Proton Iriz 2017 Diperkenalkan di Malaysia, Varian Dikurangi

Proton Iriz 2017 Diperkenalkan di Malaysia, Varian Dikurangi
0  komentar

AutonetMagz.com – Mendengar nama pabrikan Proton, mungkin berita yang akhir  – akhir ini terkait dengan nama tersebut adalah perihal diakuisisinya 49 persen saham Proton oleh pabrikan Cina, Geely. Ditengah berlangsungnya proses transisi dengan keberadaan Geely, Proton menyempatkan merilis jagoannya di kelas Hatchback, yaitu Proton Iriz 2017.

Proton Iriz 2017 mendapatken beberapa ubahan, namun yang sangat mencolok adalah pengurangan varian dari Proton Iriz 2017 yang awalnya ada delapan varian menjadi hanya 4 varian. Kelima varian dari Proton Iriz 2017 tersebut adalah varian 1.300cc Standar Manual, varian 1.300 cc Standar CVT, varian 1.300 cc Executive CVT, serta varian tertinggi yaitu varian 1.600 cc Premium CVT. Proton Iriz 2017 dijual dengan rentang harga 43.800 Ringgit Malaysia atau sekitar 136,5 Juta Rupiah hingga 58.800 Ringgit Malaysia atau sekitar 183,2 Juta Rupiah.

Harga yang ditawarkan Proton Iriz 2017 tersebut termasuk asuransi dan juga garansi yang mencapai lima tahun ataupun 150.000 km. Proton Iriz 2017 juga mendapatkan warna baru yaitu Ruby Red dan Carnelian Brown. Pihak Proton mengklaim bahwa peningkatan dalam hal kekedapan kabin, getaran mesin, dan tingkat kekerasan mobil dilakukan pada Proton Iriz 2017 ini. Beberapa hal yang diubah antara lain mengurangi jumlah engine mounts dari empat buah menjadi tiga, knalpot baru lansiran Faurecia, dan penyekatan suara yang diklaim lebih baik. Dengan peningkatan tersebut, Proton mengklaim Proton Iriz 2017 lebih kedap 5 desibel.

Dari sisi eksterior tak banyak ubahan yang terjadi, hanya saja Proton Iriz 2017 mendapatkan grille baru berwarna hitam. Untuk varian tertingginya, yaitu Proton Iriz 1.6 Premium CVT, eksterior yang ditawarkan menggunakan model dual tone dengan pemberian warna hitam di cover spion, atap, dan juga di rear spoiler. Sedangkan jika masuk ke interior, maka ada beberapa detail yang berubah. Pertama ada instrument cluster yang di desain ulang dengan indikator ECO untuk varian bertransmisi CVT.

Selain itu, untuk varian transmisi CVT juga mendapatkan tuas persneling baru dengan knop yang berada di sisi kanan dari tuas. Selain itu, bahan pembungkus jok juga diperbaharui dengan bahan fabric berwarna abu – abu yang bermotif warna biru dan merah lengkap dengan jahitan berwarna merah. Sedangkan untuk versi 1.6 Premium, Proton Iriz mendapatkan beberapa aksen kulit yang dipadukan dengan fabric, padahal generasi sebelumnya mendapatkan pelapisan full kulit.

Sistem infotainment yang disandang oleh Proton Iriz 2017 juga diklaim baru, dengan Smart E-Link screen Mirroring. Sayangnya, beberapa fitur lain yang dimiliki Proton Iriz 2017 antara lain adalah lampu otomatis, auto-folding mirror, dan auto up pada sisi pengemudi dihilangkan di generasi ini. Disisi lain, Proton Iriz 2017 mendapatkan LED DRL, body kit baru, rear spoiler yang besar, velg 15 inci dual tone, dan audio steering switch control. Selain itu fitur keyless entry, start stop button dan konektivitas Bluetooth juga menjadi opsi di beberapa variannya.

Urusan keamanan, Proton Iriz 2017 mendapatkan dual airbags, ABS, EBD, BA, stabillity control, hill-start assist, front seat-belt reminder, dan ISOFIX. Untuk varian 1.6 Premium mendapatkan side and curtain airbags, dan seatbelt reminders untuk kesemua bangku penumpang. Mesin Proton Iriz 2017 masih sama dengan generasi sebelumnya, 1.300cc VVT empat silinder dengan tenaga 94 hp pada 5.750 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan mesin 1.600 cc milik Proton Iriz 2017 mampu memproduksi tenaga 107 hp pada 5.750 rpm dan torsi 150 Nm pada 4.000 rpm.

Dengan tambahan beberapa pemanis dan juga tampilan baru tentu Proton Iriz 2017 menarik saat dilihat mata, namun sekali lagi, ada beberapa pengurangan fitur dan kemewahan yang memang tidak berpengaruh besar, namun tentu mengurangi nilai tambahnya. Di Indonesia sendiri, Proton Iriz masih belum terlihat geliatnya di pasar otomotif tanah air, Proton Iriz yang masuk ke Indonesia sendiri bukan merupakan varian yang terbaik, sehingga cukup susah meraih hati para konsumennya di tanah air.

Sumber Foto : Paultan.org

Read Prev:
Read Next: