Peugeot 408 Facelift China : Ingin Terapkan Bahasa Desain 508

Peugeot 408 Facelift China : Ingin Terapkan Bahasa Desain 508
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentu tak asing dengan nama Peugeot 508 kan? Yap, sedan yang baru saja meluncur tahun ini dari Peugeot dan punya bentuk yang tak hanya cantik, namun juga modern dan juga sporty. Kehadiran Peugeot 508 pun juga merupakan sebuah gebrakan yang cukup wow dalam segi desain, baik desain di sisi depan maupun belakang yang kami prediksi mendapatkan banyak inspirasi dari sosok peugeot Instinct Concept yang diperkenalkan pada tahun 2017 silam. Nah, tren bahasa desain baru ala Peugeot 508 pun akhirnya sampai di China, dan produk pertama yang menikmati bahasa desain baru ini adalah Peugeot 408, yuk kita bahas.

Sebenarnya, pasti kalian tahu bahwa Peugeot 408 bukanlah produk baru, dan dengan penerapan desain ala Peugeot 508 pun tak lantas membuat Peugeot 408 versi China ini mendapatkan gelar ‘All New’ karena memang hanya ada beberapa bagian saja yang diubah untuk menyesuaikan dengan gaya desain terbaru Peugeot. Hal semacam ini memang nampak agak ‘aneh’, namun sejatinya adalah sebuah kewajaran di bidang industri otomotif. Lihat saja sosok Mitsubishi Outlander yang di versi facelift-nya menyematkan gaya bahasa dynamic shield ataupun duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang menerapkan gaya desain keen look dengan bentuk yang agak maksa. Untuk Peugeot 408 facelift ini, gaya ala Peugeot 508 sangat terlihat di lampu belakangnya, dimana bentuk lampu belakangnya dibuat dengan garis vertikal berwarna merah yang ada 3 bilah di setiap lampu serta bagian lain yang dibuat hitam.

Jika diamati sepintas, ubahan di lampu belakangnya ini langsung membuat mobil ini terlihat sporty, namun jika diamati lebih lama, sebenarnya ubahan di sisi ini agak nanggung dan kurang klop dengan desain Peugeot 408 secara keseluruhan. Untuk bumper belakangnya kini lebih minimalis dan polosan, tanpa aksen dua lubang knslpot palsu seperti pendahulunya. Pindah ke samping, Peugeot 408 versi facelift ini mendapatkan velg baru yang lebih cakep karena sudah menganut tren dualtone. Sedangkan untuk kaca sampingnya kini lebih minim krom, karena garis krom hanya ada di sisi bawah dari kaca, tak membingkai penuh seperti versi sebelumnya. Sedangkan sisi depan pun juga mendapatkan ubahan yang positif. Overall, wajah depannya tak banyak berubah, lampunya masih sama dengan pendahulunya, namun grille mobil ini berubah menjadi lebih cakep. Dan ubahan sederhana namun paling berdampak pada sisi depan ada pada bumpernya.

Yap, bumper depannya sudah tak dibekali dengan krom tak penting di sekitaran lampu kabut, pun begitu dengan dihilangkannya lampu kabut di bagian tersebut. Bumpernya kini minimalis, dan punya lekuk yang lebih sporty. Oiya, aja ornamen berwarna silver di sisi tengah dari bumper depannya, lip spoiler ala – ala? Nah, dari keseluruhan ubahan, nampaknya pihak Dongfeng-Peugeot ingin mengurangi kesan lux pada Peugeot 408 dan menambahkan kesan sporty lebih banyak. Lalu, apakah memang ubahan ini sesuai dengan kebutuhan pasar? Ya bisa saja benar. Untuk sisi interior sendiri tak terlihat perubahan yang berarti jikalau dibandingkan dengan versi pendahulunya. Fitur yang ditambahkan di versi Peugeot 408 facelift ini adalah TPMS, dan Kamera 360 derajat. Mobil ini akan tetap mengusung mesin 1.2 Turbo dan 1.6 Turbo seperti sebelumnya dimana versi 1.200cc tiga silinder turbonya memiliki keluaran tenaga 136 hp dan versi 1.600cc-nya bertenaga 167 hp.

Nah, bagaimana menurut kalian mobil ini?? Sayang sekali memang mobil ini tak dijual di Indonesia karena penjualan Peugeot di tanah air memang tak terlalu menggembirakan. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Sumber Gambar : AutoHome

Read Prev:
Read Next: