Bocoran Proton X70 Yang Diduga Versi CKD, Mesin & Transmisi Baru?

Bocoran Proton X70 Yang Diduga Versi CKD, Mesin & Transmisi Baru?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah bukan rahasia lagi jikalau pihak Proton yang kini berada di bawah naungan dari Geely sedang mempersiapkan sebuah senjata baru untuk tetap eksis di pasar SUV yang baru mereka geluti melalui sosok Proton X70. Senjata baru tersebut tak lain dan tak bukan adalah Proton X70 namun versi CKD lokal Malaysia. Nah, baru – baru ini tersebar sebuah foto yang memperlihatkan sebuah unit Proton X70 yang ‘berbeda’ dan juga terlihat masih sedang diuji jalan berkat kamuflase di sekitar bumpernya.

Gambar ini sendiri kami kutip dari situs lokal Malaysia, Funtasticko, dimana terlihat ada tiga gambar Proton X70 ‘spesial’ yang berkelir putih ini. Nah, yang paling menarik ada pada foto yang memperlihatkan sisi dalam alias interior dari unit Proton X70. Ada sebuah perbedaan yang sangat mendasar di sisi interior dari mobil berkelit putih ini, yaitu pada konsol tengahnya, utamanya bagian transmisi. Tuas transmisi yang digunakan di Proton X70 yang terjeret ini sepenuhnya berbeda dengan unit Proton X70 yang diperkenalkan resmi pada pertengahan bulan lalu.

Nah, tuas transmisi yang digunakan di Proton X70 yang terjepret ini malahan identik dengan SUV terbaru dari Geely, yaitu Geely Binyue. Penggunaan tuas transmisi yang sama dengan Geely Binyue pun akhirnya memantik beberapa prediksi. Antara lain adalah versi CKD dari Proton X70 ini nantinya akan menggunakan mesin dan transmisi milik Geely Binyue. Jika benar, maka unit mesin yang akan digunakan adalah mesin 1.500cc Turbo T-GDI yang dikembangkan bersama dengan Volvo, plus transmisi 7 percepatan DCT. Mesin ini memiliki keluaran tenaga hingga 174 hp dan bertorsi 255 Nm.

Namun, berdasarkan sumber yang sama, sejatinya pihak Proton sempat menyanggah hal tersebut dan mengatakan bahwa versi CKD nantinya masih akan menggunakan mesin 1.800cc Turbo T-GDI bertenaga 181 hp pada 5.500 rpm dan torsi 285 Nm pada rentang 1.700 rpm hingga 4.400 rpm. Pun begitu dengan transmisinya, pihak Proton menyebutkan bahwa Proton X70 CKD juga masih akan mempertahankan transmisi otomatis 6 percepatan konvensional miliknya. Lantas, apakah pihak Proton hanya ‘iseng’ dengan mengganti model tuas transmisi dari mobil ini saja? Seharusnya sih tidak.

Terlepas dari mesin dan transmisi apa yang digunakan, dan juga apakah mobil ini adalah Proton X70 versi CKD, yang jelas Proton X70 akan diproduksi lokal tahun ini. Pabrik perakitan di Tanjung Malim akan menjadi rumah produksi untuk SUV pertama dari Proton ini nantinya. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: