MITI: Ada 14 Proposal Untuk Projek Mobil Nasional Baru Malaysia

by  in Berita&International
MITI: Ada 14 Proposal Untuk Projek Mobil Nasional Baru Malaysia
0  komentar

AutonetMagz.com – Berita baru dari Negri Jiran, yaitu dari New National Car Project (NNCP) Malaysia. Menurut laporan dari The Star, undangan pemerintah untuk proposal NNCP dari sektor swasta kini telah ditutup, dan Kementrian perdagangan dan Ministry of International Trade and Industry (MITI) Malaysia sudah memiliki 14 proposal baru di tangan mereka. Hal ini diungkapkan oleh Menteri dari MITI, Dr Ong Kian Ming di parlemen beberapa hari lalu.

Ong juga menegaskan kalau NNCP akan sepenuhnya didorong oleh sektor swasta, sementara pemerintah hanya akan memberikan bantuan-bantuan tertentu sesuai kemampuan masing-masing perusahaan yang terlibat. “Saya percaya, saran untuk melakukan studi dampak ekonomi untuk proyek ini dapat diterima dan adil. Tetapi kita harus mendapatkan arah yang jelas terlebih dahulu karena kami belum mempelajari proposal yang diberikan oleh perusahaan swasta dan individu pada poyek tersebut. Untuk mengerjakan laporan dampak ekonomi, kita harus mendapat kejelasan terlebih dahulu mengenai National Automotive Policy (kebijakan otomotif nasional),” jelasnya ketika ditanyai soal kapan pemerintah bisa mengerjakan laporan dampak ekonomi NNCP .

Tinjauan yang akan dilakukan NAP nantinya akan mencakup lingkup yang jauh lebih luas daripada NNCP saja. “Terakhir kali kebijakan itu ditinjau di tahun 2014, dan setelah empat tahun kami akan meninjau kembali. Peninjauan ini akan menjadi proses yang wajib, tidak hanya melibatkan proyek mobil nasional ketiga ini, tetapi juga industry secara keseluruhan,” kata Ong. NNCP ini bisa memacu kemampuan negara dalam R&D (resource and development) serta teknologi baru di sektor otomotif, dan ahli-ahli di bidang teknik otomotif.

Pekan lalu, Datuk Madani Sahari, CEO Malaysia Automotive Institute, di bawah naungan MITI, mengatakan kalau pemerintah telah menerima 2 proposal hingga 9 Oktober, sehingga banyak yang harus dikejar selama seminggu terakhir, karena batas waktu pengiriman adalah tanggal 15 Oktober. Sebagai rekapan, awal bulan ini, menteri pengembangan wiraswasta, Datuk Seri Mohd Redzuan Yusof, mengumumkan jadwal untuk NNCP – nama mobil-mobil nasional baru yang akan diumumkan pada akhir tahun ini. Sementara itu, prototype untuk model NNCP diharapkan sudah siap di awal tahun hingga menjelang tahun 2020.

Nah, semoga saja mobil-mobil ini memiliki fitur semi-autonomous dan fitur keselamatan yang canggih, tapi tetap terjangkau. Wah, Malaysia sudah mulai maju di bidang otomotif dan pengembangan ekonomi negara, Indonesia kapan yah?

Read Prev:
Read Next: