Mazda : Mesin Rotary Hadir Lagi Dalam Bentuk Range Extender

by  in Berita&International&Mazda
Mazda : Mesin Rotary Hadir Lagi Dalam Bentuk Range Extender
0  komentar

AutonetMagz.com – Efek dari mobil Jepang di Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi, tapi sekarang kita gak ngomongin soal Toyota, melainkan Mazda. Mazda, produsen Jepang ini dulu sempat mengagetkan dengan kehadiran kendaraannya dengan mesin Rotary. Meskipun akhirnya mesin ini tinggal kenangan. Kita sudah lama sekali tidak melihat adanya produk Mazda dengan mesin Rotary, produk terakhir dengan mesin tersebut ada pada RX-8 yang artinya sudah berakhir pada tahun 2012.

Dan Mazda yakin akan membawa kembali mesin tersebut ke para penikmat otomotif. Lalu apa tujuannya? pastinya menurut Mazda nantinya mesin tersebut akan lebih dari ekspektasi kita. Di Paris Auto Show, Mazda telah menegaskan rencananya dalam meluncurkan kendaraan listrik. Dua diantaranya akan menggunakan baterai semata dan satunya lagi akan dilengkapi dengan teknologi range extender dan teknologi tersebutlah yang merupakan wujud reborn dari mesin Rotary Mazda.

Range extender yang kita bicarakan ini sendiri nantinya memiliki fungsi untuk menambah batasan jarak yang akan kita tempuh menjadi lebih panjang terhitung sejak baterai dalam kendaraan telah habis. Kinerjanya simpel, mesin ini akan membakar fossil fuels yang akan bertugas untuk mengisi ulang daya tersebut. Dan sayangnya, sekali lagi mesin Rotary yang kita harap akan kembali tersebut hanya akan berkombinasi di dalam sebuah mesin Wankel (nama penemu mesin Rotary tersebut) yang tugasnya ‘hanya’ akan membantu kerja dari range extender.

Jika benar desain yang digunakan pada mobil yang kita sebutkan dari tadi akan mengikuti desain Mazda RX-8 maka desain tersebut akan terlihat lebih seperti sebuah mobil Nissan Leaf. Tapi terlepas dari bentuknya dan juga segala kontroversi di dalamnya, akhirnya Mazda akan tetap fokus pada tujuannya sampai kepada 2030 dengan yang disebut-sebutkan “Sustainable Zoom-Zoom”. Melihat produksi keseluruhan dari Mazda, 5 persen diantaranya akan berfokus pada pengembangan baterai, lalu sisanya? Mazda akan fokus untuk membawakan model-model baru ke dunia dalam beberapa bentuk seperti mobil-mobil hibrida, setengah listrik dan setengah bahan bakar minyak.

Jika ditarik ke kurun waktu yang lebih panjang Mazda punya janji untuk membawa lebih banyak varian di tahun-tahun kedepan! Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: