Rapor Penjualan Sedan 2022 : City Berjaya, Vios Nyungsep, Mazda & MG Naik!

by  in  Berita & Honda & Mazda
Rapor Penjualan Sedan 2022 : City Berjaya, Vios Nyungsep, Mazda & MG Naik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Ada pepatah bahwa roda itu berputar, kadang berada di atas, kadang harus terima saat berada di bawah. Dan hal yang sama juga terjadi di segmen sedan di Indonesia, atau mungkin juga secara global. Dahulu segmen sedan sangat dipuja di Tanah Air, bahkan identik dengan status ekonomi yang tinggi. Namun sekarang? Penjualannya tidak terlalu menggembirakan. Dan kali ini, tim AutonetMagz telah menganalisis data penjualan sub compact sedan di Indonesia. Siapa juaranya? Sudah terlihat di judul di atas.

Honda City Laris Manis, Mazda & MG Ngikut

Yap, Honda City Sedan yang eksistensinya masih terus dipertahankan oleh Honda Prospect Motor (HPM) menjadi kampiun di segmen sub compact sedan tahun lalu. Honda City Sedan berhasil mencatatkan wholesales sebanyak 630 unit. Sebuah capaian yang positif mengingat mobil ini juga terbilang jarang terlihat di jalanan. Capaian tersebut juga membuat Honda City bercokol di posisi pertama dalam hal penjualan sedan mungil di tahun lalu. Dan uniknya lagi, Honda City berstatus CBU Thailand dan hanya dijual dengan 1 trim saja. Lantas, bagaimana seteru abadinya yaitu Toyota Vios? Apakah Toyota Vios menduduki posisi kedua dalam perhelatan kali ini?

Nyatanya, Tidak. Posisi kedua secara mengejutkan diisi oleh sang pendatang baru yaitu MG 5 GT. MG 5 GT dengan bentuk yang atraktif dan opsi harga yang menggiurkan berhasil membukukan penjualan wholesales sebanyak 319 unit. Angkanya memang terpaut cukup jauh ketimbang Honda City, namun ada satu faktor penting yang harus digaris bawahi. MG 5 GT baru dijual di paruh kedua tahun 2022 kemarin, alias sekitar bulan Juli 2022. Kalaupun MG 5 GT sudah dijual sejak awal tahun, bukannya tidak mungkin angkanya bisa lebih tinggi. Lantas, posisi ketiga diisi oleh pendatang baru rasa lama yaitu Mazda2 Sedan. Mazda2 Sedan rakitan Thailand berhasil terjual secara wholesales sebanyak 274 unit. Dan mobil ini juga baru dijual sejak bulan Juli 2022 lho.

Toyota Vios Nyungsep, Kok Bisa?

Lalu, kemana Toyota Vios? Bukankah Toyota malah memperkenalkan generasi terbaru dari Toyota Vios pada kuartal terakhir tahun lalu? Nyatanya, Toyota Vios harus puas di posisi terakhir dengan capaian hanya 250 unit saja. All New Toyota Vios baru didistribusikan ke diler di bulan November dan Desember 2022 dengan angka total 97 unit saja. Sedangkan bulan September hingga Oktober tidak tercatat pengiriman unit Toyota Vios sama sekali. Pun begitu dengan bulan Januari hingga Agustus 2022 yang angkanya minim. Toyota sendiri punya alasan kuat terhadap kondisi ini. Saat peluncuran All New Toyota Vios, Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy membeberkan alasannya.

Beliau menyatakan bahwa sejak awal tahun 2022 kemarin, pihak Toyota sudah mulai mengerem produksi Toyota Vios model lawas. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan versi terbaru dari Toyota Vios. All New Toyota Vios sendiri diproduksi di pabrik Toyota di Thailand, bukan lagi dirakit lokal di Indonesia. Jadi, seluruh pemain di segmen sub compact sedan bersifat CBU. Dan ini menjadi bukti bahwa segmen ini terus mengecil. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: