Rifat Sungkar Bantu Pahami Pentingnya Peran Karet di Mobil Mitsubishi

Rifat Sungkar Bantu Pahami Pentingnya Peran Karet di Mobil Mitsubishi
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kami meminta kalian menyebutkan komponen mobil yang terbuat dari bahan karet, maka apa yang akan kalian sebutkan? Mayoritas akan berkata ‘Ban Mobil’, dan itu tidak salah. Ban mobil memang tersusun dari sejumlah komponen, termasuk bahan karet di dalamnya. Namun, tahukah kalian kalau ternyata ada banyak komponen berbahan karet yang ada di mobil kalian? Dan tahukah kalian bahwa penggunaan bahan karet ini karena berkaitan dengan safety? Nah, kali ini Rifat Sungkar akan berbagi pengalamannya terkait penggunaan bahan karet dalam mobil – mobil Mitsubishi. Dan ternyata komponen – komponen ini penting lho.

Yang Berbahan Karet Bukan Cuma Ban

Dalam sesi press conference virtual yang dihelat beberapa waktu silam, Pembalap Nasional sekaligus brand ambassador dari Mitsubishi yaitu Rifat Sungkar membagikan pengalaman dan pengetahuannya terkait komponen mobil berbahan karet di jajaran model Mitsubishi. “Karet suka kurang jadi perhatian, bicara rubber selalu omongin berapa ban. Berapa persen bannya, padahal rubber bukan hanya ban. Tapi termasuk urusan karet yang ada di mobil. Karet pintu, bushing, mounting body, karet wiper dan pasti ban.“, ujarnya. “Untuk ban paling ban terlihat, tetapi unsur lain, rubber itu jadi penting karena menyangkut unsur safety dan kenyamanan berkendara.” tambahnya. Rifat pun menjabarkan satu per satu komponen yang berbahan karet dan juga bagaimana cara merawatnya. “Ban itu sangat ringkih. Dilematis, gak semua ban kadaluwarsa jelek. Ban bisa habis masa bertugas kalau sudah lewati batas waktu. Untuk lewati batas waktu atau tidak, usahakan begini, bannya perhatiin harus sesuai dengan tahun mobil, misalnya mobil 2020, bannya harus ada informasi ditulis 20. Biasanya ada di belakang dua digit.

Rifat juga menekankan pentingnya memperhatikan ban cadangan, bukan sekedar ban yang dipakai saja. “Untuk mobil yang ban serepnya ada, saya sarankan untuk lihat tekanan ban, karena ban serep walau enggak dipakai tekanannya bisa turun karena lokasi penyimpanannya naik turun atau bervariasi. Saya selalu taruh tekanan angin 35-40 untuk ban serep. Karena belum tahu kapan bisa digunakan“, jelasnya. Selain ban, Rifat juga memaparkan pentingnya memilhara Wiper. “Untuk karet wiper, karena musim hujan, saya hobinya kebiasan setelah ganti musim, saya ganti wiper, walau jarang dipake. Sekali dipake tidak maksimal itu sangat mengganggu. Karet wiper bisa karet biasa atau silikon tergantung keinginan. Untuk silikon persawatan lebih sulit tyapi bertugas lebih baik. Di cuaca panas, bahan siolikon tidak maskimal seperti karet“, jabarnya. Karet pintu pun juga dijabarkan secara jelas oleh suami Sissy Pricillia ini.

Pahami Trik Perawatan

Untuk karet pintu, triknya kalau kita kesangkut, karet pintu sangat beguna untuk kekedapan suara. Karet pintu boleh dicek lem-lemnya. Sering di bagian kanan, suka melengkung karena kesangkut sama badan, kita harus cek agar optimali kekedapan suaranya“, jelas Rifat. Di akhir sesi, Rifat juga menjelaskan sejumlah trik khusus mengenai pemeliharaan komponen berbahan karet di mobil – mobil Mitsubishi. Rifat menjabarkan bahwa musuh utama bahan karet adalah panas, yang mana semakin sering panas maka bahan karet akan semakin gampang aus. Selanjutnya, dia juga menjelaskan bahwa kotoran yang menempel, apalagi hujan, akan membuat karet gampang keras dan efeknya lebih gampang getas. Rifat juga menyarankan untuk menggunakan pembersih cairan bersilikon, rajin melakukan rotasi pada ban mobil, dan memastikan tekanan angin sehingga tidak kurang dan sesuai rekomendasi pabrikan. Nah, semoga apa yang dijabarkan oleh Rifat bisa sedikit banyak membantu kalian untuk bisa lebih memelihara komponen – komponen mobil yang menggunakan bahan Karet seperti Ban, Wiper, maupun karet – karet pintu mobil kalian.

Bagaimana pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: