7 Hal Sederhana Sebelum Meninggalkan Mobil Untuk Liburan

by  in Serba 7&Tips
7 Hal Sederhana Sebelum Meninggalkan Mobil Untuk Liburan
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhir tahun 2018 segera menghampiri kita, dan yang jelas, dalam beberapa hari ke depan liburan sudah siap menyambut kita sebelum akhirnya berganti tahun ke 2019. Nah, siapa yang sudah merencanakan liburan? Apakah kalian berlibur menggunakan kendaraan pribadi, atau malah menggunakan moda transportasi lainnya? Tentunya banyak variasinya. Nah, di kesempatan kali ini kami dari tim Redaksi AutonetMagz ingin berbagi tips ringan kepada kalian yang berlibur dan harus meninggalkan kendaraan kalian di rumah ataupun di airport maupun stasiun. Apa saja tips yang akan kami bagikan? Yuk kita bahas satu persatu.

1. Keamanan Kendaraan

Nah, tips pertama jelas adalah perihal keamanan dari kendaraan. Hal ini menjadi hal utama dan terutama saat kalian harus meninggalkan kendaraan kalian selama liburan. Pastikan kendaraan kalian terparkir di lokasi yang aman, jikalau kalian tinggal kendaraan kalian di rumah, maka pastikan mobil terkunci, dan pintu pagar atau garasi rumah kalian terkunci dengan rapat. Jangan segan untuk meminta bantuan pada keamanan sekitar untuk mengecek kondisi rumah kalian selama kalian berlibur.

Sedangkan bagi kalian yang menitipkan kendaraan di lokasi – lokasi parkir umum, maka pastikan lokasi parkir yang kalian pilih tergolong aman, dan terpercaya. Terkhusus bagi kalian yang memarkirkan kendaraan di airport maupun stasiun, sangat penting untuk mengingat lokasi kalian menempatkan kendaraan kalian. Tidak lucu kalau kalian pulang liburan dan lupa dimana lokasi kalian menempatkan kendaraan kalian. Selain itu, penggunaan alat keamanan tambahan seperti kunci setir juga layak kalian pertimbangkan.

2. Jangan Gunakan Rem Parkir

Nah, tips kedua ini sifatnya lebih tentatif. Sejatinya, jika kendaraan kalian tinggal dalam waktu yang lama, maka lebih baik kalian tak menggunakan rem parkir. Karena penggunaan rem parkir dalam waktu yang lama akan berpotensi merusak piringan cakram dari mobil kalian. Selain itu, akan ada gejala lengket antara minyak dengan piringan rem mobil kalian. Nah, jika kondisi memungkinkan, kalian bisa menggunakan pengganjal di roda kalian seperti batu bata ataupun benda berat lainnya.

Namun sekali lagi, sifatnya tentatif, karena akan bergantung lokasi kalian memarkirkan kendaraan kalian, dan berapa lama kalian bepergian. Jika lokasi tidak memungkinkan untuk sekedar mengganjal roda dengan batu, maka jelas demi keamanan mobil kalian, maka penggunaan rem parkir harus kalian lakukan. Selain itu, jika ternyata kalian hanya berpergian semalam saja, tak ada masalah menggunakan rem parkir. Eh, tapi kalau semalam apa dihitung liburan ya?

3. Kebersihan Mobil

Ada baiknya kalian memperhatikan sisi kebersihan dari mobil kalian sebelum kalian tinggalkan dalam waktu yang cukup lama. Hal sepele ini biasanya dianggap remeh oleh beberapa orang dengan beberapa excuse, seperti ‘Ah, bakal ditinggal juga, toh bakal kotor’, ataupun ‘Nggak ada yang pakai juga, kotor juga nggak apa apa’. Namun ingatlah, segala yang tak bersih berpotensi menimbulkan penyakit, apalagi untuk bagian interior kendaraan. Plus, kalian akan meninggalkan mobil dalam waktu lama, sehingga interior praktis akan terisolasi dan pengap.

Di kondisi tersebut, ada resiko bertumbuhnya bakteri – bakteri di dalam interior mobil kalian, dan tentunya kalian tak mau kan kabin mobil kalian jadi berkuman dan kotor. Nah, sempatkan untuk membersihkan mobil kalian sebelum bepergian, sehingga kabin mobil kalian tetap aman dan nyaman dari penyakit.

4. Copot Aki?

Salah satu ritual yang nampaknya sudah sangat mendunia sebelum meninggalkan mobil dalam waktu lama adalah melepas sanbungan aki mobil. Nah, langkah semacam ini sejatinya sah – sah saja dilakukan, namun kalian juga perlu melihat kondisi mobil kalian. Jika aki dari mobil kalian masih baru, atau berada dalam kondisi prima, kalian tak perlu repot – repot melepas sambungan aki kalian. Toh kondisi mobil yang mati tak akan menguras aki mobil kalian sampai tekor, apalagi hanya ditinggal liburan.

Namun, sekali lagi, bagian ini sangat bergantung pada kondisi aki mobil kalian. Beda ceritanya jika kalian sudah pernah bermasalah dengan aki yang kalian gunakan, dan belum sempat menggantinya sebelum pergi berlibur. Jika kondisinya semacam itu, kalian bisa melepas sambungan aki dari mobil kalian.

5. Cek Kondisi Menyeluruh

Ada baiknya jika kalian mengecek terlebih dahulu kondisi terakhir dari mobil kalian sebelum kalian tinggalkan untuk berlibur. Mulai dari kondisi mesin, hingga sisa BBM. Nah, khusus untuk BBM, kalian perlu mengisi tangki BBM dari mobil kalian dengan secukupnya, jangan sampai nantinya setelah kalian tinggal cukup lama malah kondisi BBM kalian berkurang dan mobil tak bisa kalian nyalakan. Selain itu, beberapa kondisi lain seperti tekanan angin pada ban juga akan sangat penting untuk kalian perhatikan.

6. Selimuti Saja

Nah, jikalau mobil kalian sudah bersih, dan seluruh komponen sudah kalian cek, ada baiknya juga kalian menutupi mobil kalian dengan selimut. Bukan selimut yang ada di kamar kosan kalian tentunya, namun cover mobil. Penggunaan Cover mobil bisa melindungi dari cipratan hujan yang masuk ke garasi kalian, ataupun kotoran burung yang tiba – tiba jatuh di atas mobil kalian. Apalagi jika kalian memarkirkan kendaraan di luar rumah, maka jelas cover mobil bisa berperan banyak untuk menjaga mobil kalian tetap bersih.

7. Titipkan Saja

Nah, jikalau kalian masih belum yakin bahwa keamanan dari kendaraan kalian cukup terjaga selama kalian tinggal berlibur, maka kalian bisa titipkan saja kendaraan kalian ke orang yang kalian percayai. Bisa saudara, sahabat, teman, pacar, selingkuhan ataupun mantan kalian. Namun ingat, orang yang kalian titipi harus bisa kalian percaya, jangan sampai malah menjadi masalah jika nantinya mobil kalian rusak atau dibawa kabur.

Nah, itulah 7 tips ringan yang bisa kami bagikan ke kalian jikalau kalian ingin meninggalkan kendaraan dalam waktu yang cukup lama untuk berlibur. Mungkin kalian juga bisa menambahkan tips lainnya yang tokcer untuk kasus ini. Kalian bisa komen di bawah dan sampaikan pengalaman kalian. Selamat Libur Akhir Tahun.

Read Prev:
Read Next: