Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus, Lebih Terjangkau namun Tetap Menarik

Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus, Lebih Terjangkau namun Tetap Menarik
0  komentar

AutonetMagz.com – Meski hanya punya dua model untuk dijual – yakni 3008 dan 5008 – Peugeot tidak mau berhenti hanya dengan tipe GT Line yang selama ini ada. Pada tanggal 11 Februari 2020 Astra Peugeot yang menjadi APM resmi Peugeot di Indonesia memperkenalkan Peugeot 3008 Allure Plus dan Peugeot 5008 Allure Plus. Tipe baru ini punya banderol yang lebih terjangkau daripada tipe GT Line yang selama ini sudah wara-wiri duluan.

Betul, tipe Allure Plus ini lebih murah. Kita bisa menebus Peugeot 3008 Allure Plus seharga 670 juta OTR Jakarta dan Peugeot 5008 Allure Plus seharga 720 juta OTR Jakarta. Ada perbedaan masing-masing 60 jutaan dan 100 jutaan dibanding tipe GT Line, namun mobil ini masih kelihatan sama-sama menarik dari eksterior. Perbedaan paling jelas dari eksterior adalah warna bodinya sudah tidak two tone, melainkan warna tunggal. Hanya tipe GT Line yang dapat warna two tone.

Pembeda kecil lain hanya baut roda yang warnanya jadi silver dan handle pintu yang jadi hitam-chrome. Masuk ke interior, dashboard super keren bernama Peugeot i-Cockpit masih sama kerennya dan membuat mata kita terbuai untuk sejenak. Perbedaan dibanding tipe GT Line adalah joknya kini full berbahan kulit, bukan paduan denim dan kulit. Menariknya, ada fitur yang ditambah dan juga dikurangi di tipe Allure Plus ini.

Fitur yang ditambah yakni GPS standar di head unit dan menu “Driving” serta “Navigation” di spidometer full LCD-nya yang resolusinya sangat sedap di mata, di samping kehadiran Lane Keep Assist dan Blind Spot Monitoring. Fitur yang dihilangkan adalah akses child lock dekat driver dan parfum di glovebox yang super sempit. Jika yang dihilangkan hanya 2 itu, rasanya tidak terlalu jadi masalah, apalagi selisih harganya lumayan.

Menurut Peugeot, 3008 dan 5008 Allure Plus ini didedikasikan untuk pasar Asia yang konsumennya kadang menggunakan jasa supir. Itulah sebabnya wheelbase versi Allure Plus lebih panjang 55 mm pada 3008 Allure Plus, jok belakangnya juga jok kulit yang sedikit lebih rebah dan nyaman. Kontur joknya pun beda, sebab jika jok belakang tengah di tipe GT Line terlalu tebal dan intrusif ke depan, jok belakang tengah Allure Plus lebih rata dengan bagian kiri-kanannya.

Tidak ada ekstra wheelbase pada 5008 Allure Plus, namun jok baris kedua yang individual untuk 3 penumpang tengah dihilangkan, diganti dengan jok 60:40 reguler dengan lapisan kulit dan lagi-lagi sandaran yang lebih rebah. Peugeot juga mengklaim baris ketiga 5008 Allure Plus sedikit lebih rebah, tapi kami tak mau mencobanya karena sangat sempit. Fitur pemanja seperti panoramic sunroof besar, AC belakang, ambient light dan charger tetap tersedia.

Fitur keselamatan juga sama, seperti 6 airbags, stability control, Advanced Grip Control dengan berbagai setelan traksi untuk medan yang berbeda dan masih banyak lagi fitur keselamatan ala mobil Eropa. Mesinnya tidak mengalami perubahan, masih 1.600 cc turbo THP dengan 167 PS dan 240 Nm, transmisi 6 percepatan otomatis dan formatnya FWD. Bedanya, tipe Allure Plus dapat cover mesin. Bagaimana menurutmu kedua Peugeot baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: