MPV Berbasis Renault Kwid Hadir di Awal 2019, Cocok Lawan Calya Sigra?

MPV Berbasis Renault Kwid Hadir di Awal 2019, Cocok Lawan Calya Sigra?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sekitar pertengahan tahun 2018 ini ada sebuah kabar yang menarik dari Renault. Kabar ini sendiri mengarah pada sebuah produk baru yang akan berbentuk sebuah MPV. Yang main menarik, ada selentingan bahwa mobil ini akan hadir menantang Suzuki Ertiga di India, wah, berarti masuk ke segmen LMPV dong. Namun jikalau mengetahui bahwa basisnya adalah platform Renault Kwid yang dibuat oanjang, nampaknya kelas yang disasar oleh MPV ini agak satu level dibawah Suzuki Ertiga, atau yang lebih tepatnya masuk di segmen LCGC jikalau di Indonesia.

Nah, pasca isunya merebak di pertengahan tahun, dan sosoknya terlihat diuji jalan tak lama setelah itu, kini kabar terbaru menyebutkan bahwa MPV bernama Renault RBC (Kode Internal) ini sudah memasuki tahap akhir pengembangannya sebelum siap dilempar ke pasar. Yang makin menarik, pihak Renault menjadwalkan perkenalan dari Renault RBC pada bulan Januari 2019 mendatang. Beberapa bocoran mengenai mobil ini adalah panjangnya yang mencapai 4 meter, lalu secara desain akan mendapatkan desain ala Renault Kwid, namun dengan sejumlah penyesuaian pastinya. Mungkin, secara umum seperti status Honda Brio dan Honda Mobilio, atau Toyota Agya dan Toyota Calya. Sedangkan dari sisi mesin, Renault RBC juga kabarnya akn menggunakan mesin yang sama dengan Renault Kwid.

Mesin yang dimaksud ini adalah mesin 1.000cc 3 silinder. Hmmm, Pasti bakal underpower ya? Yap, pastinya, oleh karenanya pihak Renault kabarnya melakukan tuning ulang untuk mesin ini, walaupun kami masih agak pesimistis dengan hasilnya. Dengan ukuran dan juga kubikasi mesinnya, maka jelas pasar Suzuki Ertiga bukanlah pasar yang ‘setara’ untuk Renault RBC, melainkan pasar dari Datsun Go+, Toyota Calya, dan Daihatsu Sigra. Sayangnya, di India tidak ada dua nama yang kami sebutkan terakhir. Oleh karenanya, nampaknya pihak Renault pede – pede saja menantang Suzuki Ertiga. Oiya, di India sendiri pihak Renault sejatinya juga sudah memiliki sebuah MPV lainnya, yaitu Renault Lodgy yang bentuknya ya begitulah.

Interior Renault Kwid

Nah, selain mesin dan tampilan eksterior, Renault RBC juga kabarnya akan mempertahankan bentuk interior dari Renault Kwid. Bukan hal yang buruk secara desain, namun nampaknya secara build quality perlu ada peningkatan di versi MPV-nya ini. Nah, pihak Renault sendiri tak hanya akan merilis Renault RBC saja, melainkan beberapa model lainnya. Salah satunya adalah Renault Duster terbaru di pertengahan tahun 2019, dan Renault Kwid Facelift di penghujung tahun 2019 mendatang. Lalu, kalau Renault Kwid saja sampai di Indonesia, menurut kalian apakah Renault RBC akan hadir di Indonesia juga? Kalau iya, maka Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Datsun Go+ Panca akan mendapatkan rival baru.

Namun apakah Renault RBC akan bisa mengubah nasib buruk yang merundungi Renault Kwid di Indonesia? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan.

Sumber Gambar : IndianAutosBlog

Read Prev:
Read Next: