dengan Defender yang kita kenal. Pembenahan terjadi di sektor crankshaft, transmission axle dan wheel hub yang selama ini dikeluhkan penggunanya. Selain itu sektor interior dibuat lebih nyaman dibanding sebelumnya dan mesin memakai 2.25-liter diesel dan bensin, 2.6-liter diesel dan 3.5-liter diesel. Menginjak tahun 1983 akhirnya Land Rover resmi menyematkan label Defender ke model ini dan pembenahan pun terus dilakukan.

Kini mobil siap blusukan yang sudah lama dirakit di pabrik Land Rover di Solihull, Inggris ini sudah dinyatakan stop produksi sejak awal tahun ini. Apabila dihitung hitung sejak varian dari Land Rover Series pertama, maka Land Rover Defender sudah diproduksi hingga 2 juta unit ke seluruh pelosok dunia. Edisi terakhir Land Rover seperti yang kami tampilkan di atas adalah versi terakhir dengan 3 tampilan spesial Adventure Edition, Heritage Edition and Autobiography Edition.

land-rover-defender-2-million-edition

Sedangkan Land Rover edisi produksi ke 2 juta unit alias produksi terakhir diberikan sentuhan warna silver dan sentuhan unik seperti peta Red Wharf Bay plus logo dan badge unit ke 2 juta. Model ini tidak sekedar dijual biasa namun dilelang, mobil ini akhirnya terjual dengan angka fantastis $600.000 alias Rp.8.1 miliar. Tapi benarkah setelah ini Defender akan menghilang? Bicara soal model orisinal, yup… memang sudah hilang, tapi akan digantikan oleh Land Rover DC100 Concept yang dilaporkan produksi massal tahun 2017. So, sambil menunggu kabar 2017 monggo berikan corat-coret di bawah ini dulu ya.

Read Prev:
Read Next: