Akhirnya Porsche Berani Layangkan Gugatan Hukum Untuk Zotye T700 Penjiplak Macan

Akhirnya Porsche Berani Layangkan Gugatan Hukum Untuk Zotye T700 Penjiplak Macan
0  komentar
porsche-macan-white

AutonetMagz.com – Memang sudah layak dan sepantasnya hal ini terjadi, soalnya mendesain bentuk mobil dari nol agar semuanya pas, baik dari sisi desain maupun engineering perlu waktu yang lebih lama, tenaga yang banyak dan dana yang besar. Setelah jadi, sungguh jengkel rasanya kalau ada merek lain yang main jiplak saja tanpa ada izin atau kesepakatan hitam di atas putih, karena hasil semedi dan bertapa bertahun-tahun langsung dicuri seenaknya sendiri.

Itulah yang sudah dialami beberapa pabrikan besar seperti KIA, Aston Martin, Land Rover dan yang paling baru adalah Porsche. Berita tentang pabrikan China Zotye T700 yang meniru desain crossover Porsche Macan akhirnya sampai di meja rapat kantor Porsche untuk diberitakan tindakan balasan. Lalu, apa hasil diskusi atas dijiplaknya desain Macan?

zotye-t700

Hasilnya adalah, Porsche segera menempuh jalur hukum untuk bisa menghukum Zotye atas kasus pencurian hak cipta. Porsche sudah tahu kalau menempuh jalur ini artinya berhadapan dengan kemungkinan menang yang lebih kecil daripada biji semangka, karena peraturan di China sangat melindungi merek lokal dan tidak ada peraturan yang melindungi hak cipta di sana.

Entah, apa CEO Jaguar Land Rover sudah memberi tahu Porsche atau belum soal gugatan mereka yang ujung-ujungnya harus direlakan untuk kembali dengan tangan kosong. Ingat saat Jaguar Land Rover ingin menggugat Landwind karena menjiplak desain Range Rover Evoque? Bisa ditebak, hasilnya nihil, tuntutan Jaguar Land Rover ditolak dan Evoque KW tetap dijual.

jiangling-landwind-x7

Zotye T700 alias siluman macan KW akan dijual tahun depan, dan apa Porsche bisa menghentikannya atas nama kekayaan hak cipta. Jujur saja, kami tak akan kaget kalau Porsche kalah, kami justru akan terkejut kalau Porsche bisa menang di pengadilan. Bagaimana komentarmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    Jangan-jangan perusahaan otomotif china menyuruh dan menyuap pemerintahnya untuk tidak membuat undang2 hak cipta dan membuat undang2 perlindungan merek lokal agar mereka bebas menjiplak mobil dari pabrikan otomotif besar
    *conspiracy keanu

    • Hillarius Satrio

      di china kan nggak cuman mobil doang yang dijiplak

  • alvito putra

    Tinggal liat hasilny aj :v

  • wowkeren

    Lagipula pemerintah china harusnya jangan mendukung penuh produk KW merek china. Itu bukan nasionalisme tinggi. Itu malah berusaha hancurin image china dihadapan negara lain. Yang wajib didukung tuh merek china yang no plagiat, no tiru-tiru desain…
    Padahal orang china di indonesia biasanya baik & pinter ya??

    • pescarolo

      Masalahnya, kondisi saat ini tuh bukan Cina yg butuh dunia. Dunia yg butuh Cina. Pasar mereka prospektif dan sangat besar. SDM produksi jg melimpah dan murah. Dgn kondisi kaya gt, produsen mana yg ga keok kl dilawan balik. Jadilah mereka ga peduli pandangan dunia dan seenak jidat bikin apa2 juga.
      Istilahnya “Anda boleh komplain, tp Anda tidak punya pilihan.”
      Yaa semacam Lion Air gitu deh..

      • tim

        Nah, jawaban bro pescarolo ini sangat masuk akal.. bkn china yg butuh dunia, tpi dunia yg butuh china. Liat aja, skrg barang yg beredar rata” made in mana? China. iPhone bikinan mana? China. Amerika aja takut sama china..

    • Andy RR

      Itulah komunisme… hahahahaha…
      Kasian jga yg di tiru.. dah puter otak bikinnya, trus dengan mudahnya di copas… tpi itulah… hahahaha…

      • wowkeren

        Iya nih, pemerintahnya yang nolak mentah-mentah gugatan produsen yang ciptain model itu (land rover dll) dan ngerasa ini mobil buatan anak bangsa, wajib dijual dll. Mungkin kata pemerintahnya “ngapain lo ngasih gugatan buat mereka? ini mobil nasional nih. mau perusahaan mobil lo gue gugat?” Bisa aja sih kayak gitu

  • hr-v

    Menurut saya sah-sah aja plagiat seperti itu, toh china adalah negara berkembang. Pasti disana banyak masyarakat menengah ke bawah ketimbang menengah keatasnya. Kalo bisa sih merk china tsb bisa masuk Indonesia, mobil rasa konglomerat harga merakyat. Masyarakat Indonesia sudah jenuh dengan mobil buatan jepang seperti itu-itu aja, miskin inovasi. Sedangkan mobil eropa harganya masih selangit. Mungkin dengan plagiat ini merupakan solusi agar bisa memiliki mobil konglomerat dengan harga merakyat

    • pescarolo

      Ttep agak sulit sh buat d Indonesia. Industri otomotif ga kaya elektronik. iPhone Supercopy bisa gampang laku, karena harganya ga sampe sepersepuluh iPhone asli, ga perlu perawatan rutin (selain charging batere), ga punya moving parts, dan kalo rusak ga sayang buat dibuang toh cuma bbrapa ratus ribu harganya.

      Mobil dan motor, walopun harganya sepersepuluh harga aslinya, ttep angkanya bs nyentuh belasan, puluhan ato ratusan juta. Bukan angka yg sedikit buat dibuang2. Trus ada perawatan rutin dan ketahanan moving parts. Bikin masalah reliabilitas dan ketersediaan suku cadang jd krusial. Hobi mudik jauh dan nongkrong sm kerabat gamau dong keganggu sm mogok.

      Kalo mau liat contoh gagalnya, cek Minerva kembaran CBR 150 skrg d Indonesia. Mati.

  • pescarolo

    Good luck, Posrche!

    • pescarolo

      *Porsche

      Haha typo

  • Rafli Santosa

    Saya lebih terkejut lagi kalau Zotye T700 masuk indo dan lebih laris dibanding Porsche Macan sendiri

  • tim

    Cuma bisa ngomong selamat mencoba aja utk porsche

  • yesman

    Memang dari sisi produsen, penjiplakan kaya gini seakan kerja keras mereka gak ada harganya. Tapi untuk konsumen mobil porsche yang rata-rata “punya duit” dan smart rasanya udah tau perbedaan kualitas dari yg original maupun yg KW, jadi menurut gw gak terlalu bermasalah

    • wowkeren

      Kalo menurut saya, ini urusannya bukan mana lebih bagus atau jelek. Ini masalah hak cipta. Mendingan china bikin mobil yang didesain sendiri. Walaupun desainnya jelek, tapi setidaknya lebih layak dibanggain (terutama sama negaranya sendiri) daripada mobil plagiat…
      *just sharing, bukan bermaksud ngomelin atau marahin bung yesman

      • subaru

        sebenarnya semua memulai dari copas…mobil jepang awalnya copas desain ambrik. mobil korea jiplak style mobil jepang dan eropa. dan setelah berapa lama baru bisa ketemu desain sendiri dan mesin sendiri. china perkiraan gw sih 5 tahun ke depan udah sangat pesat otomotifnya kek korea dulu

  • siswanto18

    ada orang tua yg dikomplain sama anak tetangganya karena anaknya meniru hasil karya tetangganya, orang tua tersebut bisa saja menghancurkan hasil karya si anak dan menyuruh buat yg baru, dengan konsekuensinya yg harus ditanggung anaknya, atau si orang tua tersebut melindungi anaknya di depan si tetangga tersebut dan mendidiknya agar ngak nyontek lagi. kalo saya melihat pemerintah plagiat tersebut adalah orang tua yg baik, walaupun secara etika dan norma kehidupan ngak bisa dibenarkan, tetapi demi masa depan anak, masa ngak mau berkorban? meskipun dia harus menanggung hina dan cela. toh hasil contekannya ngak dia eksport tapi dijual lokal, dan si pemerintah tersebut kan selalu bilang, kalo loe ngak suka ama cara gue, kagak usah jualan di tempat aye, siapa yg rugi?. saya rasa porsche juga melakukan ini karena formalitas belaka, dan hasilnya sdh bisa ditebak banget. dan kalo loe bener2 suka porsche, loe ngak mikirin bungkusnya tetapi loe nikmati isinya. si KW kan bungkusnya sama tapi rasanya kan pasti howek buanget.

  • Muhammad Hafizh Tusanda

    syukurin lo, siapa srh ngecopas

  • Muhammad Hafizh Tusanda

    udah vw juga tuntut jga, audi jg tuntut karna mencuri ilmu dr mereka, dan ngecopas, zotye juga ngikutin vw, trs ngikutin audi jga