Aspark Owl, Janji Akselerasi 0-100 Tak Sampai 2 Detik!

Aspark Owl, Janji Akselerasi 0-100 Tak Sampai 2 Detik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kala membahas terobosan baru di dunia supercar atau hypercar berkecepatan tinggi, biasanya merek Eropa adalah pemain lama yang paling kompeten. Jepang, sebagai negara yang terkenal dengan mobil-mobil keluarga atau mobil kecil yang praktis, irit, mudah dikendarai dan tahan lama jarang terlihat berada di atas panggung persaingan merebutkan tahta performa kelas dunia. Benarkah? Dulu mungkin iya, tapi sekarang tidak.

Perkenalkan Aspark, perusahaan baru asal Jepang yang namanya tidak Jepang banget. Model pertama mereka adalah Aspark Owl, hypercar bertenaga listrik mereka adalah produk pertama yang langsung diperkenalkan kepada dunia lewat Frankfurt Motor Show. Okelah, sebenarnya Aspark bukan perusahaan baru, karena mereka sudah malang melintang di Jepang soal pembuatan alat medis dan robotik.

Dengan kemampuan itu, Aspark sontak berani membuat Owl. Bukan sekedar membuat, namun mereka langsung mempertaruhkan hasil kerja mereka dengan berkata kalau ia bisa jadi mobil dengan akselerasi tercepat di dunia. Aspark Owl diklaim bisa lari dari 0-100 dalam waktu kurang dari 2 detik. Jika benar dan terbukti, maka itu adalah aksi yang sadis. Bugatti Chiron dan Tesla pun bisa keok jika klaim itu nyata.

Saat ini sudah ada video yang menunjukkan prototipe sasis Aspark Owl yang sedang dites akselerasinya. Kelihatan bahwa dari posisi diam dan saat start, mobil ini memang kencang. Sayang, susah mengukurnya karena tidak ada tampilan kecepatan, dan adanya sedikit decitan ban saat start bakal jadi PR Aspark ke depannya. Ingat, kala ban berdecit terlalu banyak, berarti ada tenaga yang terbuang dan itu tidak bagus jika serius mau mengejar 0-100 di bawah 2 detik.

Perawakan Aspark Owl sendiri memang tidak biasa, seperti ada unsur-unsur Fisker Karma dan Ferrari jadul di sini. Bodinya pun sangat rendah, dengan tinggi maksimal hanya 39 inci saja. Kelihatannya bakal tidak nyaman buat duduk di dalam, sebab Aspark memastikan bodi ini bisa mengalirkan udara selancar mungkin. Seperti mobil-mobil McLaren dan BMW i8, Aspark Owl memakai bukaan butterfly doors.

Aspark Owl yang dipajang di Frankfurt tidak memakai spion konvensional, namun ada sepasang kamera sebagai penggantinya. Aspark sudah membuat Owl dari tahun 2014, tapi baru sekarang bisa dipamerkan. Bagaimana soal rencana penjualan dan pemasaran Owl? Aspark baru akan mengumumkannya di lain waktu, mungkin karena mereka masih butuh waktu untuk menyempurnakan Owl. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: