Seminggu Bersama Honda BR-V #1 : Aslinya Lebih Menarik Daripada Fotonya

by  in Editorial&Honda&Merek Mobil
Seminggu Bersama Honda BR-V #1 : Aslinya Lebih Menarik Daripada Fotonya
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Segmen mobil dengan komposisi 7 seater memang tetap menjadi primadona di pasar Indonesia. Oleh karenanya, setiap pabrikan nampak ingin mencicipi manisnya marketshare di segmen 7 seater, termasuk Honda. Nah, produk 7 seater terbaru mereka adalah All New Honda BR-V. Mobil ini kini menjadi jagoan tunggal mereka di pasar 7 seater kelas low karena Honda Mobilio yang harus ‘ditumbalkan’ menjadi 1 tipe saja pasca chip shortage. Dan kali ini, tim AutonetMagz di Surabaya mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung All New Honda BR-V selama seminggu penuh. Bagaimana rasanya berkendara dengan All New Honda BR-V? yuk kita bahas.

Sebelumnya, tim AutonetMagz ingin mengucapkan terima kasih pada PT Istana Mobil Surabaya Indah (IMSI) atau lebih dikenal sebagai Honda Surabaya Center (HSC). Unit All New Honda BR-V yang kami gunakan merupakan milik HSC selaku main dealer dari Honda di kawasan Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara. Nah, akan ada banyak bahasan mengenai pengalaman berkendara dengan All New Honda BR-V yang kami tuangkan dalam beberapa artikel. Dan di artikel kali ini, bahasan akan kami mulai dari bentuk fisik All New Honda BR-V. Yap, fisik tetaplah penting walaupun ada pepatah yang mengatakan dont judge the book by it’s cover. Mengapa? Karena dari mata akan turun ke hati, baru ke tangan untuk tanda tangan SPK. cekidot.

Eksterior : Mending Lihat Aslinya, Tapi…

Banyak yang berpendapat bahwa desain baru dari All New Honda BR-V terlihat ‘main aman’. Well, kami malah melihatnya dari sisi yang berbeda. Desain baru All New Honda BR-V makin menegaskan bahasa desain baru dari Honda yang makin diperkuat dengan bocoran All New Honda CR-V di China. All New Honda BR-V memiliki wajah depan yang nampak cukup minimalis, dengan lampu depan LED khas Honda dan ornamen krom melintang di sisi atas grille-nya. Tak ada tarikan – tarikan tegas di wajah depannya, terlihat lempeng saja. Bagian inilah yang mungkin membuat banyak orang merasa wajah depan All New Honda BR-V kurang ‘wah’ dan terkesan main aman. Tapi, kalian harus melihat langsung mobil ini, dimana desainnya nampak cukup cantik jikalau diperhatikan lebih lama.

Di sisi samping, All New Honda BR-V menggunakan velg dengan model multispoke dan dilabur two tone polish. Bukan sebuah hal yang wah, namun harus diakui bahwa velg dan ban berukuran 17 inci tampak pas di bawah fender All New Honda BR-V. Selain itu, tarikan garis yang tegas di sisi samping juga membuat All New Honda BR-V nampak lebih berkarakter. Berbeda dengan tabrakan garis ala Mobilio yang bisa kita temukan di body samping Old BR-V. Oiya, ornamen silver di side body moulding, handle pintu krom dan juga roof rail silver mempermanis sisi samping mobil ini. Bisa dikatakan All New Honda BR-V termasuk minim krom di bagian ini, sehingga terlihat rapi dan tak lebay.

Pindah ke sisi belakang, bagian ini juga mendapat banyak kritikan dari netizen di Indonesia karena kesannya yang flat. Well, kami setuju dengan hal tersebut, terutama jikalau kita melihat bagian tengah pintu belakang. Lampu belakangnya sebenarnya cukup cantik dengan bentuk 3D dan lampu LED yang mengingatkan kami pada Honda City terbaru. Tak ada rear spoiler di mobil ini, namun atap belakangnya memang sudah dibentuk menyerupai spoiler. Sedangkan antenanya sudah menggunakan model shark fin. Bumpernya juga memadukan warna hitam dan silver. Overall, desain All New Honda BR-V memang tidak neko – neko, sehingga nampaknya bisa disukai oleh orang awam kebanyakan. Satu hal yang kami sayangkan, ternyata All New Honda BR-V tidak sebesar N7X yang dulu terlihat cukup besar di model konsepnya.

Interior : Refine, Tapi Masih Bisa Lebih Baik

Masuk ke interior All New Honda BR-V, satu hal yang langsung kami rasakan adalah “hmm, boleh juga nih”. Yap, ubahan interior dari old model ke All New Honda BR-V nampak sangat drastis, termasuk juga di perbaikan kualitas materialnya. Aura gelap nan sporty langsung terasa saat kita memasuki sisi dalam All New Honda BR-V. Dashboard mobil ini didominasi warna hitam, jok kulit hitam, bahkan atap dan pilar All New Honda BR-V juga diberi warna hitam. Kombinasi ini membuat All New Honda BR-V menjadi satu – satunya LSUV dengan interior bergaya gelap. Untuk kursi penumpang, All New Honda BR-V tipe Prestige HS yang kami gunakan sudah dibalut kulit dengan jahitan berwarna putih. Sayangnya kursi bangku baris kedua dan ketiga masih terasa tipis, walaupun tak setipis model yang lama.

Kalian akan menemukan banyak soft touch di All New Honda BR-V, yang mana merupakan kabar baik. Ada lapisan kulit di door trim dan di dashboard, plus ada console box yang berlapis kulit pula. AC yang digunakan sudah digital, dan ada mode auto. Jadi bukan sekedar mekanismenya yang digital. Untuk head unit, All New Honda BR-V sudah menggunakan model layar sentuh dengan konektivitas Android Auto dan Apple Carplay via kabel. Setir juga sudah berlapis kulit, dan jujur saja, tombol – tombol di setirnya cukup nyaman digunakan dengan material seperti akrilik. Panel instrumen juga informatif, terutama MID yang memiliki konfigurasi cukup lengkap. Hanya saja, sayangnya MID di All New Honda BR-V terbilang kecil.

Ruang baris kedua dan ketiga juga masih mencirikan Honda BR-V, lega dan bisa muat orang dewasa Indonesia kebanyakan. Kabar baiknya, penggunaan material soft touch juga masih ada di pintu baris kedua. Selain itu, ada 3 properhead rest di bangku baris kedua dan sebuah arm rest di sisi tengah jikalau hanya digunakan 2 orang saja. AC double blower sayangnya masih menggunakan model lawas yang ada di pilar B. Mekanisme one touch tumble di All New Honda BR-V juga memudahkan pengguna baris ketiga untuk keluar masuk, dan mekanisme ini juga memiliki sistem pegas. Di bangku baris belakang, penumpang masih mendapatkan proper headrest dan seat belt, serta kursi yang bisa recline 1 step. Oiya, ada power outlet juga lho. Sayangnya, kursi baris ketiga ini bisa dikatakan sangat tipis.

Baca Juga : Seminggu Bersama Honda BR-V #2 : Fun To Drive & Suspensi Lebih Enak

Nah, itulah sedikit gambaran dari unit All New Honda BR-V yang kami gunakan di Surabaya selama 1 minggu. Artikel berikutnya akan membedah bagaimana impresi berkendara All New Honda BR-V dan bagaimana penggunaan Honda Sensing di LSUV ini. Bagaimana menurut kalian?

Gallery Foto: Seminggu Bersama Honda BR-V #3 : Gallery Foto

Read Prev:
Read Next: