Porsche : Kami Tidak Tertarik Pada Mobil Self-Driving

Porsche : Kami Tidak Tertarik Pada Mobil Self-Driving
0  komentar
porsche-911-gt3-rs-dan-cayman-gt4

AutonetMagz.com – Mayoritas pabrikan mobil kini berlomba-lomba untuk meriset teknologi autonomous vehicle atau mobil self-driving, alias mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa bantuan pengemudi. Klaim-klaim mengenai kapan teknologi ini bisa dinikmati sepenuhnya pun mulai bermunculan, ada yang bilang tahun 2018, tahun 2020 dan lain sebagainya. Contoh konkret ada di mobil-mobil Tesla misalnya.

Tapi bukan berarti tidak ada yang tidak meriset tentang teknologi yang membuat manusia bisa makin malas dan kurang gerak ini. Porsche misalnya, karena produsen mobil asal Stuttgart ini belum lama mengadakan perbincangan dengan sebuah koran Jerman. CEO Porsche, Olive Blume bilang bahwa Porsche tidak berminat mengenai teknologi mobil self-driving, meski kami tahu sebenarnya engineer Porsche mampu membuatnya jika diminta.

porsche-918-spyder-drifting

Padahal merek-merek Jerman lain seperti Audi, BMW dan Mercedes Benz juga saling sikut di bidang teknologi mobil self-driving ini. Apa alasan beliau untuk tidak latah atau ikut-ikutan meriset hal yang sama? “Orang yang beli Porsche itu maunya menyetir Porsche itu sendiri. iPhone itu tempatnya ya di kantong, bukan di jalanan,” katanya. Ups, sekilas seperti menyindir calon mobil Apple ya? Tapi kami suka alasannya.

Selain Porsche, sebenarnya ada satu merek lagi yang pernah bilang tidak tertarik dengan riset macam tadi, yakni Mazda. Alasannya nyaris sama, karena kalau mobil nanti bisa menyetir sendiri, di mana nilai fun to drive-nya yang sekarang ini mau mereka angkat? Meski sekarang bilang tidak kepada mobil self-driving, Porsche tetap terbuka dengan teknologi, terbukti dengan 911 baru yang nanti bermesin hybrid dan munculnya Porsche Mission-E, mobil listrik penantang Tesla di masa depan.

porsche mission e side

Sebenarnya, kami fifty-fifty soal mobil self-driving. Satu sisi, kami tidak begitu suka karena alasannya sama seperti tadi, kami lebih suka menyetir mobil sendiri, dan dengan demikianlah kami bisa mengenal mobil yang kami bawa, belum lagi teknologi ini bisa bikin manusia makin malas, makin jarang gerak dan kalau sudah ketagihan bisa-bisa lupa,”Cara nyetir mobil gimana ya?”. Di sisi lain, kami sadar teknologi yang satu ini manfaatnya besar. Misalnya, bisa dipakai untuk truk yang biasa membawa bahan pangan ke daerah terpencil yang rawan bencana atau daerah peperangan, jadi kalau ada apa-apa, tidak ada supir yang jadi korban jiwa.

Apa kamu menemukan manfaat lain dari teknologi mobil self-driving yang gunanya besar bagi kemanusiaan? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    bagus, deh. kan sudah ada pelopor “self-driving” Audi di Volkswagen. paling ntar teknologi yang ada sekarang cuma nyebar ke Volkswagen, Bentley, Skoda, dan Seat aja.

  • lewat

    Kaya.a ga masuk indo.. Kalo ada mobil nyetir sendiri penghasilan polantas bisa berkurang buat sarapan.. Atau mungkin malah bertambah ya.. Haha.. Klo ditilang bilang aja tilang aja tuh supir.a.. Ambil sim.a.. Lho kan ga ada yg nyupir wkwk

    • subaru

      sapa bilang?? justru ditilang karena sopirnya ga ada

      • Aryo Wicaksono

        wkwkwk. jadi ingat penumpang purwarupa mobil Google yang ditilang karena melaju terlalu lambat.

    • joni

      Bakal ditilang Polisi Cirebon.

  • njk888 nik

    Ingat pula untuk sebagian orang, driving itu juga adalah hobi, enak, fun, terutama saat pakai mobil yang handlingnya mantap. Contoh yang pernah stir mobil kecepatan 180 di Autobahn pasti sadar bahwa self driving car akan hilangkan sensasi nikmatnya ini.

    Pula berapa orang yang berani lari 180 dengan stir di kendalikan computer ? Ngeri juga. Jika ada hang atau error software codenya wah bahaya. Apalagi di Indonesia, banyak motor / bajai mendadak tikung / berhenti, self driving car nggak gampang mau bisa handle situasi di Indonesia. Semua sensor / computernya harus reaksi sangat cepat.

    • farid

      Lari 180 dgn mobil pas mode self driving itu kaya serasa ingin dibunuh oleh mobil itu sendiri

    • None

      Selfdriving pasti gak akan masuk ke negara ketiga -_-

  • zul ari

    jangankan self driving…rem parkir aja masih enak pake otot ketimbang tinggal pencet tombol ?

    • Aryo Wicaksono

      tuas rem parkir kan lebih sensual untuk penumpang depan pasangan kita masing-masing jadi bisa dipakai untuk pemanasan sebelum masuk rumah. :v

      • zul ari

        hush…hush…jangan mikir yang aneh² ?

        • Aryo Wicaksono

          itu kalimat bijak trio kwek-kwek pria paruh baya, bukan kata-kata dari aku, lho, hehehe.

    • Always35

      True strory gan wkwk sesuatu yg masih dikendalikan sama diri kita emang lebih “greget” daripada yg dikendalikan komputer atau pake alat canggih…

  • farid

    Porsche adalah salah satu pabrikan yg mementingkan hubungan man to machine di mobilnya,contohnya ketika porsche menyediakan porsche 911 dgn transmisi manual yg bikin pengemudi jadi menyatu dgn mobilnya.juga saya cukup setuju porsche tidak perlu mengembangkan teknologi self driving di mobilnya,menyetir mobil sendiri itu adalah suatu kepuasan lho dan kalau seandainya mobil porsche di masa depan banyak yg mengaplikasikan fitur self driving,pengemudinya sendiri bakal manja dan gak tau bagaimana rasanya menyetir sebuah porsche.lagipun kalau mobil gak punya fitur canggih macam self driving car bukan berarti mobil itu ketinggalan jaman

    • Aryo Wicaksono

      hmmm, nggak juga sih karena transmisi manual sempat absen untuk tipe GT3 jadi nggak ada pilihan lain selain kopling ganda untuk sementara.

      • farid

        Kalau kopling ganda masih bisa pake manual dgn tiptronic atau pake paddle shift,namun kalau transmisi manual konvensional terasa gregetnya bisa main injak kopling

  • rationalmotoring

    Pernyataan Porsche itu mungkin sama kyk dulu perusahaan kereta kuda yg bilang kl mereka tdk akan pake mesin utk gantikan kuda. Lalu lihat skrg, siapa yg bertahan dan siapa yg menyusut atau bahkan bangkrut. Kesenangan mengemudi akan dan selalu menemukan bentuknya sesuai dg perkembangan sosial dan teknologi. Transportasi akan semakin aman dan akan kembali pd konsep dasarnya yakni memindahkan org dari A ke B dengan nyaman dan efisien. Kita di yg skrg tinggal di suatu entitas masyarakat yg dinamakan Indonesia? Ya pasti akan menuju ke sana jg. Cm masalah waktu. Kita semua sama, dan sedang menuju satu civilizasion Type 1 (Michio Kaku & Carl Sagan). Kita msh primitif ya bro2 semua. Take it easy.

    • Aryo Wicaksono

      “self-driving” memang bakal lebih laku di masa depan, cuma pasar kecil seperti kendaraan manual juga perlu diperhatikan.

  • nusantara nusantara

    self-driving sendiri dibuat buat apa sih, tinggal duduk terus sibuk maen hp, eh nyampe, pake taxi aja lah, toh ATPM yg buat self-driving juga gak berani jamin sistemnya 100% aman, artinya sistem self-driving, kita duduk di mobil masih perasan was-was, salut buat porsche, walaupun ane belum kesampean beli 3 mobil ini

  • Always35

    Di masa depan mungkin saja self driving bakal menjadi tren otomotif. Pabrikan Truk aja juga berlomba2 untung kembangin fitur ini. Tapi sedikit khawatir adanya fitur begini malah bikin pengemudi menjadi “malas” nyetir, ditambah lagi seperti komentarnya om nusantara juga pabrikan yg ngembangin fitur ini juga belom menjamin sistem ini 100% aman~

    • Aryo Wicaksono

      kalau truk mah memang lebih bagus “self-driving” biar pengemudi truk nggak ganti gigi, ganti gigi, ganti, bunuh prostitusi, ganti gigi, ganti gigi, ganti gigi, tabrak motor sen kanan tapi belok kiri.

      • Always35

        Yaaa setidaknya dengan adanya self driving ini bisa bikin driver jadi lebih aware terutama sama lalu lintas sekitarnya berhubung ukurannya yg besar itu ?

  • joni

    Self driving car mau gak mau memang masa depan, seperti halnya mobil listrik dan hidrogen. Mesin bensin sudah mendekati titk nadir. Apalagi transmisi manual, gak akan kaget kalo 20 tahun lagi jadi barang pajangan museumnya Bang Hawke di Cipete sono.Yang menentang perubahan zaman akan tergilas tuntas, termasuk Porsche kalau masih tetap ngotot.

  • Buzzera

    Ferrari listrik, lambo listrik, porsche listrik, derungan mesin khas hilang, bakalan punah ga itu pabrikan mobil 20-50 tahun mendatang??

  • Levy Simanjuntak

    Porsche tuh emg dikenal akurat, presisi steeringnya, kata siapa ya, kt Tiff Needell kl gasalah.. lagi plis deh, ntar kl error, nabrak, yg mau tgg jwb siapa? Perusahaanya?.. ky gini hrsnya ga dibolehin sm ncap

    • Aryo Wicaksono

      Tesla dan Volvo kalau kecelakaan berani tanggung jawab, kok. nggak tahu deh yang lain nanti gimana.