Inilah Rival Toyota Fortuner dari Tiongkok, Yay or Nay?

Inilah Rival Toyota Fortuner dari Tiongkok, Yay or Nay?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pernah dengar merek SAIC? Merek mobil China, jadi mungkin kurang familiar, tapi bagaimana dengan Wuling? Cukup familiar kan, apalagi kalau baru pulang dari PRJ Kemayoran. Nah, SAIC ini masih satu atap dengan Wuling, dan mereka akan meluncurkan sebuah SUV ladder frame baru tanggal 8 Agustus nanti di China. Kalau disamakan dengan mobil di sini, targetnya adalah Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Chevrolet Trailblazer dan Isuzu MU-X.

Mobil inilah yang kita bicarakan. Namanya LDV D90, dan secara ukuran ia sudah sangat pas disandingkan dengan Fortuner cs. Panjangnya 5.005 mm, lebarnya 1.932 mm, tingginya 1.875 mm dan sumbu rodanya 2.950 mm. Sekilas pandang, sama sekali tidak kelihatan seperti mobil China, malah lumayan mewah. Lampu LED, projector lens, knalpot ganda segala macam ada di sini. Peleknya besar, membuat fendernya padat berisi.

Kenapa mobil ini memakai logo Maxus? Karena memang mobil ini adalah realisasi dari Maxus D90 Concept. Interiornya? Mewah, tapi desainnya sangat “plek” dengan interior sebuah BMW. Material pun nampaknya oke punya, namun sayang mereka tak punya desain original buat interiornya. Layar head unit, kisi AC, tombol-tombol, kenop pengatur, tuas persneling, bahkan glovebox-nya pun mirip BMW punya. Setir dan doortrim sih untuknya tidak mirip BMW. Oh ya, panel instrumennya digital.

Nantinya, LDV D90 akan dijual dalam berbagai konfigurasi jok : 5-seater, 6-seater dan 7-seater. Menurut Autohome, ia akan mengusung mesin bensin 2.000 cc 4 silinder turbo dengan tenaga 224 hp dan torsi 350 Nm untuk pasar lokal China. Semua SUV ladder frame di sini langsung terasa tidak bertenaga, meski torsinya jelas masih kalah sedikit. Girboksnya manual 6 percepatan. Tidak buruk kan?

Selain di China, LDV D90 akan diekspor ke Australia. Untuk spek Aussie, mesinnya diperkirakan akan diganti mesin diesel 2.200 cc atau 2.800 cc, tapi belum tahu yang mana yang sudah pasti. Yang sudah bisa dipastikan adalah versi Australia akan diperkaya dengan girboks otomatis dan penggerak 4WD. Nah, apa opinimu sekilas mengenai si SAIC LDV D90 ini? Sampaikan di kolom komentar!

Photo source : Autohome

Read Prev:
Read Next: