Selain Mesin, Spesifikasi & Fitur Suzuki Ertiga Diesel Ternyata Lebih Lengkap

by  in Suzuki
Selain Mesin, Spesifikasi & Fitur Suzuki Ertiga Diesel Ternyata Lebih Lengkap
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Menjelang peluncurannya, bocoran fitur dan spesifikasi dari Suzuki Ertiga Diesel semakin terlihat. Melalui bocoran brosur yang sudah bisa anda dapatkan di showroom Suzuki terdekat. Melihat spesifikasi yang tertera di brosur beserta bocoran fitur-fiturnya, ternyata Suzuki Ertiga Diesel punya fitur yang lebih baik dari varian Suzuki Ertiga GX manual di Indonesia. Yuk mari kita simak!

Suzuki Ertiga Diesel tentunya akan menggunakan mesin diesel 1.300 cc SHVS, dimana di artikel sebelumnya sudah kita bahas. Teknologi SHVS atau mild hybrid tentu saja sudah mengusung fitur idle start/stop yang kerap kali kita temukan di mobil kekinian seperti mobil-mobil Mazda dan Mitsubishi Delica. Dengan fitur ini, akhirnya Suzuki menjadi MPV entry level pertama yang menggunakan fitur ini. Jika anda kurang suka dengan fitur mematikan mesin disaat mesin idle, kita bisa mematikan fitur ini dengan menekan tombol yang terletak di samping kanan bawah dashboard pengemudi, simpel!

Masuk ke dalam interior Suzuki Ertiga Diesel, kita akan menemukan kombinasi warna yang berbeda dengan Suzuki Ertiga Facelift di Indonesia. Jika di Indonesia menggunakan kombinasi warna setir dan tuas transmisi coklat ke-abu-abu-an, maka untuk varian Ertiga Diesel sama persis seperti varian sebelum facelift yang masih menggunakan setir  dan tuas transmisi berwarna beige. Corak kursi dan panel door trim juga berbeda dibandingkan dengan versi Indonesia karena menggunakan corak yang sama dengan varian India.

Kemudian karena mobil ini merupakan mobil yang di-impor langsung dari India, spesifikasi AC di mobil ini juga sedikit berbeda, karena kita akan menemukan pengatur temperatur yang bisa menjadi penghangat kabin. Meskipun pasar Indonesia jarang menggunakan fitur pemanas ini, rupanya fitur ini tidak disesuaikan dengan kondisi masyarakat Indonesia, jujur ngomong, saya sendiri rasanya hampir tidak pernah menggunakan fitur pemanas pada AC meskipun kerap kali menggunakan mobil yang memiliki fitur ini.

Di India, Suzuki Ertiga memiliki fitur yang sama dengan Suzuki Swift atau Suzuki Swift Dzire yang memiliki lampu depan dengan pengatur ketinggian secara manual. Kita bisa menaikan dan menurunkan tingkat ketinggian lampu depan sesuai dengan keinginan kita. Dan yang paling penting, Suzuki Ertiga Diesel ini sudah dilengkapi dengan spion tengah yang bisa diatur untuk malam dan siang hari, atau manual dimming rear view mirror. Ini merupakan fitur yang sangat penting agar pengendara tidak silau jika berkendara di malam hari karena sorotan lampu mobil belakang. Sayangnya fitur ini baru ada di Chevrolet Spin dan Honda Mobilio saja.

Fitur lain yang menjadi pembeda dari Suzuki Ertiga Diesel ada pada speedometer dengan desain baru, speedometer ini sengaja dibuat berbeda karena harus mengakomodir kebutuhan informasi akan SHVS yang dimiliki mobil tersebut. Memang speedometernya tidak begitu signifikan perbedaannya, bahkan kesan sporty yang dimiliki speedometer Ertiga bensin hilang dikarenakan kombinasi warnanya jadi lebih lembut, tapi kita sudah mendapatkan gear shift indicator yang bisa membantu pengemudi berkendara lebih irit bahan bakar.

Terakhir, mobil ini sudah dilengkapi dengan rear defogger yang bisa membantu menghilangkan embun di kaca belakang dan ornamen emblem hybrid yang menandakan varian Suzuki Ertiga Diesel. Sangat disayangkan sih Suzuki tidak memasukan varian tertinggi dari Suzuki Ertiga diesel di Indonesia seperti di India. Karena di varian tertinggi dari mobil ini ia memiliki fitur-fitur lain seperti keyless entry, push start stop engine, touch screen audio dengan koneksi bluetooth, pengatur telepon pada setir dan kamera parkir. Ya wajar saja, karena yang masuk ke Indonesia itu varian Zdi, bukan Zdi+.

Konon harga Ertiga diesel Indonesia akan dibanderol 220 juta Rupiah On The Road di Jabodetabek. Ertiga Diesel ini hanya tersedia varian transmisi manual saja, tidak ada transmisi otomatis. Jika saja tersedia dalam varian transmisi otomatis, mobil ini bisa jadi pilihan menarik untuk digunakan di dalam kota mengingat konsumsi BBM mesin diesel yang sangat irit. Ya nggak sih?

Read Prev:
Read Next: