Renault Siapkan Mesin 1.000cc Turbo Untuk Triber

Renault Siapkan Mesin 1.000cc Turbo Untuk Triber
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun sempat ditebar gosip palsu mengenai batalnya Renault Triber ke Indonesia, namun nama Renault Triber telah sukses menaikkan kembali nama Renault di kancah otomotif Indonesia beberapa waktu silam, apalagi di India. Nah, sambil menantikan kapan unit Renault Triber untuk konsumen umum sampai di tanah air, ada sedikit update menarik mengenai MPV murah dari pabrikan asal Perancis tersebut. Seperti yang kalian baca di judul, pihak Renault sedang menyiapkan mesin Turbo untuk MPV mungil ini.

FYI, untuk saat ini pihak Renault hanya menjual Renault Triber dalam opsi mesin 1.000cc 3 silinder naturally aspirated dengan opsi transmisi manual dan AMT. Nah, pemilihan mesin ini tentunya membuat beberapa orang mengernyitkan dahi, karena kita tahu bahwa sebuah MPV membutuhkan mesin yang kuat untuk memboyong penumpang. Apalagi Renault Triber juga menyematkan embel – embel 5+2 seater yang artinya mampu memuat 7 orang. Tentunya mesin 1.000cc 3 silinder yang disematkan di Renault Triber terlihat underpower, tetapi saat kami ke India bulan November silam, kami menjadi saksi hidup dimana Renault Triber mampu memuat lebih dari 7 orang.

Sebagai gambaran, 2 orang duduk di depan plus driver, jadi 3 orang di baris pertama, lalu 5 orang di baris kedua, dan 3 orang di baris belakang. Total 11 orang mampu dimuat di Renault Triber yang kami temui di sekitaran Maharashtra, India tersebut. Oke, cukuo intermezzo-nya, kembali ke mesin turbo. Renault Triber bermesin turbo sendiri akan dijual oleh pihak Renault di tahun 2020 mendatang, dan akan dijual berdampingan dengan versi mesin n/a. Jadi, nampaknya mesin turbo ini akan membuka segmen baru dari Renault Triber, yang mana tentunya memiliki harga jual lebih tinggi.

Mesin BR10 1.000cc 3 Silinder n/a

Untuk mesin yang digunakan saat ini, tenaga puncak yang berhasil dihasilkan ada di angka 72 hp dan torsi 96 Nm. Sedangkan untuk Renault Triber Turbo nantinya diprediksikan akan mampu menghasilkan tenaga maksimal 95 hp, atau mendekati angka tersebut. Mesin ini sendiri kabarnya akan memiliki kode HR10, yang mana merupakan versi downsize dari HR13 yang juga menggunakan turbo. Sedangkan untuk standar emisi, kabarnya mesin Turbo di Renault Triber ini nantinya sudah sesuai dengan standar BSVI yang akan diterapkan per tahun 2020 mendatang di India. Tentunya menarik untuk menantikan versi turbo dari Renault Triber ini.

Kalau menurut kalian, pihak Renault Indonesia lebih mending memasukkan Renault Triber biasa atau Renault Triber Turbo?

Sumber : AutoCarIndia

Read Prev:
Read Next: