Porsche Godok 3 Mobil Baru : 911 Speedster, Panamera GTS dan 718 Cayman T

by  in International&Porsche
Porsche Godok 3 Mobil Baru : 911 Speedster, Panamera GTS dan 718 Cayman T
0  komentar

AutonetMagz.com – Membuat varian yang banyak dan membingungkan adalah salah satu kepiawaian Porsche, khususnya di 911. Saat ini, ada 23 varian 911 yang bisa dibeli secara sah di Indonesia dengan berbagai macam tipe bodi, mesin dan penggerak. Itu jauh lebih banyak daripada sebuah Kijang Innova yang dibagi berdasarkan jenis mesin dan trim kemewahan. Sebentar lagi, jajaran model 911 akan sedikit lebih rumit dengan kehadiran anggota keluarga baru.

Porsche 911 Speedster adalah model yang dimaksud. Mobil ini sudah ada versi konsepnya dan Porsche sudah memberikan lampu hijau supaya model ini segera diproduksi dan dijual. Pada dasarnya, ini adalah 911 GT3 tanpa atap dan tanpa sayap. Oh ya, tanpa atap maksudnya mobil konsep ini benar-benar tidak punya atap, tapi itu kan buat konsepnya. Buat versi jualannya nanti kemungkinan besar pakai atap kanvas.

Karena basisnya 911 GT3, maka mesin Porsche 911 Speedster ini adalah mesin 4.000 cc flat 6 non turbo buatan Porsche Motorsport bertenaga 500 hp-an. Satu fakta unik, biasanya Porsche 911 Speedster baru muncul kalau 911 akan berganti generasi, dan munculnya konsep 911 Speedster di generasi 991.2 ini bisa berarti bahwa 911 baru yang nanti berkode 992 sudah lebih dari separuh jalan menuju final. 911 Speedster pastinya bakal jadi mainan baru, khususnya buat kolektor, karena kami yakin mobil ini akan dibuat dalam jumlah terbatas.

Selain 911 Speedster, sedan eksekutif besar Porsche Panamera juga akan dapat varian baru. Menurut Autoguide, varian baru yang bakal muncul nanti adalah Porsche Panamera GTS. Seperti Panamera GTS yang lama, ia akan duduk manis di atas Panamera 4S tapi kastanya tetap di bawah Panamera Turbo. Kemungkinan besar Panamera GTS bakal tetap pakai mesin 2.900 cc V6 twin turbo hot-V yang sama dengan Panamera 4S, tapi dengan tenaga lebih besar.

Jika Panamera 4S punya 440 hp dan Panamera Turbo punya 550 hp, maka tenaga Panamera GTS harusnya berada di antara 2 angka itu. Oh ya, sebaiknya jangan harap spoiler keren milik Panamera Turbo hadir di Panamera GTS, sebab mungkin ia akan pakai spoiler elektronik biasa dari Panamera 4S. Menurut perkiraan kami, pastilah Panamera Sport Turismo yang berwujud station wagon juga bakal dapat varian GTS, mengingat ia masih masuk keluarga Panamera.

Mobil baru ketiga yang direncanakan Porsche adalah 718 Cayman T. Sama seperti 911 Carrera T, ia adalah Cayman standar yang dibuat sedikit lebih terondolan. Menu dietnya bisa berupa kaca yang lebih tipis, tali sabuk untuk pengganti handle pintu dan dibuangnya bahan peredam suara. Dengan menu-menu lain sejenis itu, 718 Cayman T diperkirakan akan lebih ringan 30 kg dibanding 718 Cayman biasa.

Penampilan diklaim akan meminjam aksesoris 718 Cayman S agar lebih sporty, tapi basis mesinnya tetap 2.000 cc flat 4 turbo dari 718 Cayman biasa. 718 Cayman T akan duduk diantara Cayman biasa dan Cayman S, sementara puncak pimpinan 718 Cayman nanti akan diisi oleh 718 Cayman GT4 yang masih dalam tahap pengujian. Nah, manakah dari ketiganya yang paling menarik buat ditunggu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: