Berkat Pajak, Harga Toyota GR Yaris di Malaysia Turun di Bawah 1 Milyar!

Berkat Pajak, Harga Toyota GR Yaris di Malaysia Turun di Bawah 1 Milyar!
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat kan kalau Toyota Malaysia telah resmi memasarkan Toyota GR Yaris untuk konsumen mereka? Yap, mobil ini memang memiliki daya tarik tersendiri sehingga beberapa negara seperti Thailand dan Malaysia mendapatkan keberuntungan bisa merasakannya. Hanya saja, harga jual mobil ini terbilang tinggi, bahkan diatas 1 Milyar Rupiah di kedua negara itu. Namun, ada kabar baik bagi konsumen Toyota GR Yaris di Malaysia. Karena harganya kini turun, bahkan di bawah 1 Milyar Rupiah.

Mengutip informasi via PaulTan, UMW Toyota Malaysia sebelumnya menyebutkan bahwa harga jual dari Toyota GR Yaris ada di angka 299 ribu Ringgit Malaysia atau setara 1 Milyar 39 juta Rupiah secara on the road. Harga tersebut berlaku untuk tahun 2021 ini, dengan catatan bahwa tahun lalu mereka beranggapan bahwa pembebasan pajak penjualan hanya akan berlaku hingga penghujung 2020 saja. Namun, Pemerintah Malaysia memberikan kabar gembira di detik terakhir menuju 2021, yaitu pembebasan pajak penjualan diperpanjang hingga akhir bulan Juni 2021. Akhirnya, harga jual dari Toyota GR Yaris pun turun menjadi 286.896 Ringgit Malaysia atau setara 997 jutaan Rupiah.

Memang angkanya masih sangat dekat dengan 1 Milyar Rupiah, namun setidaknya konsumen bisa ngirit hingga 40 jutaan Rupiah untuk dialokasikan pada modifikasi tambahan kan? Sebagai catatan, Toyota GR Yaris di Thailand dibanderol dengan harga 1,27 Milyar dan terbatas 70 unit saja. Bedanya, untuk Toyota GR Yaris di Malaysia mendapatkan jatah yang lebih banyak, yaitu maksimal 200 unit. Nah, Pemerintah Malaysia sendiri memang memberikan kebijakan yang cukup menarique selama pandemi ini untuk segmen otomotif. Untuk mobil yang berstatus CKD, maka pajak penjualannya dibebaskan penuh. Sedangkan untuk mobil CBU seperti Toyota GR Yaris, pajak penjualan dipotong 50%.

Toyota GR Yaris versi Malaysia mengandalkan mesin G15E-GTS dengan kubikasi 1.600cc Turbo dan 3 silinder yang menghasilkan tenaga maksimal 261 PS pada 6.500 rpm dan torsi 360 Nm pada 3.000 hingga 4.600 rpm. Spesifikasi ini sama persis dengan versi Thailand, yang mana merupakan spek untuk pasar Eropa. Kalau dibandingkan dengan versi JDM, unit ini turun 11 PS secara tenaga dan turun 10 Nm secara torsi. Namun, untuk akselerasi, Toyota GR Yaris versi Malaysia masih mampu mencatatkan 5,5 detik dengan kecepatan maksimal dibatasi di angka 230 km/jam secara elektronik. Ngiler? Berharap saja Toyota Astra Motor (TAM) juga memasukkan unit Toyota GR Yaris ke Indonesia tahun ini.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: