Produksi Maruti Suzuki Wagon R Akan Dimulai Bulan November

Produksi Maruti Suzuki Wagon R Akan Dimulai Bulan November
0  komentar

AutonetMagz.com – Salah satu produk dari Suzuki yang beberapa tahun terakhir ini seolah terlupakan dan penjualannya pun tak jga membaik adalah Suzuki Karimun Wagon R yang merupakan jagoan dari pihak Suzuki Indonesia di kelas LCGC. Nah, salah satu alasan mengapa mobil ini tak juga melejit penjualannya adalah karena sosoknya yang sudah terlihat uzur jikalau dibandingkan dengan kompetitornya. Nah, kapan varian terbaru dari Suzuki Karimun Wagon R alias Maruti Suzuki Wagon R ini muncul? Nampaknya dalam waktu dekat ini. Yuk kita bahas.

Jadi, sosok Suzuki Karimun Wagon R di tanah air adalah representasi dari Maruti Suzuki Wagon R yang dijual di Negeri Bollywood, India. Praktis, riset dan pengembangan dari mobil ini juga nampaknya terpusat di sana, dan jikalau pihak Suzuki Indonesia ingin melakukan update pada jagoannya di segmen LCGC, maka mereka nampaknya juga harus menanti versi terbaru dari Maruti Suzuki Wagon R di India, dan hal ini seolah menjawab mengapa sosok LCGC milik Suzuki ini nampak adem ayem saja tanpa ubahan berarti, wong di negeri asalnya saja belum ada ubahan. Nah, sosok Maruti Suzuki Wagon R generasi terbaru sendiri memang sudah dipersiapkan, dan beberapa kali tertangkap kamera sedang diuji jalan oleh pihak Maruti di India. Namun kapan kepastian dari produksi Maruti Suzuki Wagon R ini? Jawabannya adalah bulan November 2018 mendatang.

Yap, Maruti Suzuki Wagon R generasi terbaru akan mulai diproduksi tanpa menggunakan platform HEARTECT. Apa Artinya? Artinya Maruti Suzuki Wagon R akan menggunakan basis yang sepenuhnya berbeda dengan Suzuki Wagon R generasi keenam yang diperkenalkan di Jepang tahun lalu. Lho? Kenapa kok nggak pakai platform HEARTECT saja? Kan beberapa mobil berlabel ‘Murah’ yang dijual oleh Suzuki seperti Suzuki Ignis, dan Suzuki Baleno sudah menggunakan platform tersebut? Alasannya adalah masalah biaya produksi. Mobil – mobil yang kami sebutkan diatas memang murah, namun kan Maruti Suzuki Wagon R lebih murah lagi dibandingkan dengan kedua produk tersebut, jadi memang sisi biaya produksi harus dipikirkan matang – matang oleh pihak Maruti Suzuki.

Produk dengan kode Maruti YCA ini sendiri akan menggunakan platform yang sudah disempurnakan dari pendahulunya, dan akan ada beberapa piranti keselamatan yang disematkan oleh pihak Maruti di mobil ini. Sebut saja rangka yang memenuhi norma standar untuk Pedestrian Protection Safety, lalu airbags, seat belt reminders, speed alert system, sensor parkir, dan kelengkapan lainnya. Maruti Suzuki Wagon R generasi terbaru sendiri akan diperkenalkan pada awal tahun 2019 mendatang, dan untuk urusan mesin, pihak Maruti Suzuki nampaknya masih percaya dengan mesin 1.000cc tiga silinder K10 yang digunakan di pendahulunya, dengan sedikit penyempurnaan tentunya. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 68 PS dan torsi maksimal 90 Nm. Sedangkan untuk urusan transmisi, nampaknya pihak Suzuki juga masih bisa percaya pada versi manual 5 percepatan dan versi tanpa kopling yang menggunakan jumlah percepatan yang sama berkat teknologi AMT Suzuki yang bernama AGS.

Oiya, lalu bagaimana dengan sosok Maruti Suzuki Wagon R 7 penumpang? Jangan terlalu berharap, karena Maruti Suzuki sendiri nampaknya menyadari bahwa proyek ini agak kurang menjanjikan. Dengan munculnya Maruti Suzuki Wagon R generasi terbaru, maka ada peluang bagi konsumen di Indonesia untuk mendapatkan Suzuki Karimun Wagon R terbaru, dengan wajah baru namun nampaknya mesin dan spesifikasi di dalamnya tak akan banyak berubah. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: