Saingi BMW X7 & Mercedes-Benz GLS, Volvo Siapkan XC100!

Saingi BMW X7 & Mercedes-Benz GLS, Volvo Siapkan XC100!
0  komentar

AutonetMagz.com – Segmen SUV menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir, karena adanya pertumbuhan minat konsumen yang positif terhadap segmen ini. Beberapa perusahaan yang sebelumnya enggan untuk memproduksi SUV pun harus menjilat ludah mereka sendiri dan menghadirkan produk dengan bentuk SUV, apalagi pabrikan yang memang sudah lama berkecimpung di segmen SUV. Sejumlah SUV baru pun bermunculan, termasuk di segmen premium. Nah, Volvo juga tidak mau ketinggalan untuk menambah jagoan mereka di segmen tersebut.

Ilustrasi : Volvo XC90

Mengutip informasi via AutoNews, Pihak Volvo dikabarkan akan mempersiapkan sebuah SUV baru yang posisinya ada di atas dari XC90. Produk yang sementara diduga bernama Volvo XC100 ini sendiri dipersiapkan untuk bertanding dengan SUV premium berbody bongsor lainnya seperti BMW X7, dan juga Mercedes-Benz GLS. Pihak Volvo sendiri akan menggunakan platformScalable Product Architechture (SPA) yang juga digunakan sebagai basis di Volvo XC90. Namun, secara dimensi tentunya Volvo XC100 akan jadi lebih bongsor dibandingkan dengan sang adik. Nantinya, diprediksi Volvo XC100 akan lebih panjang 7 inci dan lebih lebar 5 inci dibandingkan Volvo XC90.

Scalable Product Architechture (SPA)

Dengan adanya penambahan dimensi, maka jelas Volvo XC100 akan memiliki kapabilitas untuk mengangkut lebih banyak penumpang, bisa jadi 6 seater atau malah 7 seater. Sumber juga menyebutkan bahwa nantinya Volvo XC100 akan berbagi komponen dengan generasi terbaru dari Volvo XC90. Pabrik perakitan yang ditunjuk pihak Volvo untuk memproduksi SUV bongsor ini adalah pabrik di Ridgeville, South Carolina. Kabarnya, Volvo akan mulai diproduksi pada pertengahan tahun 2023 mendatang, dimana varian bertenaga listrik akan menyusul satu tahun berikutnya. Sumber yang mengkonfirmasi ke salah satu diler Volvo menyebutkan bahwa Volvo XC100 akan tampil cukup all out.

Ilustrasi : Volvo XC90

Bahkan, diler Volvo tersebut dengan percaya diri menyebut bahwa Volvo XC100 adalah perpaduan antara Volvo XC90 dengan Range Rover dan Rolls-Royce Cullinan dalam satu produk. Hmmm, agak over, tetapi sah – sah saja. Jikalau nanti Volvo XC100 hadir, maka jelas pihak BMW dan Mercedes-Benz perlu berhati – hati, utamanya pada varian EV yang juga akan ditampilkan di SUV ini. Seperti yang kita ketahui, Volvo merupakan salah satu pabrikan yang sangat serius menggarap segmen mobil listrik, yang mana memang menjadi gambaran masa depan otomotif di pasar global. Oiya, selain Volvo XC100, kabarnya Volvo juga sedang menyiapkan sebuah Coupe SUV dengan basis Volvo XC40. Kabarnya, mobil ini akan diberi nama Volvo C40 EV.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan.

Read Prev:
Read Next: