Rumor All New Toyota Vios Rilis Agustus Tahun Depan, DNGA?

Rumor All New Toyota Vios Rilis Agustus Tahun Depan, DNGA?
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun berada dalam area yang sama, namun sejumlah negara di kawasan Asia tenggara ternyata memiliki selera yang berbeda – beda. Di Indonesia, mobil paling laris dari Toyota adalah Toyota Avanza, sedangkan di Thailand adalah Toyota HiLux. Lantas, bagaimana dengan Filipina? Yang paling laris ternyata adalah Toyota Vios. Dan ada kabar menarik terkait Toyota Vios yang muncul dari Negeri Lumbung Padi tersebut. Yuk kita bedah lebih lanjut.

BACA JUGA : GIIAS 2017 : Daihatsu DN F-Sedan, Calon Sedan Masa Depan Daihatsu

Dirumorkan Hadir Agustus 2022

Mengutip informasi via AutoIndustriya, Toyota Vios adalah model yang paling populer diantara jajaran line up Toyota di Filipina. Bahkan, Toyota Vios telah menjadi pilihan default bagi publik filipina yang ingin memiliki mobil kompak. Saat ini, Toyota Vios yang dijual di Filipina merupakan model yang sama dengan Toyota Vios di Indonesia. Pada dasarnya, model ini menggunakan desain dari Toyota Yaris Ativ yang pertama kali diluncurkan di Thailand beberapa tahun lalu. Sedangkan di Thailand, nama Toyota Vios sendiri masih menggunakan model yang sama seperti versi sebelumnya, namun dengan ubahan wajah yang berbeda. Nah, sumber menyatakan bahwa mereka mendapatkan informasi penting dari ‘orang dalam‘ Toyota. Dimana informasi itu menyebutkan bahwa All New Toyota Vios akan hadir tahun 2022 mendatang, lebih tepatnya bulan Agustus 2022.

Berhubung informasi ini masih sangat awal, kami pun menganggap informasi ini masih sekedar rumor. Namun, mengingat Toyota Vios ataupun Toyota Yaris di Asia Tenggara masih menggunakan basis berkode XP150 yang dirilis tahun 2013 silam, maka sudah selayaknya Toyota mempertimbangkan generasi baru untuk duet sedan-hatchback tersebut. Jika merujuk pada informasi yang berkembang tahun lalu, kode dari All New Toyota Vios adalah D92A. Nah, kode berawalan huruf D dari produk di keluarga Toyota-Daihatsu memiliki arti bahwa mobil tersebut akan digarap oleh Daihatsu. Bisa jadi, All New Toyota Vios nantinya akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architechture alias DNGA. Ingat kan dengan kode D55L yang sebelumnya merujuk pada Perodua Ativa. Itulah mengapa beberapa tahun lalu Daihatsu Indonesia memamerkan Daihatsi DN-F Sedan. Yap, sedan yang terbilang ganteng itu bukan sekedar dipamerkan dan tak ada juntrungannya.

BACA JUGA : Toyota Yaris dan Vios Baru Bakal Digarap Daihatsu?

Seluruh Mobil Kompak Toyota Akan Digarap Daihatsu?

Dugaan kami, Daihatsu DN-F Sedan adalah gambaran All New Toyota Vios, sama seperti DN Multisix yang akan segera direalisasikan sebagai suksesor dari Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Hmm, Jadi Toyota Vios dan Yaris akan dirakit oleh Daihatsu? Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan hal ini. Malahan, kalau kalian perhatikan, produk – produk volume maker yang dijual Toyota kebanyakan adalah produksi Daihatsu. Mulai dari kuartet LCGC mereka, Toyota Avanza hingga Toyota Rush dan Toyota Raize. Produk Toyota yang bersifat volume maker dan diproduksi oleh Toyota sendiri di Indonesia adalah Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Menggeser produksi Vios-Yaris ke Daihatsu nampaknya menjadi strategi yang masuk akal. Artinya, seluruh mobil berdimensi kompak dari Toyota akan dipegang oleh pihak Daihatsu. Namun, keputusan ini sepertinya akan makin membedakan sosok ‘Yaris’ versi Asia Tenggara dengan versi global. Perdebatan bisa saja muncul di kemudian hari.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: