Perang Segmen Sedan : Honda Civic Turbo Kalahkan Toyota Camry

by  in Audi&Berita&BMW
Perang Segmen Sedan : Honda Civic Turbo Kalahkan Toyota Camry
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara mengenai sebuah sedan di Indonesia, maka kita akan bicara mengenai sebuah segmen mobil yang selalu dianggap sebagai produk ‘mevvah’. Yap, sedan, mau kecil mau besar, tetap dianggap barang mewah oleh pemerintah Indonesia, dan hal ini tergambar dari bedanya pajak yang diberikan pada produk model ini.

Namun walaupun punya skema pajak yang diatas segmen lain, nyatanya sedan masih juga laku di Indonesia, walau tak banyak. Dan kali ini, kami akan menyampaikan perolehan penjualan dari sedan – sedan yang ada di Indonesia. Data ini sendiri merupakan data wholesales dari Gaikindo selama tahun 2017 kemarin. Dan jawara dari sedan – sedan yang dijual di Indonesia, baik premium dan non-premium adalah Honda Civic Turbo. Yap, mobil yang ikut menikmati tren downsizing ini berhasil membukukan angka sebesar 1.317 unit alias 17,32% dari penjualan total sedan di Indonesia tahun lalu.

Di posisi kedua adalah Toyota Camry yang berhasil mencatatkan angka 1.128 unit sepanjang tahun lalu, disusul oleh jagoan lain dari Honda yaitu Honda City yang berhasil terkirim ke dealer sebanyak 984 unit. Masuk ke posisi keempat, adalah rival abadi dari Honda City, yaitu Toyota Vios yang berhasil membukukan angka 746 unit. Posisi kelima, secara mengejutkan diisi oleh merk Premium asal Jerman yaitu BMW. BMW dengan BMW 3-series berhasil terkirim ke dealer sebanyak 683 unit sepanjang tahun 2017 kemarin. Angka ini mengungguli Toyota Altis yang hanya berselisih sedikit dengan angka 648 unit sepanjang 2017.

Mercedes-Benz C-Class yang merupakan seteru abadi dari BMW 3-Series harus puas berada di posisi ketujuh dalam penjualan wholesales ini, karena hanya berhasil mencatatkan angka sebesar 363 unit sepanjang 2017 kemarin. Posisi kedelapan diisi oleh Mazda 6 yang sukses mencatatkan angka tipis dengan jagoan asal Jerman, yaitu sebanyak 354 unit. Posisi kesembilan dan kesepuluh ditempati oleh BMW 5-Series dengan catatan angka 328 unit dan juga Medium sedan dari Honda, yaitu Honda Accord dengan catatan angka 295 unit. Praktis, sedan – sedan lain yang belum kami sebutkan berada diluar sepuluh besar, dan penjualannya tak mencapai 300 unit sepanjang tahun 2017 kemarin.

Ada nama – nama seperti Suzuki Ciaz yang hanya terjual 30 unit lalu Nissan Teana yang membukukan 35 unit dan juga Audi A4 yang terkirim cuma 13 unit. Namun memang kesemuanya hanya menyumbangkan angka yang minor dalam keseluruhan penjualan Sedan di Indonesia, alias tak mencapai 1% dalam marketshare. Seharusnya segmen ini bisa bertumbuh lebih baik di tanah air, asalkan pajaknya bisa setara dengan segmen seperti hatchback dan MPV. Pemerintah sendiri nampaknya sudha mulai melihat dan menggodok perubahan regulasi ini kedepannya. Bagaimana menurut kalian? Apakah jagoan kalian masuk di 10 besar? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: