INEOS Grenadier : SUV Ala Defender Klasik Bermesin BMW

by  in Berita&BMW&BMW
INEOS Grenadier : SUV Ala Defender Klasik Bermesin BMW
0  komentar

AutonetMagz.com – Ada yang pernah mendengar Project Grenadier? Kalau kalian belum pernah mendengarnya, kalian bisa baca dahulu proyek ini di artikel kami sebelumnya supaya kalian bisa mengenal dahulu produk ini. Nah, kami sempat membahasnya tahun lalu, dan kini versi riil dari Project Grenadier pun sudah muncul. Inilah sosok INEOS Grenadier, sebuah SUV dan double cabin yang memiliki bentuk mengotak bak Land Rover Defender, namun berjantung BMW. Mari kita kupas.

Jadi, sedikit flashback, Project Grenadier diinisiasi oleh sebuah perusahaan bernama INEOS yang merupakan sebuah perusahaan multinasional asal Inggris. INEOS Automotive diprakasai oleh Sir Jim Ratcliffe yang merupakan seorang penggemar berat Land Rover Defender. Nah, saat JLR menyuntik mati Defender lawas, Sir Jim Ratcliffe dan beberapa temannya ‘meratapi’ keputusan itu di sebuah bar bernama Grenadier. Dan dari sanalah muncul ide untuk ‘menghidupkan kembali’ Defender dengan cara mereka sendiri. Secara bentuk, kalian bisa perhatikan bahwa SUV ini kotak, walaupun tarikan garisnya sudah membulat.

Tampangnya cukup macho dengan wajah mengotak, lampu bulat, fender tebal dan body boxy. Selain versi SUV, INEOS Grenadier juga ada versi double cabin, persis sekali dengan Defender. “Proyek Grenadier dimulai dengan mengidentifikasi adanya kekosongan di pasar yang dibiarkan oleh sejumlah pabrikan, yaitu kendaraan off-road utilitarian”, ungkap Sir Jim Ratcliffe. Beliau juga menyatakan bahwa kondisi ini membuat mereka ingin memberikan blueprintengineering mereka untuk membuat sebuah kendaraan 4×4 yang kuat, tahan lama, dan bisa diandalkan di lingkungan yang tidak bersahabat. INEOS Grenadier sendiri dipastikan menggunakan rangka ladder frame dan suspensi lansiran Magna Steyr, Austria.

Yap, INEOS Grenadier akan dikembangkan bersama dengan Magna Steyr yang akan melakukan pengujian hingga 1,8 juta km untuk SUV ini. FYI, Magna Steyr memiliki cukup pengalaman mengembangkan produk sejenis ini, karena mereka juga memproduksi Mercedes-Benz G-Class sejak 1979 hingga saat ini. Apakah INEOS Grenadier akan bernuansa Mercy G-Class? Tidak juga, karena mesin yang digunakan malah mesin BMW 6 silinder 3.000cc Turbo. Mesin ini akan dipadukan dengan transmisi ZF 8 percepatan. Oiya, INEOS Grenadier juga akan dibekali center differential mekanikal dengan fungsi locking yang dihadirkan secara opsional.

INEOS Grenadier sendiri akan mulai dijual per tahun depan dengan harga jual mulai 30 ribu USD atau setara 431 jutaan Rupiah. Menarik kan melihat SUV macho ala Defender dengan mesin BMW dan diproduksi di pabrik yang berpengalaman memproduksi G-Class. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: