Renault Triber Turbo Bertenaga 100PS & Torsi 160 Nm

Renault Triber Turbo Bertenaga 100PS & Torsi 160 Nm
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama Renault Triber memang berhasil melambungkan merk Renault di beberapa negara, khususnya India dan Indonesia. Mobil kompak yang bergaya ala Crossover ini menawarkan tampang cakep namun budget minim. Karena masuk ke segmen mobil ramah kantong, maka tentunya ada beberapa hal yang perlu ‘dimaklumi’ dari mobil ini, salah satunya adalah perkara mesin. Namun, pihak Renault tidak berhenti berinovasi dengan mobil ini dalam hal dapur pacu.

Sebenarnya, kita semua tahu bahwa ada rumor yang beredar bahwa pihak Renault akan ‘memodifikasi’ mesin 1.000cc 3 silinder milik Renault Triber. Modifikasi yang dimaksud adalah menambahkan induksi paksa berupat Turbo pada mesin Renault Triber. Pada ajang India Auto Expo 2020, pihak Renault akhirnya menjawab rumor yang beredar dengan merilis spesifikasi mesin dari Renault Triber. Renault Triber akan hadir dengan varian baru yang mengandalkan mesin 1.000cc 3 silinder TCe. FYI, TCe (Turbo Control Efficiency) sendiri merupakan keluarga mesin turbo Renault yang berfokus pada efisiensi. Tenaga maksimal yang dihasilkan oleh mesin ini adalah 100 PS.

Tidak besar? Sebenarnya tentatif, karena kalau kita bandingkan dengan mesin 1.000cc EcoBoost milik Ford yang sama – sama berkonfigurasi 3 silinder dan menggunakan turbo, maka jelas mesin berkode HR10 milik Renault Triber tergolong inferior. Namun, kalau kita perhitungkan segmentasi dari mobil ini, sebenarnya tenaga 100 PS untuk Renault Triber sudah mumpuni, karena mendekati tenaga dari LMPV bermesin 1.500cc naturally aspirated. Untuk torsi, Renault Triber Turbo akan memiliki torsi maksimal di angka 160 PS, dalam hal ini mesin MPV kompak ini malah terasa superior dibandingkan LMPV 1.500cc.

Nantinya Renault Triber Turbo akan ditawarkan dengan transmisi manual 5 percepatan, sesuai dengan minat pasar di India. Lantas, apakah tidak ada varian otomatis? Sejauh ini belum ada informasi yang jelas, namun bisa jadi opsi transmisi CVT menarik untuk dijejalkan ke Renault Triber Turbo. Kok CVT? Bukankah CVT dan Turbo merupakan perpaduan yang kurang oke? Iya, jika kita mengejar peforma. Namun, jika kita mengejar efisiensi, nampaknya CVT dan mesin HR10 bisa menjadi perpaduan yang menarik, itupun kalau Renault mau. Lantas, apakah Renault Triber Turbo juga akan dipasarkan di Indonesia? Sayangnya belum ada kabar terkait hal ini.

Lebih baik kita fokus menantikan pengiriman unit Renault Triber kepada konsumen yang sudah memesan di Indonesia. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: