Project Grenadier : Usaha Mengembalikan Defender Tapi Bermesin BMW

Project Grenadier : Usaha Mengembalikan Defender Tapi Bermesin BMW
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian pernah mendengar nama Project Grenadier? Jika belum, memang sangatlah wajar, karena proyek ini sendiri memang masih terbilang baru. Project Grenadier sendiri adalah sebuah proyek yang diinisiasi oleh INEOS Automotive, dimana tujuan utama dari proyek ini adalah membawa kembali sosok Land Rover Defender (Model lawas) yang sudah disuntik mati oleh pihak JLR, namun dengan kemasan dan mesin yang berbeda, namun rasa dan fungsi yang sama dengan Defender yang kita kenal.

Agak aneh? Ya, kami merasakan bahwa proyek ini cukup tak biasa. Jadi, untuk kalian yang belum mengenal Project Grenadier maupun INEOS Automotive, kami akan memberikan cerita singkatnya. INEOS sendiri adalah sebuah perusahaan multinasional berpusat di Inggris yang bergerak di bidang kimia. Nah, INEOS membuka sebuah anak perusahaan pada 2016 bernama INEOS Automotive yang dipimpin oleh Jim Ratcliffe, bukan saudaranya Harry Potter kok. Jim sendiri sebenarnya tak memiliki latar belakang di bidang otomotif, malahan namanya erat dengan dunia pelayaran dan industri kimia. Namun Jim adalah penggemar berat mobil, dan petualang.

Jim Ratcliffe

Kegemarannya pada mobil dan juga petualangan membuatnya mencintai sosol Land Rover Defender. Dan saat pihak JLR memutuskan untuk menyuntik mati Defender, Jim dan beberapa koleganya ‘meratapi’ kepergian Defender di sebuah pub di kawasan Knightbridge, London yang bernama Grenadier. Nah, di sanalah ide untuk membawa kembali Defender tanpa melalui JLR pun muncul, dan dibawalah ide ini ke dalam INEOS Automotive dan menandai muncullah Project Grenadier. Jadi, sudah paham kan awal mula Project Grenadier? So, berikutnya, tentu Jim dan kawan – kawannya di INEOS pun berusaha untuk mewujudkan proyek ini menjadi kenyataan.

Bahkan, INEOS sendiri menjadwalkan peluncuran produk hasil Project Grenadier di tahun 2020 mendatang, dan direncanakan untuk memproduksi mobil ini sebanyak 25 ribu hingga 35 ribu unit setahun. Kabarnya, Project Grenadier sendiri bakal menghasilkan sebuah SUV yang harganya bakal setara dengan sebuah double cabin dengan high spec. Untuk merealisasikan proyek ini, INEOS sendiri menggandeng beberapa pihak lain seperti BMW dan MBTech Group Jerman. Nah, kabarnya pihak INEOS bakal menggunakan mesin TwinPower Turbo BMW sebagai dapur pacu SUV di Project Grenadier.

SUV hasil Project Grenadier ini sendiri bakal menggunakan rangka baja dengan model ladder frame dan juga rangka body berbahan aluminum yang nantinya memiliki towing capacity mencapai 3,5 ton. INEOS juga menyebutkan bahwa nantinya SUV mereka bakal menggunakan arsitektur yang sepenuhnya baru, namun terinspirasi dari SUV – SUV petulang legendaris seperti Jeep Willys, Land Rover Series 1, dan juga Toyotta LC J40. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Sumber : INEOS Automotive

Read Prev:
Read Next: