Toyota : MR2 Bukan Prioritas, GR86 Lebih Penting

by  in Berita&International
Toyota : MR2 Bukan Prioritas, GR86 Lebih Penting
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat ini secara global, Toyota punya 3 model yang orientasinya ditujukan ke penggemar dan konsumen mobil performa tinggi. Ada Toyota 86 yang dibuat bersama Subaru, Toyota GR Supra yang dibuat bersama BMW dan Toyota GR Yaris yang mereka buat sendiri. Buat merek konservatif seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, Suzuki dan Nissan yang menggantungkan bisnis dari berjualan mobil keluarga, punya 3 mobil kencang itu sudah oke.

Apakah 3 model kencang ini akan ketambahan anggota keluarga baru? Mungkin kembalinya Celica atau MR2, siapa tahu kan? Nah, Wakil Presiden Toyota Eropa, Matt Harrison bilang kepada Autocar kalau kelahiran kembali Toyota MR2,”Bukanlah sebuah prioritas.” Untuk ini sebenarnya bisa dipahami, apalagi sudah bertahun-tahun Toyota tidak bikin mobil bermesin tengah, jadi ada kemungkinan know-how Toyota soal mobil road legal mid engine sudah mulai pudar.

Meski demikian, ia juga menegaskan kalau perancangan generasi kedua Toyota 86 lebih penting. Masih dalam tahap pengerjaan, Hachi-Roku akan dimasukkan ke atap yang sama dengan GR Supra dan GR Yaris dengan menjadi salah satu model performa GR alias Gazoo Racing. Namanya pun digosipkan juga akan diganti jadi GR86, dan sudah pasti, Toyota masih akan membuatnya bersama baru. Tenang, BRZ tidak ganti nama jadi GRBRZ kok.

Toyota GR86 akan dibangun di atas sasis TNGA yang sudah dimodifikasi untuk bisa duduk sempurna sebagai tulang punggung sebuah mobil sport compact, dan tentu saja Subaru juga akan memakainya. Mesin konon akan diganti dengan mesin boxer 2.400 cc 4 silinder dari Subaru, namun akan dipompa hingga 260 hp-an. Kemungkinan pemasangan turbo juga ada, jadi kira-kira torsinya bisa naik jadi 380 Nm.

Tali antara Toyota dan Subaru juga makin kuat dengan peningkatan kepemilikan saham Subaru oleh Toyota yang tadinya 16,6 persen jadi 20 persen. Selain duet GR86 dan BRZ, Toyota dan Subaru akan mengembangkan teknologi kendaraan listrik bersama-sama, khususnya menggunakan sistem AWD Subaru dan teknologi hybrid atau EV dari Toyota. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: