Pertama Kali Ikutan BTCC, Subaru Andalkan Levorg Jadi Mobil Balap

Pertama Kali Ikutan BTCC, Subaru Andalkan Levorg Jadi Mobil Balap
0  komentar
subaru levorg btcc

AutonetMagz.com – Ajang British Touring Car Championship (BTCC) dulu sempat dihebohkan dengan keikutsertaan Volvo 850 pada tahun 1994, karena ia adalah estate atau wagon pertama yang berani melawan sedan-sedan lain di kejuaraan tersebut. Jelas jadi heboh, kapan lagi bisa lihat wagon dikendarai gila-gilaan di sirkuit seperti kerasukan setan? Nah, salah satu faktor kegilaan itu membuat Volvo 850 wagon masih diminati, bahkan sampai sekarang.

Sebagai pengikut langkah Volvo, ada Honda yang menggunakan Honda Civic Tourer yang juga berbentuk wagon di tahun 2014 pada ajang BTCC, dan kini Subaru juga mau mengikuti jejak yang sama. Merek yang kadang disebut sebagai Volvonya Jepang ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi prestasi motorsport-nya, terutama di ajang reli. Nah, kali ini, mereka mencoba peruntungan di BTCC dengan Levorg yang juga berbentuk wagon.

subaru levorg rear

Levorg Sport Tourer ini akan dipakai oleh tim BMR yang dikepalai Warren Scott, dan dipacu oleh Jason Plato dan Colin Turkington sebagai pembalapnya. Scott sendiri mengatakan untuk membawa tim BMR ke tingkat yang lebih tinggi lagi, dan melalui pembalap serta mobilnya, ia berharap langkahnya tepat. Untuk kontrak awal antara Subaru dan tim BMR, durasinya adalah 3 tahun, dan awal mulanya adalah BTCC musim 2016 ini.

Kami memakai Subaru Levorg karena itulah mobil baru Subaru yang ingin mereka promosikan. Meski bentuknya wagon, koefisien drag-nya sangat bagus dan konstruksi mesin boxer punya benefit di pusat berat yang lebih rendah, juga membantu dalam distribusi bobot mobil. Jika melihat mobil-mobil yang cocok untuk mengikuti regulasi BTCC, Levorg bisa masuk daftar teratas yang paling cocok, makanya kami yakin dengan pilihan ini,” kata Scott.

subaru levorg front

Managing Director Subaru Inggris, Paul Tunniclife menyampaikan suaranya kepada Touringcartimes,”Kami senang bisa mengikuti balapan BTCC bersama tim BMR. Ini pertama kalinya Subaru ikut BTCC”. Mesin boxer 2.000 cc turbo Levorg akan dimodifikasi hingga sekitar 300 hp-an, tapi penggerak AWD diubah jadi RWD supaya lolos regulasi BTCC,”tapi kami jamin pasti tetap kompetitif di sirkuit,” tambah Paul.

Nekat juga Subaru, baru pertama kali ikut BTCC sudah pakai mobil yang bentuknya agak unik untuk dilihat di sirkuit. Padahal mereka bisa pakai Impreza atau WRX, tapi ya sudahlah, sepertinya bakal unik juga melihat wagon seperti Levorg salip-salipan sama sedan balap lain di BTCC. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Photo credit: Andy Blackmore Design

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    asyik, Datsun Go Plus ikutan balap BTCC. #eh

  • alfian

    honda jade kira kira keren nggak ya

  • Aryo Wicaksono

    kan dulu honda di BTCC sempat pake civic wagon, Bang. kali aja subaru ingin ikutan honda sekalian promosi Levorg.