Toyota Yaris dan Vios Baru Bakal Digarap Daihatsu?

Toyota Yaris dan Vios Baru Bakal Digarap Daihatsu?
0  komentar

AutonetMagz.com – Meski beberapa tahun belakangan adalah tahun yang sangat subur untuk penjualan crossover dan SUV, ada beberapa pabrikan yang konsisten menawarkan hatchback dan sedan kecil karena yakin tak semua orang perlu atau suka SUV. Toyota adalah contoh yang cocok, sebab mereka tetap memperbarui Toyota Yaris dan Toyota Vios, bahkan Yaris belum lama ini mendapat facelift dengan pengembangan fitur keselamatan dan radius putar jadi 5,1 meter.

Sementara Toyota Vios, meski masih kalah laku di pasar dibanding Yaris tapi masih bisa bertahan, terlebih kini Vios tidak lagi jadi taksi. Sebelum lanjut, ingatlah jika Toyota Yaris yang beredar di Indonesia amat sangat berbeda dengan Yaris di Jepang dan Eropa, sebab Yaris untuk pasar Asia Tenggara berbasis Yaris versi China. Sementara untuk Vios, meski di beberapa negara ganti nama jadi Yaris Ativ, Yaris L atau Yaris Sedan, bentuknya tetap sama. Sudah? Sip, lanjut.

Menurut Autoindustriya, Toyota sedang sibuk untuk menyelesaikan wujud generasi baru Toyota Yaris dan Toyota Vios. Satu hal yang menarik adalah, warta tersebut menuturkan bahwa kode proyek Vios adalah DG7, sementara kode mobil Vios sendiri nanti disebutkan sebagai D92A. Nah, biasanya proyek-proyek mobil Toyota Motor Corporation yang awalnya berhuruf “D” biasanya dikerjakan oleh Daihatsu. Jadi, Vios dan Yaris bakal jadi TRD? Toyota Rasa Daihatsu?

Tentu saat ini masuk akal jika kita asumsikan Toyota Yaris juga akan ber-DNA Daihatsu, sebab toh Yaris dan Vios adalah mobil yang sama. Contoh kode mobil Daihatsu lain yang berawalan “D” adalah Daihatsu Rocky, kembaran Toyota Raize dan sebentar lagi akan muncul versi Peroduanya. Jika diingat-ingat, pada gelaran GIIAS 2017 di ICE BSD, Daihatsu sempat memajang sebuah sedan konsep keren bernama Daihatsu DN F-Sedan yang konon akan pakai sasis baru DNGA, turunan TNGA.

Jika Daihatsu DN F-Sedan akan menjadi basis bagi Toyota Vios dan Yaris, tentu pikiran kita akan meluas ke kemungkinan adanya kembaran dari Daihatsu kan? Bayangkan saja duet Yaris-Sirion lalu Vios-Charade. Soal mesin, belum ada kejelasan lagi apakah mau pakai mesin turbo, non turbo atau malah hybrid, sebab Toyota sedang rajin-rajinnya memperbanyak model hybrid. Apa opinimu jika Toyota Yaris dan Vios nanti berdarah Daihatsu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio