Sedan Suzuki Berbasis Toyota Corolla Hadir Di Akhir 2019

Sedan Suzuki Berbasis Toyota Corolla Hadir Di Akhir 2019
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian dengan kerjasama dari Maruti Suzuki dengan Toyota Kirloskar India? Yap, kerjasama ini sudah berjalan lebih dari 8 bulan lamanya. Lalu, apa yang menjadi output dari kerjasama ini sejatinya sudah sempat kami jabarkan. Pertama, Pihak Toyota akan menggunakan platform dari Suzuki Vitara Brezza dan Baleno untuk produk mereka, sedangkan yang kedua, Toyota akan memberi akses Suzuki untuk membangun mobil dari basis Toyota Corolla. Nah, produk yang kedua ini malah sudah ada update informasinya.

Mengutip dari laman GaadiWaadi, pihak Maruti Suzuki saat ini ternyata sudah dalam tahap pengetesan internal untuk prototipe dari sedan kompak yang dibangun dari basis Toyota Corolla. Pengetesan ini sendiri dilakukan di pusat R&D di Rohtak, Haryana. Nah, apakah berarti pihak Maruti Suzuki akan membangun sebuah sedan dengan basis TNGA? Kan Toyota Corolla terbaru sudah menggunakan basis TNGA? Jawabannya adalah Tidak. Jadi, basis pengembangan yang digunakan oleh Maruti Suzuki adalah Toyota Corolla generasi kesebelas yang berkode E170, alias Toyota Corolla Altis yang kita kenal di Indonesia. Karena pada dasarnya toh Toyota Corolla berbasis TNGA belum dijual di India.

Nah, kabarnya pihak Suzuki akan membuat tampilan dari sedan ini cukup unik, mulai dari desain bumper yang unik, dan juga grile serta velg yang disesuaikan dengan rancangan utuhnya. Sedangkan untuk interiornya kabarnya  secara mayoritas masih akan mempertahankan desain dari Toyota. Peluang ubahan dari sisi Suzuki ada di sistem infotainment, dan juga bahan pembungkus jok dan doortrim-nya. Kehadiran dari Maruti Suzuki Corolla (Belum ada namanya) ini akan mengisi kekosongan di atas kelas dari Suzuki Ciaz. Kehadiran mobil ini juga menjadi yang pertama bagi pihak Maruti Suzuki untuk masuk di segmen sedan yang lebih tinggi. Sebelumnya, pihak Suzuki juga pernah memiliki sosok Suzuki Kizashi yang sayangnya penjualannya hanya bertahan sebentar.

Untuk sektor mesin, pihak maruti Suzuk tak akan menggunakan mesin 1.800cc 2ZR-FE yang ditanamkan di Toyota Corolla, melainkan menggunakan mesin milik mereka sendiri. Mesin yang akan digunakan kabarnya adalah versi improvement dari mesin K15B milik Suzuki Ciaz dan All New Suzuki Ertiga. Selain itu, varian diesel kabarnya juga akan dipertimbangkan dengan penggunaan mesin diesel baru Suzuki berkode E15A 1.500cc yang juga sedang dalam tahap pengembangan. Dari targetnya sendiri, pihak Maruti Suzuki mematok 10.000 unit sedan berbasis Toyota ini dalam setahun. Bukan angka yang besar untuk kelas Maruti Suzuki, namun jika tercapai jelas akan memberikan masukan positif bagi pabrikan berlogo S ini.

Nah, sedan Maruti Suzuki berbasis dari Toyota Corolla ini akan hadir di penghujung tahun 2019 mendatang, alias satu tahun ke depan. Kita tunggu saja seperti apa sosok sedan dari Suzuki ini, akankah ubahannya lebih menggugah daripada sebuah Toyota Corolla yang kita kenal, atau malah tidak.

Read Prev:
Read Next: