Puluhan Ribu BMW R1200GS Di Recall, Suspensi Bermasalah

by  in Berita&BMW&BMW Motorrad
Puluhan Ribu BMW R1200GS Di Recall, Suspensi Bermasalah
0  komentar

AutonetMagz.com – Gelombang recall  pada kendaraan roda dua terdengar kembali, dan kali ini mencatut nama besar dari pabrikan asal Jerman, BMW Motorrad. Kampanye recall ini sendiri dilakukan secara global dan jenis motor yang terdaftar dalam recall ini sendiri adalah moge petualang milik BMW Motorrad, yaitu BMW R1200GS.

Dan ternyata tak tanggung – tanggung, ada sebanyak 150.000 unit BMW R1200GS yang harus kembali mampir ke bengkel resmi BMW Motorrad untuk mengikuti kampanye recall. Dan tak hanya BMW R1200GS saja, varian BMW R1200GS Adventure juga memiliki nasib yang sama. tentunya recall yang dilakukan bukannya tanpa sebab. Adalah komponen suspensi depan atau fork stanchions yang mengalami masalah dan perlu dilakukan penggantian dengan komponen yang baru.

Pihak BMW Motorrad sendiri telah melakukan investigasi lebih dalam terhadap permasalahan ini sebelumnya. Dan hasilnya, pihak BMW Motorrad mengklaim bahwa tabung suspensi depannya cukup rentan jika menghadapi tekanan yang tinggi. Dan kondisi ini diperkirakan oleh BMW Motorrad tak akan disadari oleh para penggunanya. Tekanan tinggi disini adalah tekanan yang terjadi saat motor melintasi jalanan yang terjal ataupun saat adanya kondisi kecelakaan yang membuat motor terjatuh. Selain itu tekanan tinggi lainnya juga mungkin terjadi saat motor melewati lubang dengan kecepatan yang tinggi.

Kondisi – kondisi yang berpeluang menciptakan tekanan yang tinggi pada suspensi depan tersebut akan membuat potensi kerusakan pada suspensi depan semakin tinggi. Kerusakan tersebut akan membuat celah diantara pipa dan penutup sumbatan pada suspensi depan. Dan tentunya kondisi ini akan meningkatkan resiko kecelakaan maupun cedera pada penggunanya, sehingga pihak BMW Motorrad bergerak cepat untuk mengantisipasinya. Dan kepada seluruh pemilik dari BMW R1200GS, pihak BMW Motorrad akan menginformasikan secara langsung melalui jaringan resminya di seluruh dunia.

Kampanye recall ini sendiri nantinya akan mengecek dan memperbaiki ataupun mengganti komponen secara cuma – cuma. Untuk jaringan BMW Motorrad di tanah air sendiri, belum ada informasi yang dirilis terkait masalah ini. tentunya cepat atau lambat pihak BMW Motorrad akan segera merilis informasi terkait hal ini. Bagaimana menurut kalian? Ada yang merupakan owner BMW R1200GS disini? Sampaikan pendapat kalian ya.

Read Prev:
Read Next: