Seminggu Bersama Honda BR-V #2 : Fun To Drive & Suspensi Lebih Enak

by  in Editorial&Honda&Merek Mobil
Seminggu Bersama Honda BR-V #2 : Fun To Drive & Suspensi Lebih Enak
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Masih melanjutkan bahasan tim AutonetMagz yang mendapatkan pinjaman All New Honda BR-V dari PT Istana Mobil Surabaya Indah (IMSI) alias Honda Surabaya Center (HSC). Setelah di artikel sebelumnya kami membahas mengenai impresi eksterior dan interior mobil ini, maka kali ini kami akan membahas impresi kami saat kami menggunakan mobil ini selama 1 minggu. Nah, FYI, unit All New Honda BR-V yang kami gunakan adalah tipe tertinggi yaitu Prestige Honda Sensing dengan transmisi CVT. Selama pengetesan, kami menggunakan bahan bakar RON 90 untuk unit ini. Cekidot.

Enak Disetir, Khas Honda Banget

Pertama kali duduk di belakang kemudi All New Honda BR-V, kesan pertama yang kami rasakan adalah posisi berkendaranya yang commanding. Yap, ini sebuah hal yang wajar karena All New Honda BR-V dihadirkan sebagai sebuah LSUV. Pengaturan kursi di mobil ini juga cukup lengkap, Sayangnya, pengaturan setir di All New Honda BR-V hanya tilt saja, belum teleskopik. Oiya, bagian interior yang tersentuh tangan di mobil ini sudah dilapisi bahan kulit, sebuah improvement yang positif dari old model walaupun sebenarnya hal yang sama juga dimiliki rival – rivalnya. Mulai berkendara dengan All New Honda BR-V, kami merasakan mobil ini ternyata punya handling yang cukup asyik. Setir mobil ini punya respon yang baik sehingga mobil terasa ‘nurut‘ saat kita bermanuver.

Handling mobil ini nampaknya bisa jadi modal utama untuk menggaet konsumen yang memang driving enthusiast. Saat kami gunakan di dalam kota, mobil ini juga cukup sigap walaupun menggunakan velg yang cukup besar dan wheel track yang lebih lebar dari old model. Selain itu, suspensi mobil ini bisa dikatakan jadi poin kedua yang membuat All New Honda BR-V makin menarik. Jikalau kalian pernah mencoba old BR-V, maka kalian bisa jadi jatuh cinta dengan karakter suspensi All New Honda BR-V. Suspensi mobil ini jadi jauh lebih empuk, dan ini terasa saat kami harus melalui jalan tol ataupun jalanan berlubang. Memang bukan yang paling empuk di kelasnya, tetapi perpaduan handling yang sigap dan suspensi yang nyaman ini membuat All New Honda BR-V jadi opsi paling proper untuk kalian yang suka mengemudikan LSUV tapi enggan naik mobil yang gubrak – gubrak.

Mesin 1.500cc i-VTEC DOHC yang digunakan di All New Honda BR-V juga mampu memenuhi kebutuhan penggunaan konsumen kebanyakan. Sayangnya, kami tidak melewati jalanan menanjak untuk melihat peforma mobil ini di tanjakan. Setidaknya, mobil ini terlihat punya tenaga yang cukup mumpuni di putaran menengah hingga atas. Wajar, karena tenaga puncaknya diraih di 6000-an rpm dan torsi puncaknya di 4.000-an rpm. Karakter ini cocok untuk kalian yang banyak menggunakan mobil untuk cruising di jalan tol. CVT yang digunakan di All New Honda BR-V juga terbilang responsif untuk jenis transmisi ini. Lantas, apakah All New Honda BR-V irit? Untuk rute kombinasi dengan bahan bakar RON 90, kami berhasil mendapatkan konsumsi BBM di atas 12 kilometer per liter. Itu pun tanpa gaya berkendara eco driving.

Honda Sensing, Emang Kepake?

Berhubung kami menggunakan unit tipe tertinggi yang sudah dibekali Honda Sensing, maka bahasan ini jelas menarik untuk diulas. Yap, apakah Honda Sensing benar – benar terpakai? Atau hanya sekedar gimmick semata? Jawabannya, tergantung. Tergantung pada perspektif mana dan seberapa perlu kalian menggunakan fitur ADAS ini. Kalau kebutuhan kalian akan ADAS ini cukup besar, maka Honda Sensing akan bermanfaat. Begitu pula sebaliknya. Saat menggunakan All New Honda BR-V, kami tidak pernah menonaktifkan fitur – fitur ADAS yang ada di mobil ini. Malahan, kami cukup sering menggunakan Adaptive Cruise Control walaupun kami berjalan di jalanan perkotaan. So far, ACC cukup memanjakan kami, walaupun sebenarnya kehadiran low speed follow jelas akan makin memudahkan. Sayangnya LSF hanya ada di All New Honda HR-V.

Lane Keeping Assist System dan Road Departure Mitigation System juga berguna maksimal saat kami mengendarai All New Honda BR-V. Surprisingly, sistem di mobil ini mampu membaca marka jalan dengan cukup baik, bahkan di jalanan yang marka-nya menurut kami tak terlalu jelas. Saat mengendarai mobil ini di tol, perpaduan ACC, LKAS dan RDMS membuat kami sangat nyaman dalam berkendara, alias santuy. Walaupun begitu, patut diingat bahwa Honda Sensing bukanlah teknologi autopilot, jadi sistem akan memberi notifikasi setiap beberapa menit sekali supaya driver menggerakkan setir. Oiya, koreksi setir di All New Honda BR-V juga terbilang halus, pun begitu dengan respon ACC-nya saat mengikuti kendaraan di depannya. Fitur lain di Honda Sensing ini adalah Collision Mitigation Braking System yang juga berfungsi cukup efektif untuk memberi warning berupa suara dan display saat ada kendaraan lain di depan.

Oiya, kami pun sempat mencoba sekali fitur CMBS ini saat ada motor nyelonong, dan mobil bisa mengerem sendiri dan membuat kami terhindar dari senggolan. Dan yang terakhir adalah Lead Car Departure Notification yang menurut kami harusnya jadi standar di mobil – mobil di Indonesia. Fitur ini selalu mengingatkan kami saat mobil di depan sudah berjalan, apalagi saat kami sedang fokus pada hal lain saat mobil berhenti, seperti beban hidup misalnya. Walk away door lock juga memudahkan kami saat harus membawa barang dan tak bisa mengunci pintu mobil langsung. Overall, fitur Honda Sensing menurut kami bisa dimaksimalkan saat kalian memahami ataupun membutuhkan fitur – fitur ini. Jangan terlalu mendewakan fitur yang tak akan kalian gunakan. Kalau tak perlu HS? Beli saja tipe non HS, gitu aja kok repot.

Baca Juga : Seminggu Bersama Honda BR-V #1 : Aslinya Lebih Menarik Daripada Fotonya

Nah, itulah pengalaman driving kami bersama All New Honda BR-V selama 1 minggu lamanya. Bahasan mengenai eksterior dan interior bisa kalian temukan di artikel sebelumnya. Dan di artikel berikutnya, kami akan tampilkan hasil photoshoot All New Honda BR-V di beberapa spot di Jawa Timur. Bagaimana menurut kalian?

Gallery Foto : Seminggu Bersama Honda BR-V #3 : Gallery Foto

Read Prev:
Read Next: