Mazda Umumkan Recall CX-5 dan Stop Sementara Penjualan di Amerika Serikat

Mazda Umumkan Recall CX-5 dan Stop Sementara Penjualan di Amerika Serikat
0  komentar
Mazda-CX-5-2015

AutonetMagz.com – Biasanya, saat satu pabrikan resmi mengumumkan recall atas salah satu model, urusan mereka sudah jelas. Umumkan recall, hubungi konsumen yang mobilnya bermasalah, siapkan suku cadang pengganti, sebarkan ke bengkel resmi, diperbaiki mekanik resmi, sudah, dan biasanya tanpa biaya. Tapi kali ini mungkin Mazda pusingnya ganda, sebab selain harus menarik kembali CX-5 karena ada masalah, mereka juga harus menghentikan penjualan untuk sementara.

Kenapa harus stop penjualan segala? Jawabannya nanti, setelah anda simak penjabaran soal sebab musabab recall CX-5 ini. Menurut investigasi internal dan kontrol kualitas dari Mazda, didapati bahwa pipa untuk mengalirkan bensin ke tangki bensin Mazda CX-5 ternyata bisa kolaps jika disundul dari belakang. Apabila itu terjadi, bisa mengakibatkan kebocoran bahan bakar, mobil bisa terbakar dan habis dilalap api.

2015-Mazda-CX-5-Facelift-Tampak-Belakang

Untungnya, hingga saat ini tidak ada kasus kebakaran yang disebabkan oleh kesalahan pipa pengalir BBM itu. Menurut press release yang disebar Mazda, CX-5 yang kena dampaknya adalah CX-5 buatan tahun 2013 hingga 2016. Artinya, CX-5 yang baru dibuat pun kena masalah ini juga. Untuk menghindari konsumen mendapat mobil yang bermasalah, Mazda meminta seluruh dealernya untuk berhenti menjual CX-5 untuk sementara.

Untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada, ada sekitar 404.000 Mazda CX-5 yang diduga bermasalah dengan hal ini. Sayangnya, Mazda belum merilis kapan mereka akan memulai rangkaian recall ini, tapi satu hal lain yang bisa diketahui adalah Mazda juga melakukan recall untuk double cabin BT-50 tahun 2004-2006 karena masalah airbag Takata. Kalau yang ini sih, jangankan Mazda, jutaan mobil dari merek lain juga kena imbasnya.

dashboard-mazda-cx-5-facelift

Terus, apa versi Indonesia juga kena? Kalau melihat dari situs Malaysia, Paultan yang menyatakan Mazda CX-5 versi Malaysia tidak kena masalah ini, mungkin CX-5 Indonesia serupa dengan Malaysia. Untuk jaga-jaga, tidak ada salahnya dicek waktu servis di bengkel resmi. Apa opinimu mengenai masalah recall CX-5 ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • nusantara nusantara

    ATPM indonesia, sudah ada yang berani recall belum y

    • farid

      disini atpm udah pernah melakukan recall mobil,dan itupun jumlahnya gak banyak amat gak seperti di negara lain terutama di negara maju dimana recall mobil ini bisa sampai jutaan unit

  • njk888 nik

    Seingat ane Indonesia memang hoki banget dan ajaib. Contoh tuh kasus airbag Takata yang bermasalah termasuk di unit mobil Jepang yang udah agak tua pun, sudah puluhan juta di recall, terutama toyota dan honda. Dan jangan bilang biasa, cuman terjadi di negara lain doang. Malaysia aja udah ada kasus.

    Indonesia, entah beneran hoki tidak ada kasus, meski populasi mobil jepang di sini jelas jauh lebih banyak di banding Malaysia yang toh ada kasus, atau biasa, media black out, karena mobil jepang sangat kuasai industry otomotif di sini, dan nggak ada pihak yang inginkan merek jepang ” kena “.

    Pernah baca 1 laporan, ada loh salah 1 pejabat pemerintah, saat di tanya isu Takata ama pihak asing, jawab dia ” urusan ini jangan di blow up ya “. Sangat mencurigakan.

    Ane sih cuman pikirnya semoga ini bukan bomb waktu, karena mikir aja, sudah gitu banyak mobil Jepang di banyak negara di recall airbagnya (puluhan juta dan sampai saat ini masih counting, belum selesai), apakah benar di Indonesia nggak ada airbag Takata sama sekali yang di pasang ? HPM sih sempat recall, namun kecil banget jumlahnya, kalau toyota, ajaib, ZERO recall sama sekali.

    • nusantara nusantara

      semua mobil di indonesia AMAN GAN!!!,

  • hydrolancer

    harusnya cx5 yg masuk indo kena recall juga ya mengingat produknya CBU jepang

    • deathstalker

      Mazda Indonesia CBU Thailand

      • hydrolancer

        perasaan cuma mazda 2 yg CBU thailand deh om 😀
        cx5 murni CBU jepang cmiiw 😀

        • Rizki

          Setau ane yang CBU Jepang itu semua mpv mazda minus VX-1, sisanya Thai bulit, dan CX-5 itu CBU Malaysia hehe CMIIW

      • Ruli Haskarruna

        CX-5 gw rakitan 2012 Made In Japan, terakhir pas gw service liat liat unit baru yang facelift masih Made In Japan sihh. Kalau Mazda 2 iya jelas CBU Thailand.

  • Aryo Wicaksono

    sedikit berbagi pengalaman. teman ada yang punya CX-5 mekanisme pelipatan spion matot. suku cadang masih belum jelas mesti tunggu beberapa minggu atau bahkan hingga dua bulan. tapi memang dasar lumayan bagus jadi masih tetap aku rekomendasikan, sih.

    • njk888 nik

      Coba tanya dia, yang pesan itu dia sendiri, atau via claim asuransi ? Pernah teman ane mirip kasusnya gini. Akhirnya setelah di selidiki, yang lelet bukan ATPMnya tapi itu asuransinya process setuju dan keluarkan SPK lama banget…Asuransi nggak terkenal lagi, teman ane aja nggak hati hati dulu di kasih asuransi itu iya iya aja.

      • Aryo Wicaksono

        seharusnya masih garansi sih jadi langsung nggak lewat asuransi. ntar ditanya lagi. memang cermin elektrik slow moving sih jadi wajar agak lama, cuma nggak kelamaan juga kali.