Porsche Sukses Besar Atas IPO di Tahun Pertamanya

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Porsche Sukses Besar Atas IPO di Tahun Pertamanya
0  komentar

AutonetMagz.com – Porsche AG telah mendaftarkan sahamnya pada September 2022 lalu, tepatnya pada tanggal 29 September 2022. Chairman of the Executive Board Porsche, Oliver Blume dan wakilnya Lutz Meschke sudah mulai ketok palu di bursa perdagangan Frankfurt Stock Exchange. Sebagai informasi, itu adalah IPO terbesar di Eropa berdasarkan kapitalisasi pasar. Tiga bulan kemudian, Porsche AG masuk dengan cepat ke dalam indeks saham Jerman (DAX) teratas.

Sukses Besar

Hari ini, kami dapat mengatakan bahwa IPO kami sukses besar. Ini bagus untuk pelanggan kami, pemegang saham kami, dan juga karyawan kami,” kata Chairman of the Executive Board Oliver Blume. “Dengan kebebasan dan fleksibilitas wirausaha yang lebih besar, kami dapat menentukan prioritas kami sendiri. Kami juga dapat bertindak lebih cepat dan dengan fokus yang lebih besar. Dalam lingkungan global yang dinamis dan penuh tantangan, yang menjadi semakin penting.”

Hal itu terjadi karena dalam enam bulan pertama di 2023, Porsche membukukan kenaikan signifikan dalam sales income, operational revenue, dan pengiriman. Struktur pemegang saham Porsche AG tetap berbasis global dan stabil. Lutz Meschke mengatakan “Kami sangat senang dengan minat yang besar dari para pemegang saham. Banyak dari mereka yang tidak memiliki Porsche, tetapi sekarang dapat menjadi anggota keluarga Porsche sebagai pemegang saham. Dengan go public, kami telah membuat Porsche menjadi lebih nyata.”

Situasi Masih Mencekam

Namun, bila kita melihat situasi saat ini, pasar keuangan di seluruh dunia telah berada di bawah tekanan dalam beberapa minggu terakhir. Salah satu penyebabnya ialah meningkatnya ketidakpastian mengenai kemungkinan keputusan yang akan diambil oleh bank-bank sentral. Pada saat yang sama, perkembangan di Tiongkok juga diikuti dengan penuh kekhawatiran. Hal inilah yang juga mempengaruhi harga saham Porsche yang berkode PAG911.

Terlepas dari situasi ekonomi makro yang masih terlihat mencekam, Porsche telah mengkonfirmasi perkiraannya untuk tahun keuangan saat ini dan tahun-tahun keuangan berikutnya. Jika situasi ekonomi dan pasokan global tidak memburuk secara signifikan, Porsche mengharapkan sales operational value di kisaran 17-19% pada akhir tahun fiskal 2023. Perkiraan ini didasarkan dengan asumsi sales revenue di kisaran 40 – 42 miliar euro. Dalam jangka panjang, Porsche juga menargetkan laba operasional atas penjualan lebih dari 20%.

Read Prev:
Read Next: