Porsche Akan Rakit Lokal Mobil di Malaysia

Porsche Akan Rakit Lokal Mobil di Malaysia
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar Asia Tenggara nampak tetap menjadi pasar yang menarik di mata para penggiat otomotif, khususnya roda empat. Ada banyak destinasi yang bisa dipilih pabrikan otomotif di dunia saat masuk ke ASEAN. Mulai dari Negeri kita Indonesia yang potensial, lalu Thailand yang sektor otomotifnya nomor 1 di ASEAN, bahkan Malaysia. Nah, kali ini muncul kabar dari pabrikan mobil kentjang asal Eropa, yaitu Porsche. Kabarnya, Porsche akan merakit lokal mobil mereka di Negeri Jiran, Malaysia.

Rakit Lokal di Malaysia

Mengutip informasi via The Edge, Porsche kabarnya akan merakit lokal produk mereka di Malaysia, lebih tepatnya di fasilitas produksi di Kulim, Kedah. Nah, untuk mewujudkan hal ini, Porsche yang di Malaysia digawangi oleh Sime Darby, akan menggandeng Inokom untuk memproduksi mobil mereka. FYI, Inokom sendiri adalah anak perusahaan dari Sime Darby. Dan kalau kalian ingat, Hyundai Malaysia juga digawangi oleh Sime Darby, dan menyatakan akan merakit lokal SUV di Malaysia. Sumber menyebutkan bahwa pihaknya mendapatkan seorang informan yang memiliki informasi terkait hal ini.

Ada beberapa investasi besar di sektor otomotif yang datang ke Malaysia. Tetapi Pemerintah masih belum mengumumkannya. Karena pandemi COVID-19, dan MCO, banyak petinggi (yang ingin berinvestasi) tidak dapat datang ke Malaysia“, ujar informan tersebut. “Pengumumannya akan dilakukan bersamaan. Dan mereka adalah nama – nama besar. Pemerintah tidak bisa mengadakan konferensi pers dan mengumumkannya begitu saja“, tambah informan itu. Sumber juga menyatakan bahwa ada insentif khusus yang diberikan oleh Kementerian Keuangan Malaysia terhadap investasi yang dilakukan. Dan Inokom akan membangun sebuah pabrik perakitan khusus untuk Porsche di Kulim.

ASEAN Pasar yang Menjanjikan

Untuk saat ini, pabrik perakitan milik Inokom hanya memproduksi mobil untuk Hyundai dan BMW saja. Deputy director of corporate communications and spokesperson for production and logistics Porsche, Christian Weiss pun angkat bicara. Weiss menyatakan, “ASEAN adalah regional yang menjanjikan dengan potensi yang besar, dan kami terus memeriksa kemungkinan untuk berkembang di pasar ini”. Sedangkan Sime Darby sendiri mengungkapkan bahwa pihaknya terbuka terhadap adanya kerjasama dengan seluruh pihak. Namun, sumber menyebutkan bahwa belum ada tanggapan pihak Sime Darby terhadap kabar ini.

Jadi, apa pendapat kalian? Berharap Porsche made in Malaysia lebih terjangkau?

Read Prev:
Read Next: