Proton X70 : Hanya Sekedar Rebadge Dari Geely Boyue?

by  in Berita&Geely&International
Proton X70 : Hanya Sekedar Rebadge Dari Geely Boyue?
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya resmi sudah nama dan sosok dari SUV baru dan pertama dari Proton, yaitu Proton X70. Dan seperti informasi yang banyak beredar sebelumnya, Proton X70 sendiri memang merupakan SUV yang dibangun dari basis SUV paling laris dari Geely, yaitu Geely Boyue, dan hal ini langsung terlihat jikalau melihat tampang dari Proton X70. Namun, apakah usaha Proton untuk menghadirkan Proton X70 hanya sebatas melakukan rebadge, mengubah posisi setir, dan juga merevisi bentuk eksterior? Yuk kita bahas lebih dalam mengenai hal ini. 

Jadi, Proton X70 sendiri adalah SUV pertama dari Proton yang hadir pasca sahanya dibeli oleh Geely. Nah, secara bentuk, kita bisa mengatakan bahwa Proton X70 ini adalah Geely Boyue banget, kecuali pada beberapa perbedaan yang kasat mata. Pertama, grille dari Proton X70 ini sudah tak sama dengan Geely Boyue, dimana versi China mobil ini menggunakan grille expanding cosmos khas dari Geely. Sedangkan Proton X70? Menggunakan grille yang didesain sesuai pasar Malaysia dengan nama infinite weave seperti yang dijelaskan oleh Head of Design Proton, Azlan Othman yang kami kutip via PaulTan. Nah, di bagian ini juga-lah perbedaan kasat mata paling kentara bisa dilihat, dimana bagian grille terinspirasi dari bentuk sebuah busur, dan menggambarkan Malaysian craftsmanship. Selain itu, ubahan lainnya yang kasat mata ada pada bagian logo depan yang menggunakan logo Proton dan logo belakang yang menggunakan tulisan ‘Proton’ alih – alih sebuah logo.

Masuk ke sisi dalam, ubahan yang paling frontal ada pada posisi setir yang awalnya di kiri pada Geely Boyue dan berubah menjadi setir kanan di Proton X70. Pihak Proton mengklaim bahwa ubahan ini cukup masif karena harus membalikkan posisi dashboard, posisi konsol tengah dan beberapa bagian lainnya. Ubahan lainnya di sisi interior ada pada bentuk pattern dari speaker grille yang terinspirasi dari Malaysian Wood Carvings dan Batik. Tak hanya disana, kisi AC di Proton X70 untuk bangku baris kedua ada dua buah, sedangkan bandingkan dengan versi Geely yang hanya ada satu buah. Sisanya? Tak ada ubahan yang berarti jikalau dibandingkan dengan Geely Boyue, dan menurut Azlan hal ini adalah hal yang positif karena menurutnya sosok Geely Boyue sendiri punya bentuk yang sudah cakep, muscular, dan menggambarkan tubuh dan mata bak seekor Harimau.

Proton X70 sendiri sudah dibuka keran pemesanannya sejak tanggal 8 September 2018 kemarin dengan tanda jadi sebesar 1000 Ringgit Malaysia atau sekitar 3,5 jutaan Rupiah. Proton X70 sendiri akan menggunakan mesin 1.800cc TGDI Turbo yang bertenaga 181 hp dan bertorsi 285 Nm dengan 4 opsi yang bisa dipilih oleh konsumen. Opsi pertama adalah varian Standar 2WD, lalu ada varian Executive 2WD, varian Executive AWD, dan jga varian Premium 2WD. Oiya, Proton X70 sendiri saat ini masih didatangkan CBU dari China, dan untuk versi CKD Malaysia sendiri baru akan hadir di pertengahan 2019 mendatang. Untuk urusan fitur, Proton X70 bisa dikatakan cukup lengkap, dengan kelengkapan seperti Lampu depan LED, LED DRL, Foglamp LED, velg 18 inci dengan Ban Hankook Dynapro, lampu belakang LED, beberapa penggunaan bahan kulit, AC Auto dengan climate control dual zone, layar infotainment 8 inci, konektivitas 4G, dan sistem auto di lampu depan dan wiper.

Selain itu, Proton X70 juga dilengkapi dengan sebuah sistem voice recognition yang sudah bisa menangkap suara malaysian english. Fitur lain yang turut hadir adalah kamera 360 derajat dengan 3D view, autonomous emergency braking, adaptive cruise control, blind spot monitoring, smartphone remote control, smart air purifier, dan electric seat untuk pengemudi. Nah, jadi bagaimana menurut kalian sosok Proton X70 ini? Sekedar rebadge? Kalian tentukan saja sendiri. Yang jelas, perkenalan resmi dari mobil ini nampaknya tak akan lama lagi. Jadi, sampaikan pendapatmu tentang sosok SUV pertama Proton ini.

Read Prev:
Read Next: