KTM 390 Adventure Rilis di Indonesia, Motor Turing Fullspek!

by  in  Berita
KTM 390 Adventure Rilis di Indonesia, Motor Turing Fullspek!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada weekend kemarin, KTM Indonesia yang diageni oleh PT Penta Jaya Laju Motor telah resmi memperkenalkan sosok KTM Adventure 390 untuk pasar Indonesia. Dan menariknya, ternyata pihak PJLM tidak memangkas spesifikasi yang ditawarkan untuk motor petualang tersebut. Mari kita bahas lebih lanjut.

Jadi, kehadiran KTM 390 Adventure di Indonesia melengkapi jajaran KTM 390 Series yang sebelumnya sudah diisi oleh KTM RC 390 dan KTM Duke 390. KTM 390 Adventure sendiri juga menjadi salah satu motor adventure yang dijual pertama di Indonesia oleh PJLM, atau bahasa mereka adalah motor travel. Kristianto Goenadi, Presdir dari PJLM dlaam peluncuran motor ini menyebutkan, “390 segmen yg penting bagi kami, kalau melihat respon pada market bisa menjadi salah satu unggulan bagi kami. Tren ke depan adventure akan semakin tinggi, dan orang akan perlu sebuah dual purpose motorcycle. Turing jarak pendek maupun off-road. Orang juga mau kubikasi kecil yg lebih compact, buat weekly dan daily riding“.

KTM 390 Adventure sendiri dijual dengan harga mencapai 119 jutaan RUpiah OTR Jakarta. Mahal? Kalau kita melihat dengan awam sebagai motor 1 silinder 390cc, maka tentu terasa mahal. Namun jangan salah, KTM 390 Adventure ternyata mengusung spesifikasi yang mumpuni. Keunggulan utama dari KTM 390 Adventure ada di sisi kaki – kaki, dimana motor ini sebenarnya masih menggunakan suspensi depan berukuran 43mm yang sama dengan Duke 390, namun travel-nya mencapai 170mm. Dan suspensi ini ternyata adjustable dimana kita bisa mengatur kompresi di sisi kiri suspensi dan rebound di sisi kanan suspensi. Sebuah kelengkapan yang jarang kita temui di harga tersebut.

Selain itu, layaknya motor dual purpose kebanyakan, motor ini menggunakan velg depan yang lebih besar yaitu 19 inci dan didukung velg belakang 17 inci. Profil ban depannya 100/90 dengan ban belakang 130/80. Selain itu, rangka motor ini menggunakan basis milik KTM 450 Rally yang terkenal. Sedangkan mesinnya menggunakan basis yang sama dengan Duke 390 yang artinya juga sama dengan Bajaj Dominar 400. Tenaganya mencapai 43 hp dengan torsi khas 1 silinder yang nampol di angka 37 Nm. Oiya, mesin ini sudah mememuhi standar Euro4. Untuk fitur, KTM 390 Adventure dibekali dengan slipper clutch, Engine Management System (EMS) Ride by wire, rem bybre berukuran 320mm di depan dan 230mm di belakang dengan 2 channel ABS lansiran BOSCH.

Tak cukup sampai disana, KTM 390 Adventure juga dibekali dengan Motorcycle Traction Control (MTC) dan sebuah fitur langka yaitu cornering ABS. Dan seolah tak mau kalah dengan motor fairing yang sedang hype di Indonesia, KTM 390 Adventure juga dibekali quickshifter up & down yang aktif di putaran mesin 3.000 rpm. Jadi, kalau di kubu sebelah ada Kawasaki ZX-25R yang jadi idaman para penggila kecepatan dan suara, maka bisa dikatakan KTM 390 Adventure adalah pujaan baru bagi pecinta adventure dan touring. Dan menariknya, kedua motor tersebut memiliki harga yang berdekatan. KTM 390 Adventure sendiri akan ditawarkan dengan 2 opsi warna yaitu putih dan hitam yang kesemuanya punya ornamen berwarna orange khas KTM.

Jadi, bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: