Land Rover : Defender & Discovery Akan Berbeda Platform

Land Rover : Defender & Discovery Akan Berbeda Platform
0  komentar

Autonetmagz.com – Siapa yang tak kenal Land Rover? Brand Inggris yang dikenal dunia sebagai spesialis mobil off-roader. Kabarnya, Land Rover sedang mempertimbangkan untuk menggunakan platform terpisah untuk Land Rover Defender dan Land Rover Discovery. Saat ini, baik Land Rover Defender maupun Land Rover Discovery menggunakan platform yang sama untuk basisnya. Itupun bukan tanpa alasan, karena kesuksesan Land Rover Defender ini berdampak pada kurang tokcernya penjualan dari saudara se-platformnya, Land Rover Discovery. Lantas, mengapa Land Rover ingin membedakan platform keduanya? Mari kita bahas.

Platform Baru Takkan Membunuh Mesin ICE

Mengutip laporan dari Automotive News, Land Rover Discovery generasi baru akan menggunakan basis Electric Modular Architecture (EMA) dari Jaguar Land Rover. Kepada Financial Times, bos Jaguar Land Rover, Thiery Bollore mengatakan bahwa Land Rover Defender baru ini akan berbeda dibandingkan yang dipakai di Land Rover Discovery, Land Rover Discovery Sport, Land Rover Velar, dan Land Rover Evoque baru. Meskipun platform EMA ini dicap sebagai arsitektur kendaraan untuk BEV, perusahaan tidak menutup peluang untuk menggunakan mesin pembakaran internal didalam arsitektur yang diprioritaskan pada EV itu. Platform EMA telah dikembangkan untuk mengakomodasi penggerak Plug-In hybrid dan Full Hybrid, yang memungkinkan mesin pembakaran internal empat silinder untuk dipasang bersama baterai dan juga motor listrik.

Di sisi lain, Land Rover Defender akan memanfaatkan platform Modular Longitudinal Architecture (MLA), yang mampu menopang model Full EV dan juga kompatibel dengan mesin pembakaran internal yang diposisikan secara longitudinal, di mana poros engkol berorientasi sepanjang sumbu kendaraan. Platform MLA juga akan memungkinkan Jaguar Land Rover menawarkan sejumlah varian mesin pembakaran internal dengan elektrifikasi untuk pelanggan. Dengan hadirnya varian wheelbase yang lebih panjang dengan kemampuan 7-seater dari Land Rover Defender yang akan diluncurkan dalam 12 hingga 18 bulan ke depan, angka penjualan Land Rover Discovery diharapkan akan meningkat. Untuk membuat tingginya hype, rumor mengatakan bahwa platform EMA baru untuk Land Rover Discovery akan debut pada akhir tahun fiskal 2024 mendatang.

Land Rover ini bisa dibilang mampu menuju arah elektrifikasi, namun tidak lupa sama core customer-nya yang masih ingin raungan mesin off-road yang berkelas dengan kualitas wahid dari Land Rover. Sampaikan opini kalian, kawan.

Read Prev:
Read Next: