Beli Mobil Listrik di Korea Dapat Subsidi Mulai 250 Jutaan!

Beli Mobil Listrik di Korea Dapat Subsidi Mulai 250 Jutaan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Semakin kesini, semakin banyak Pemerintah di Negara maju dan berkembang yang mengarahkan masyarakat mereka untuk beralih ke mobil listrik. Ada banyak cara yang diambil, seperti memberikan subsidi khusus, memberi keistimewaan pajak ataupun aturan pada mobil listrik, dan banyak lainnya. Nah, salah satu yang cukup mencengangkan adalah Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan memberikan subsidi khusus untuk mobil listrik & hydrogen fuel cell. Yang menarik, jumlah subsidinya mencapai ratusan juta Rupiah.

EV Dapat 242 Juta Rupiah, Hidrogen 478 Juta Rupiah

Dikutip dari Pulse, Pemerintah Korea Selatan dikabarkan segera menawarkan subsidi sebesar 19 juta Won atau setara 242 jutaan Rupiah. Subsidi ini akan diberikan kepada publik Korsel yang membeli mobil listrik di tahun 2021 ini. Sedangkan mereka yang membeli mobil hidrogen fuel cell akan mendapatkan subsidi mencapai 37,5 Juta Won atau setara 478 jutaan Rupiah. Langkah ini dilakukan oleh Pemerintah Koresel untuk memberikan rangsangan pada publik agar beralih ke kendaraan ramah lingkungan. Pemerintah Korsel mengatakan bahwa pihaknya menargetkan 136 ribu unit mobil listrik dan hidrogen akan terjual di tahun ini.

Kebijakan subsidi ini didukung pembiayaan sebesar 1.02 Tiliun Won untuk 121 ribu unit EV dan 365,5 Milyar Won untuk 15.000 unit mobil hidrogen. Targetnya, tahun 2021 ini akan ada peningkatan sebesar 21,4% untuk mobil listrik dan 49,2% untuk mobil Hidrogen di Korsel. Selain memberikan subsidi, Pemerintah Korsel juga menyiapkan 31,500 unit charging system dan 54 unit stasiun pengisian Hidrogen di seluruh pelosok negerinya. Subsidi yang bersifat fantastis ini merupakan bagian dari inisiatif Pemerintah Korsel untuk energi terbarukan, infrastuktur dan industri ramah lingkungan yang baru dicanangkan bulan Juli 2020 silam.

Hyundai Kona EV & KIA Niro Dominan

Nah, dari sejumlah mobil listrik dan hidrogen di Korsel, pabrikan lokal mendominasi pasar. Hyundai Kona EV dan KIA Niro adalah salah dua produk ramah lingkungan yang menikmati indahnya subsidi tersebut. Sedangkan Hyundai Nexo juga ikut menikmati manisnya subsidi untuk segmen Hidrogen fuel cell. Lantas, apakah subsidi ini sifatnya pukul rata? Tentu tidak. Mobil dengan jarak tempuh yang lebih tinggi akan menerima subsidi yang lebih besar. Sebagai contoh, Hyundai Kona dengan range yang lebih tinggi dibandingkan KIA Niro mendapatkan subsidi yang lebih besar. Hyundai Kona EV dengan 12 juta Won, sedangkan KIA Niro dengan 11,7 juta Won.

Selain itu, Pemerintah Korsel juga mengklasifikasikan EV dan mobil Hidrogen berdasarkan harga. Mobil dengan harga antara 60 hingga 90 juta Won hanya mendapatkan 50% dari subsidi. Sedangkan mobil di atas 90 juta Won tidak menerima subsidi. Salah satunya adalah Tesla model S. Subsidi juga akan ditingkatkan untuk unit yang beroperasi sebagai taksi, bus, dan truk sehingga bisa mendukung UKM di sana. Jadi, apa pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: