Selang Bahan Bakar Bermasalah, Innova & Fortuner India Direcall

Selang Bahan Bakar Bermasalah, Innova & Fortuner India Direcall
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah cukup lama kami tak memberitakan kabar mengenai recall yang menimpa mobil – mobil secara global, dan kali ini kabar justru datang dari salah satu mobil yang sangat akrab dengan masyarakat Indonesia, yaitu Toyota Innova dan Toyota Fortuner.

Namun recall yang melibatkan dua produk dengan rangka ladder frame ini tak terjadi di Indonesia, melainkan di India, yuk kita bahas lebih lanjut. Toyota Kirloskar Motor selaku Agen Pemegang Merk Toyota di India baru saja  mengumumkan sebuah program recall yang melibatkan 2.526 unit Toyota Innova Crysta dan Toyota Fortuner yang dijual di India. Masalah yang muncul sendiri adalah adanya kesalahan di sambungan selang bahan bakar dari kedua mobil ini. Untuk unit Toyota Innova Crysta dan Toyota Fortuner yang bermasalah sendiri adalah unit yang diproduksi antara tanggal 16 Juli 2016 hngga 22 Maret 2018 untuk Toyota Innova Crysta, dan unit yang diproduksi antara tanggal 6 Oktober 2016 hingga 22 Maret 2018 untuk Toyota Fortuner.

Menurut pernyataan dari Society of Indian Automobile Manufatures (SIAM) alias Gaikindonya India via Drivesparkmenyebutkan bahwa Fuel return hose di kedua mobil ini bermasalah. Fuel return hose ini sendiri salah terhubung ke selang tabung. Kondisi ini akan menghasilkan kebocoran bahan bakar dari Canister setiap kali tangki bahan bakar benar-benar terisi. Sedangkan Toyota Kirloskar Motor menambahkan bahwa masalah ini hanya terjadi pada unit  Toyota Innova Crysta dan Toyota Fortuner yang menggunakan bahan bakar bensin, artinya varian diesel aman dari masalah ini. Masalah ini sendiri nampaknya juga tak akan berdampak terlalu besar bagi pihak Toyota Kirloskar Motor, karena seperti yang kita tahu, masyarakat India lebih menyukai mesin – mesin diesel.

Oleh karenanya, tak mengejutkan jikalau penjualan  Toyota Innova Crysta dan Toyota Fortuner bermesin diesel lebih baik dibandingkan mesin bensin. Sedangan untuk varian yang bermasalah ini sendiri mengusung mesin 2.700cc 2TR-FE Bensin yang punya keluaran tenaga maksimal 163 hp dengan torsi maksimal 245 Nm. Tak Asing? Yap, karena mesin ini juga digunakan oleh Toyota Fortuner SRZ yang dijual di Indonesia. Nah, merujuk Angka 2000-an unit dari recall ini sendiri nampaknya memang cukup kecil jikalau dibandingkan dengan penjualan domestik dari Toyota Kirloskar yang mampu menembus angka 13.088 unit sepanjang bulan Juni 2018. Dan dari angka tersebut, Toyota Innova Crysta menjadi penyumbang tertinggi dengan angka 43% dari total penjualan tersebut.

Jadi, kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: