Akhirnya Porsche Berani Layangkan Gugatan Hukum Untuk Zotye T700 Penjiplak Macan

Akhirnya Porsche Berani Layangkan Gugatan Hukum Untuk Zotye T700 Penjiplak Macan
0  komentar
porsche-macan-white

AutonetMagz.com – Memang sudah layak dan sepantasnya hal ini terjadi, soalnya mendesain bentuk mobil dari nol agar semuanya pas, baik dari sisi desain maupun engineering perlu waktu yang lebih lama, tenaga yang banyak dan dana yang besar. Setelah jadi, sungguh jengkel rasanya kalau ada merek lain yang main jiplak saja tanpa ada izin atau kesepakatan hitam di atas putih, karena hasil semedi dan bertapa bertahun-tahun langsung dicuri seenaknya sendiri.

Itulah yang sudah dialami beberapa pabrikan besar seperti KIA, Aston Martin, Land Rover dan yang paling baru adalah Porsche. Berita tentang pabrikan China Zotye T700 yang meniru desain crossover Porsche Macan akhirnya sampai di meja rapat kantor Porsche untuk diberitakan tindakan balasan. Lalu, apa hasil diskusi atas dijiplaknya desain Macan?

zotye-t700

Hasilnya adalah, Porsche segera menempuh jalur hukum untuk bisa menghukum Zotye atas kasus pencurian hak cipta. Porsche sudah tahu kalau menempuh jalur ini artinya berhadapan dengan kemungkinan menang yang lebih kecil daripada biji semangka, karena peraturan di China sangat melindungi merek lokal dan tidak ada peraturan yang melindungi hak cipta di sana.

Entah, apa CEO Jaguar Land Rover sudah memberi tahu Porsche atau belum soal gugatan mereka yang ujung-ujungnya harus direlakan untuk kembali dengan tangan kosong. Ingat saat Jaguar Land Rover ingin menggugat Landwind karena menjiplak desain Range Rover Evoque? Bisa ditebak, hasilnya nihil, tuntutan Jaguar Land Rover ditolak dan Evoque KW tetap dijual.

jiangling-landwind-x7

Zotye T700 alias siluman macan KW akan dijual tahun depan, dan apa Porsche bisa menghentikannya atas nama kekayaan hak cipta. Jujur saja, kami tak akan kaget kalau Porsche kalah, kami justru akan terkejut kalau Porsche bisa menang di pengadilan. Bagaimana komentarmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: