Piaggio Vespa Primavera 50th Years Edition, Vespa Untuk Semua

by  in Motor Baru&Vespa
Piaggio Vespa Primavera 50th Years Edition, Vespa Untuk Semua
0  komentar

Autonetmagz.com – Tak terasa sudah 50 tahun saja model Piaggio Vespa ini melanglang buana dalam pasar scooter duniaJika merayakan momen anniversary, tak lengkap rasanya jika kita tidak membahas sepak terjangnya dari awal lahir hingga saat ini. Mari masuk ke dalam lorong waktu singkat mengenai perjalanan Vespa Piaggio Primavera, dalam perjuangannya mendapatkan nama di hati masyarakat pecinta scooter seluruh dunia.

Muncul pertama kali pada 1967 dan setahun setelahnya langsung bisa dimiliki oleh masyarakat luas, Primavera menjadi salah satu skuter yang digemari. Sembilan tahun setelahnya, varian lain dari Primavera yaitu ET3 pun hadir meramaikan keluarga sang primadona. Bodi yang ringan, gesit, hingga performa mesin yang kuat menjadi alasan para anak muda zaman old menyukai motor Italia ini. Ciri khas tersebut yang membuat keluarga Primavera jadi menarik hati para konsumen.

Walaupun memang sempat hiatus dari pasar skuter dunia, pada 2013 Vespa Primavera kembali dengan membawa ciri khasnya namun dengan perpaduan teknologi dan desain modern. Alhasil, si Primavera berhasil menarik hati anak muda zaman now. Desain, teknologi, dan tenaga yang lebih elegan daripada saudaranya yaitu LX, membuat Primavera menjadi salah satu model Piaggio Vespa terpopuler di Tanah Air kita. Jika anda sedang berjalan-jalan, coba hitung saja ada berapa Vespa Primavera yang sudah anda temui.

Lalu pada tahun ini, akhirnya Vespa level menengah tersebut genap berumur 50 tahun. Piaggio tak mungkin merayakan hal tersebut tanpa sesuatu yang spesial bukan? Maka pada 3 September waktu Indonesia, Piaggio Vespa Primavera 50th years edition hadir menandai perayaan setengah abad salah satu Vespa terpopulernya. Apa saja yang baru dari skuter Italian retro berteknologi tinggi versi ulang tahun setengah abad tersebut? Yuk kita bahas detailnya.

Jika anda tidak teliti, mungkin Primavera terbaru ini tidak mengalami perubahan yang signifikan. Desain secara keseluruhan masih sama persis dengan versi standarnya, maka dari itu anda harus melihat beberapa detail yang akan saya sebutkan. Ubahan pertama yang mencolok ada pada bentuk headlight dan taillight-nya yang berubah. Untuk kedua lampu utama itu Primavera 50th sudah mengadopsi LED, so pasti pencahayaan akan lebih jelas dan juga hemat daya. Bentuk yang ada di dalam housing kedua lampu tersebut pun juga ikut berbeda jika anda perhatikan.

Lalu ubahan kedua ada pada bagian velg sang Italic scooter ini. Menggunakan ukuran 12 inci berbahan aluminium dengan desain lima jari-jari terbaru, otomatis membuat sang skuter retro memiliki ukuran velg terbesar dalam variannya. Menurut saya pribadi, memang desain dan ukuran velgnya adalah sebuah perpaduan yang cocok dengan dua pilihan warna dari Primavera ‘UlTah‘ tersebut yaitu Light Blue dan Brown Matte. Ditambah lagi dengan jok kulit berwarna putih keabu-abuan, epic.

Lalu ubahan ketiga yang paling kecil adalah, emblem the 50thAnniversary yang terdapat pada pintu kompartemen depan Primavera. Mengapa Piaggio menaruhnya di situ? Padahal jauh lebih terlihat jika ditaruh pada sisi depan ataupun kiri dan kanan. Tetapi setidaknya ada beberapa pembeda besar untuk versi ini dibandingkan dengan standarnya. Emblem ini mungkin bisa jadi penanda kecil saja bagi pemiliknya untuk mengingatkan, betapa spesial Primavera yang dimiliki.

Untuk sektor dapur pacunya, Vespa Primavera 50th ini masih menggunakan mesin yang sama dengan versi spesial sebelumnya yaitu Super Yacht dan Sprint Carbon yaitu i-Get 150cc yang dapat mengeluarkan output sebesar 12 hp pada 7.500 rpm dan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm. Teknologi ABS pun juga telah disematkan pada motor yang memakai disc brake untuk roda depan dan rem teromol untuk roda belakangnya. Pokoknya terima komplit jika anda membeli varian 50th anniversary edition tersebut.

Bagian yang membuat skuter retro modern ini patut diperhitungkan untuk dimiliki adalah harganya. Untuk edisi ulang tahun setengah abad Primavera, motor ini hanya dibanderol Rp 42 juta on the road! Itu berarti harganya sama dengan edisi Super Yacht dan sedikit lebih murah dibandingkan Sprint Carbon. Hal itu bisa terjadi karena alasan yang diutarakan oleh Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia pada acara peresmian Primavera 50th ini. Ia mengatakan bahwa fokus Piaggio membuat edisi spesial ini adalah, agar pemilik Vespa tetap merayakan selebrasi (UlTah 50 tahun) bersama manufaktur Italia tersebut tanpa perlu membeli hal yang berlebihan.

Sayangnya, versi 50 tahun ini diproduksi secara terbatas dan Indonesia hanya mendapatkan 5% saja dari keseluruhan total produksi global yang jumlahnya pun belum kami ketahui. “Edisi terbatas Vespa Primavera 50th Anniversary  ini didedikasikan secara khusus bagi orang-orang yang ingin tampil beda dan menjadi inspirasi bagi orang lain,” ucap Marco kembali. Akan dijual dengan penawaran paket aksesoris special yang membuatnya terlihat lebih klasik, bagaimana impresi anda mengenai scooter khas Italia yang satu ini?

Tuliskan komentar ataupun pendapat anda mengenai Piaggio Primavera 50th Years Edition ini pada kolom di bawah galeri foto. Kunjungi juga galerinya untuk melihat foto-foto detail ubahan Primavera terbaru ini.

Read Prev:
Read Next: