Sensasi Gaspol Xpander AP4 di Sentul : Anjay!

by  in Berita&Event&Mitsubishi
Sensasi Gaspol Xpander AP4 di Sentul : Anjay!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sulit untuk melewatkan kesempatan yang ditawarkan oleh PT. Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia atau MMKSI untuk ikut mencoba sensasi MPV spek rally mereka, Mitsubishi Xpander AP4. Ya, Mitsubishi mengundang beberapa awak media dan pemenang kuis Mitsubishi untuk duduk sebagai co-driver Rifat Sungkar dalam mobil Xpander AP4 di daerah Sentul, Bogor. Tidak pakai lama, AutonetMagz yang diwakili oleh Grady menghadiri acara tersebut meski matahari sedang panas-panasnya.

Rifat Sungkar berbincang dengan Grady dari AutonetMagz bercerita tentang bagaimana lincahnya Xpander AP4

Beruntung, Rifat Sungkar dan Mitsubishi bersedia menjelaskan beberapa spek Mitsubishi Xpander AP4 yang boleh kita ketahui bareng-bareng. Pertama dari mesinnya dulu, karena mesin adalah jantung dari setiap mobil. Mitsubishi Xpander AP4 tidak pakai mesin Xpander asli. Mana kuat, keburu jebol. Sebagai gantinya, adalah mesin berkode 4B11 plus turbo yang duduk manis di ruang mesin Xpander. Ya, itu mesin Mitsubishi Lancer Evolution X. Anjay…!

Hal yang perlu diketahui adalah Mitsubishi memperkecil kapasitas mesin 4B11 untuk dipasang ke Xpander AP4, dari yang tadinya 2.000 cc menjadi 1.600 cc. Penggerak pun pastinya diubah jadi AWD, dan untuk transmisi menggunakan transmisi sekuensial yang dengar-dengar harga segelondongan transmisinya saja bisa mencapai 500 juta Rupiah. Betul sekali, transmisi mobil balap Xpander AP4 harganya mirip-mirip 1 unit Pajero Sport, Fortuner, CR-V Turbo, Civic Turbo atau Corolla Altis. Anjay…

Sasis standar Mitsubishi Xpander dipadukan dengan crossmember Lancer Evo X, dan roll cage yang sudah di sesuaikan dengan mobil yang lebih panjang dari mobil balap AP4 pada umumnya pasti hadir untuk memenuhi standar keselamatan. Seluruh mobil ini sudah memakai aero kit yang fungsinya jelas dan nyata, bukan buat gaya-gayaan tok. Spesifikasinya memang spesifikasi balap, tapi penampilan mobil ini tetap kelihatan MPV-nya. Senang sekali rasanya ada mobil keluarga spek balap, jadi tak cuma Volvo 850 BTCC atau Honda Civic Tourer BTCC, Xpander AP4 juga keren. Anjay…

Menu hari Minggu siang di Sentul bersama Mitsubishi dan Rifat Sungkar adalah Gymkhana memakai Xpander AP4 dengan berbagai macam aksi seperti donuts, figure 8, U-turn, J-turn dan lain-lain. Lintasannya beralaskan paving block, jadi bannya tidak pakai ban reli tanah. Meski begitu, tetap saja bannya bukan kelas receh karena harga 1 ban bisa mencapai kurang lebih 3 jutaan Rupiah. Sepanjang acara, kami lihat ada 4 set ban yang diganti. Hitung sendiri ya totalnya, pasti jumlahnya anjay.

Rifat Sungkar santai ngepot-ngepot dengan Xpander AP4, Grady kegirangan sampai ketagihan

Orang berbadan subur sebenarnya bisa dengan mudah untuk masuk ke dalam kabin Xpander AP4, meski harus melewati roll cage. Setelah kami duduk manis dan memasang sabuk, Rifat Sungkar menyapa dan bertanya, ”Sebelumnya sudah pernah naik Xpander kan?” Grady mengiyakan, dan Rifat langsung melakukan gaspol. Ledakan tenaga 350 hp dan torsi 600 Nm langsung melesatkan Xpander AP4 menuju lintasan Gymkhana secepat kilat. Ini MPV lho, tapi ugal banget! Anjay…!!

Mitsubishi Xpander AP4 satu-satunya mobil keluarga yang dipakai balap rally

Memasuki tikungan, Xpander AP4 berbelok dengan patuh sesuai komando Rifat Sungkar. Tadinya kami mengira mobil ini akan keras seperti mobil balap pada umumnya, namun Xpander AP4 ternyata memiliki setelan suspensi yang cenderung empuk saat kami coba kemarin. Serius. Setiap manuver hasil duet Rifat dan Xpander AP4 sukses menghasilkan G-Force yang mengayunkan badan kami ke kiri dan kanan, diikuti suara decitan ban, asap hasil gesekan ban dan paving block serta suara knalpot mobil reli. Membuat kami tidak ada rasa mual sama sekali, bahkan cenderung ketagihan. Anjay…

Kami sempat mendapat kehormatan untuk mencoba memindahkan persneling sekuensial Mitsubishi Xpander AP4. Memindahkan gigi di transmisi sekuensial ini rupanya butuh sedikit tenaga, namun sekali berhasil memindahkan kita akan mendapatkan perasaan mantap yang luar biasa. Saat kami berada di luar mobil untuk pengambilan gambar, deru knalpot dan suara letupan yang kami duga berasal dari peranti ALS (Anti Lag System) untuk turbonya merupakan sebuah kenikmatan. Anjay banget deh!

Sungguh kesempatan berharga bisa menikmati Xpander AP4, dan itu lebih dari sekedar kekaguman kami, karena bagaimanapun juga ini adalah mobil keluarga namun dengan spek reli. Jadi Xpander AP4 adalah MPV spek reli yang pertama kali menyapa dunia dari Indonesia. Ingin rasanya kami melihat Mitsubishi mewariskan hasil balap Xpander AP4 ke versi jualan massal. Coba saja bayangkan suatu hari nanti Mitsubishi memperkenalkan Mitsubishi Xpander Evolution MR dengan mesin turbo dan AWD. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Untuk melihat lebih jelas bagaimana aksi Xpander AP4, bisa ditonton di video singkat ini, video lengkapnya segera di channel YouTube AutonetMagz

Read Prev:
Read Next: