All New Suzuki Katana 2019 : Saat Sang Legenda Hidup kembali

All New Suzuki Katana 2019 : Saat Sang Legenda Hidup kembali
0  komentar

AutonetMagz.com – Ada diantara kalian yang sudah tahu sosok Suzuki Katana? Bukan, bukan Suzuki Jimny Katana, apalagi Satria Katana, yang kami maksud adalah sosok Suzuki Katana yang adalah sebuah moge dari keluarga Suzuki GS. Yap, motor ini memang cukup legendaris, salah satunya karena bentuknya yang nyeleneh. Nah, pihak Suzuki melihat bahwa produk ini berpeluang untuk dibawa kembali, dan voila, inilah sosok All New Suzuki Katana 2018, Yuk kita kupas habis.

Sejarahnya

Oke, kita mau kupas dahulu sejarah dari Suzuki Katana, karena mungkin masih ada beberapa diantara kalian yang belum tahu. Jadi, Nama Katana sendiri merujuk pada bahasa desain ‘Katana’ yang sudah diperkenalkan di tahun 1979 hingga tahun 1980-an. Katana Design merupakan buah tangan dari Hans Muth, seorang desainer eks BMW yang direkrut oleh Suzuki untuk memperbaiki imej dari perusahaan berlogo S asal Jepang ini. Tak sendirian, Muth menggandeng dua koleganya yaitu Jan Fellstrom dan Hans-Georg Kasten dalam tim Target Design, tim yang melahirkan sosok Suzuki Katana. Desain Suzuki Katana sendiri dimulai dengan generasi ED1 dan ED2, dimana ED merujuk pada european design. Nah, salah satu desain yang cukup dikenang adalah bentuk tangki ED1 yang menyambung dengan sisi bawah jok depan dan panel body samping. Alhasil, rider lebih ke posisi in bike daripada on bike.

Nah, ED1 sendiri pada akhirnya menjadi Suzuki GS850G Katana, dan ED2 yang menggunakan fairing unik di sisi depan yang bak sebuah moncong hiu. Singkat cerita, desain Katana sendiri menjadi salah satu bahasa desain yang cukup berkembang kala itu dan diaplikasikan pada beberapa produk Suzuki. Mulai dari Suzuki GSX1100SZ Katana, di tahun 1981, lalu Suzuki GSX1100SXZ yang langka, Suzuki GSX1100E, serta beberapa varian lainnya. Mungkin yang sangat lekat dengan nama ‘Katana’ sendiri adalah Suzuki GS1100S yang sudah tak dijual sejak tahun 2006 silam. Pasca momen tersebut, sejatinya pihak Suzuki sempat ingin memperbaharui konsep mereka dengan menelurkan Suzuki Stratosphere yang punya bahasa desain ethos dan mirip dengan jajaran model Katana Design. Namun proyek tersebut tak terdengar kabarnya sejak 2005 hingga Intermot 2018 ini dimana sosok All New Suzuki Katana muncul.

All New Suzuki Katana 2018

Oke, cukup sudah bermain – main dengan sejarah, kita kembali ke masa sekarang. Sosok All New Suzuki Katana yang dirilis di Intermot 2018 ini bisa dikatakan sangat cakep. Bentuk lampu dan tangki serta fairing-nya membuat para penggemar roda dua seolah nostalgia dengan motor masa lalu Suzuki, namun untuk produk ini dikemas dengan final touch yang lebih modern. Dari sisi depan, lampunya mengotak, khas motor-motor Katana Design jaman old, namun untuk motor ini sudah mengadopsi teknologi lampu LED. Nah, lampu kotaknya diapit oleh fairing lancip yang mengalir dari side panel dan tangki, dimana di ujung fairing depan motor ini terdapat lampu mungil yang nampaknya adalah lampu senja. Layaknya moge, kaki – kaki dan suspensi dari motor ini pun gambot, dengan suspensi USD di sisi depan berkelir hitam dan fender mungil plus dua rem cakram berkaliper brembo.

Geser sedikit ke tengah, motor ini terlihat memiliki radiator yang besar, dengan 4 pipa yang diekspose. Yap, motor ini 4 silinder kawan, dan mesin 999cc yang mengadopsi mesin Suzuki GSX-S1000 yang bertenaga 148 hp dengan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electromechanical Material). Lanjut ke bagian tangki, motor ini menggunakan tangki yang terlihat mengalir secara desain, cantik, walaupun akhirnya mengorbankan kapasitas tangkinya yang hanya 12 liter saja. Geser ke belakang, ada nama ‘Katana’ tertulis di dekat jok-nya. Buritan dari All New Suzuki Katana ini tak kalah keren. Lampu belakangnya terlihat meruncing dengan fender terpisah yang membuat bagian kolong belakang motor ini terekspose sejadi – jadinya. Knalpotnya minimalis, dan nampak cakep. Sedangkan swing arm motor ini sudah menggunakan model ‘pisang’ tentunya dengan ukuran yang besar.

Oiya, ban yang digunakan oleh All New Suzuki Katana ini adalah Dunlop Roadsport 2s berprofil 120/70 di sisi depan dan 190/50 di sisi belakang yang membalut velg 17 inci di kedua sisi. Ada tiga mode traksi yang disediakan oleh pihak Suzuki, menemani fitur lain seperti slipper clutch, ABS, low rpm assist, dan juga panel instrumen dengan model digital yang dicomot dari Suzuki GSX-R1000. Motor dengan bobot 215 kg ini tentu menjadi sebuah tawaran menarik bagi mereka – mereka yang ingin tampil beda. Sayangnya, harga dari motor ini masih belum diumbar. Jadi, bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan komenmu, sob.

Read Prev:
Read Next: